Blog

cara menghilangkan komedo hitam

Kenali Penyebab dan Cara Menghilangkan Komedo Hitam

Banyak yang beranggapan bahwa komedo merupakan kotoran yang menempel di wajah. Faktanya, komedo terjadi karena pori-pori yang dipenuhi dengan bakteri dan minyak, kemudian berubah warna menjadi gelap saat terkena udara. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara menghilangkan komedo hitam yang perlu Anda ketahui.

Komedo hitam tidak hanya muncul di wajah, namun juga di bahu, punggung, dada, lengan, dan leher. Namun, kali ini yang akan dibahas adalah cara menghilangkan komedo hitam di wajah. Sebelum membahas mengenai cara mengatasi komedo hitam di wajah, mari cari tahu beberapa penyebabnya.

Beberapa Penyebab Komedo Hitam

Pada umumnya, komedo hitam disebabkan oleh adanya penyumbatan minyak dan sel-sel kulit mati yang telah mengeras dan tampak menonjol dan berwarna gelap saat terkena udara. Beberapa faktor pemicu munculnya komedo hitam, antara lain:

  • Adanya perubahan hormon yang memicu peningkatan produksi minyak atau keringat selama masa remaja, selama menstruasi, atau saat mengonsumsi pil KB.
  • Terdapat iritasi pada folikel rambut.
  • Adanya penumpukan bakteri Propionibacterium acnes pada kulit.
  • Mengonsumsi obat-obatan tertentu, seperti androgen, lithium, dan kortikosteroid.

Cara Menghilangkan Komedo Hitam

Jika kemunculan komedo hitam mengganggu penampilan dan kepercayaan diri Anda, sebaiknya hindari tindakan yang justru memperparah komedo. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi komedo hitam di wajah:

Menggunakan obat resep dokter

Sebelum menggunakan obat-obatan tertentu, Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu. Biasanya dokter akan memberikan obat-obatan yang mengandung vitamin A untuk mencegah penyumbatan di folikel rambut dan mengganti sel-sel kulit lebih cepat. Selain itu, dokter juga dapat memberikan obat topikal jenis lain sesuai dengan kondisi komedo hitam yang Anda alami.

Menggunakan pengelupas kulit

Cara menghilangkan komedo hitam berikutnya adalah menggunakan produk pengelupas kulit (peeling). Produk ini berfungsi untuk mengelupas sel-sel kulit mati untuk menghilangkan komedo hitam. Namun, hindari penggunaan produk yang bersifat ultra-abrasif, terutama jika Anda memiliki kulit sensitif. Hal ini dikarenakan produk pengelupas kulit tersebut dapat menyebabkan iritasi pada kulit, sehingga komedo bertambah parah. Salah satu tanda produk pengelupas kulit bersifat ultra-abrasif, yaitu menimbulkan rasa perih saat digunakan. 

Menggunakan obat bebas

Obat-obatan untuk mengatasi komedo sebenarnya sudah banyak tersedia secara bebas di apotek. Misalnya, krim yang mengandung bahan asam salisilat, benzoyl peroxide, dan resorsinol. Obat-obatan tersebut berfungsi untuk membunuh bakteri, mengeringkan minyak berlebih, serta mendorong kulit untuk mengganti sel-sel kulit mati. Namun, jika muncul reaksi alergi atau iritasi kulit, seperti, gatal, perih, atau luka, sebaiknya hentikan pemakaian dan segera berkonsultasi ke dokter.

Terapi laser

Selain obat-obatan dan produk pengelupas kulit, cara menghilangkan komedo hitam lainnya adalah menggunakan terapi dengan sinar yang kuat. Cara ini berfungsi untuk mengurangi produksi minyak dan membunuh bakteri. Terapi laser dapat mencapai bawah permukaan kulit untuk mengatasi komedo dan jerawat tanpa merusak lapisan kulit bagian atas.

Setelah melakukan beberapa cara menghilangkan komedo hitam di atas, Anda juga perlu rutin membersihkan wajah setelah bangun dan sebelum tidur, agar hasilnya lebih optimal. Selain itu, hindari juga penggunaan produk kosmetik yang dapat memicu iritasi kulit. Jika komedo hitam mengganggu Anda, sebaiknya berkonsultasi ke dokter kulit untuk penanganan yang tepat, dan hindari tindakan yang memperparah komedo hitam, seperti memencet.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout