Blog

Kenali Manfaat Yogurt untuk Ibu Hamil

Kenali Manfaat Yogurt untuk Ibu Hamil

Selain rasanya yang menyegarkan dan nikmat, yogurt ternyata bermanfaat untuk ibu hamil. Ada beragam manfaat yogurt untuk ibu hamil yang perlu diketahui. Bahkan, yogurt juga bisa dijadikan sebagai camilan sehat untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Yogurt terbuat dari hasil olahan susu melalui proses fermentasi bakteri, sehingga membuat yogurt memiliki rasa dan tekstur yang unik. Selain itu, yogurt juga memiliki sifat probiotik dan mengandung beragam nutrisi dengan banyak manfaat untuk ibu hamil berikut:

Memenuhi asupan nutrisi tubuh dan janin

Yogurt memiliki kandungan nutrisi yang lengkap, seperti protein, kalsium, vitamin A, magnesium, fosfor, vitamin B, folat, zinc, serta probiotik. Beberapa manfaat yogurt untuk ibu hamil, antara lain memenuhi asupan nutrisi tubuh ibu hamil dan janin, mendukung proses pembentukan organ tubuh janin, meningkatkan berat badan ibu hamil, mengendalikan tekanan darah selama kehamilan, serta meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil dan janin.

Mendukung tumbuh kembang janin

Manfaat yogurt untuk ibu hamil berikutnya adalah mendukung tumbuh kembang janin di dalam kandungan. Hal ini dikarenakan kandungan protein, lemak, kalori, serta karbohidrat dalam yogurt bermanfaat untuk menambah berat badan janin, sedangkan kalsiumnya berperan penting dalam pembentukan dan perkembangan tulang, gigi, saraf, jantung, dan otot janin. Selain itu, yogurt juga bersifat probiotik, yang berfungsi untuk mendukung sistem imunitas tubuh janin dan mencegah risiko terjadinya eksim atau alergi setelah bayi dilahirkan.

Menjaga berat badan hamil yang sehat 

Peningkatan berat badan ibu hamil selama kehamilan biasanya akan bertambah sekitar 11-16 kilogram. Salah satu cara untuk menjaga penambahan berat badan ibu hamil tetap sehat adalah mengonsumsi yogurt secara rutin. Hal ini dikarenakan kandungan protein dalam yogurt bermanfaat untuk membuat ibu hamil merasa kenyang lebih lama, sehingga dapat membantu ibu hamil untuk mengendalikan nafsu makan dan mencegah dorongan untuk ngemil secara berlebihan. Oleh karena itu, yogurt baik dikonsumsi untuk mencegah obesitas selama kehamilan. 

Mengurangi risiko komplikasi kehamilan

Manfaat yogurt untuk ibu hamil lainnya adalah mencegah risiko terjadinya komplikasi kehamilan, seperti preeklampsia dan diabetes gestasional. Selain itu, kandungan probiotik dalam yogurt juga berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta mencegah risiko terjadinya penyakit, seperti infeksi vagina.

Tips Aman Mengonsumsi Yogurt untuk Ibu Hamil

Dengan beragam manfaat untuk kesehatan, yogurt memang termasuk aman untuk dikonsumsi selama kehamilan. Namun, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan ibu hamil dalam mengonsumsi yogurt. Berikut beberapa di antaranya:

  • Sebaiknya mengonsumsi yogurt rendah lemak (low fat) dan tidak mengandung penambah rasa.
  • Pastikan yogurt yang dikonsumsi terbuat dari susu yang sudah matang atau dipasteurisasi dengan baik.
  • Konsumsi yogurt yang ditambahkan potongan buah, biji-bijian, atau kacang, agar lebih bergizi dan sehat.
  • Konsumsi yogurt secukupnya selama kehamilan, yaitu tidak lebih dari 3 cangkir atau 3 kemasan per hari.

Untuk melengkapi manfaat yogurt, ibu hamil juga dianjurkan untuk melakukan gaya hidup sehat, seperti tidur yang cukup dan berkualitas, berolahraga secara teratur, minum cukup air putih, mengurangi stres, serta menghindari rokok dan minuman beralkohol.

Jika ibu hamil memiliki riwayat alergi atau intoleransi laktosa, sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi yogurt. Selain itu, jika ibu hamil masih memiliki pertanyaan mengenai manfaat yogurt, juga dapat berkonsultasi ke dokter.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout