Blog

manfaat vitamin d3 1000 iu

Kenali Manfaat Vitamin D3 1000 IU

Vitamin D3 merupakan salah satu nutrisi yang berperan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan gigi. Banyak cara untuk memenuhi asupan vitamin D3 harian, salah satunya dengan vitamin D3 1000 IU, yaitu suplemen kesehatan yang mengandung D3. Ada beragam manfaat vitamin D3 1000 IU yang bisa Anda dapatkan.

Vitamin D3 1000 IU berfungsi untuk memenuhi asupan vitamin D dengan cepat pada orang dengan kondisi tertentu, seperti lanjut usia, mengidap penyakit infeksi, pengidap penyakit autoimun, dan ibu hamil atau menyusui. Ingin mengenal lebih dalam mengenai manfaat vitamin D3? Simak penjelasannya berikut.

Manfaat Vitamin D3

Selain suplemen vitamin D3, Anda juga dapat memenuhi asupan D3 harian dengan berjemur di bawah sinar matahari dan mengonsumsi beberapa makanan, seperti salmon, tuna, telur, hati sapi, keju, yogurt, dan minyak ikan kod. Peran utama vitamin D3 adalah membantu penyerapan kalsium dan fosfor dalam tubuh yang penting untuk menjaga kesehatan tulang. Makanan yang mengandung D3 dan mendapatkan manfaat suplemen vitamin D3 1000 IU, dapat memenuhi asupan vitamin D. Selain itu, vitamin D juga dapat digunakan untuk pengobatan dan pencegahan beberapa penyakit berikut:

Mencegah Osteoporosis

Manfaat yang satu ini paling banyak dikenal orang. Hal ini tidak mengherankan, karena banyak penelitian yang membuktikan bahwa memenuhi asupan vitamin D3 harian dapat mencegah seseorang terkena osteoporosis atau tulang keropos, serta meningkatkan kepadatan tulang pada orang yang lanjut usia. Selain itu, vitamin D3 juga dipercaya dapat menurunkan risiko patah tulang pada orang lanjut usia.

Mencegah dan Mengobati Rakitis dan Osteomalacia

Manfaat vitamin D3 berikutnya adalah mengobati dan mencegah penyakit rakitis dan osteomalacia. Kedua penyakit tersebut disebabkan oleh kekurangan vitamin D, kalsium, serta fosfor. Perlu diketahui, rakitis adalah kelainan pertumbuhan tulang pada anak-anak, sedangkan osteomalacia adalah kelainan pada tulang, sehingga membuat tulang menjadi lunak dan mudah patah.

Mencegah Gangguan Ginjal

Gangguan ginjal dapat menyebabkan fungsi ginjal dalam menghasilkan vitamin D terganggu. Hal ini mengakibatkan penderitanya mengalami kekurangan vitamin D. Untuk membantu memenuhi asupan vitamin D, selain makanan yang mengandung vitamin D3, penderita gangguan ginjal dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen seperti vitamin D3 1000 IU. Manfaat vitamin D3 1000 IU juga dapat mencegah kondisi gagal ginjal memburuk dan memperbaiki kondisi penderita gagal ginjal.

Mengobati Gangguan Kelenjar Paratiroid

Kelenjar paratiroid merupakan kelenjar yang berfungsi untuk mengatur kadar kalsium di dalam tubuh dengan cara menghasilkan hormon paratiroid. Saat hormon tersebut dihasilkan, tubuh akan menghasilkan lebih banyak vitamin D dan menyerap kalsium lebih banyak. Jika terjadi gangguan pada fungsi kelenjar paratiroid, misalnya penyakit hipoparatiroidisme, maka jumlah vitamin D dan kalsium di dalam tubuh akan berkurang. Anda bisa mengonsumsi suplemen seperti vitamin D3 1000 IU untuk mengobati gangguan pada fungsi kelenjar tersebut,

Pastikan Anda tidak mengonsumsi vitamin D secara berlebihan dan penuhi asupan vitamin D sesuai rekomendasi Angka Kecukupan Gizi (AKG) dari Kementerian Kesehatan, yaitu 15 mikrogram atau setara dengan 600 IU untuk dewasa dan 20 mikrogram atau setara dengan 800 IU untuk lansia. Jika Anda ingin mengonsumsi suplemen vitamin D3, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi, agar dosisnya tepat sesuai dengan kondisi kesehatan Anda.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout