Blog

madu untuk asam lambung

Kenali Manfaat dan Risiko Madu untuk Asam Lambung

Gejala asam lambung yang naik ke kerongkongan setelah makan menimbulkan ketidaknyamanan bagi penderitanya. Namun, pengobatan yang sudah dilakukan seringkali tidak memberikan hasil yang signifikan. Oleh karena itu, banyak yang memilih pengobatan alami, salah satunya madu. Apa manfaat madu untuk asam lambung?

Madu sejak lama dipercaya sebagai bahan alami yang berkhasiat untuk mengatasi berbagai penyakit, termasuk untuk menenangkan tenggorokan dan mengurangi gejala refluks asam lambung. Apa saja manfaat madu untuk asam lambung dan adakah efek sampingnya? Simak penjelasan berikut.

Manfaat Madu untuk Pencernaan

Madu dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan, salah satunya asam lambung, yaitu dengan membantu meringankan gejala refluks asam. Berikut beberapa manfaat madu untuk pencernaan yang perlu Anda ketahui:

  • Berperan dalam mengurangi peradangan di kerongkongan.
  • Sumber antioksidan dan penangkal radikal bebas yang berisiko merusak sel-sel yang melapisi saluran pencernaan.
  • Tekstur madu memungkinkannya untuk melapisi selaput lendir kerongkongan dengan lebih baik, sehingga membuatnya lebih sehat dan terlindungi.

Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas madu sebagai pengobatan untuk refluks asam.

Cara Menggunakan Madu untuk Asam Lambung

Dikutip dari British Medical Journal, tekstur madu yang kental dipercaya dapat membantu menjaga asam lambung tetap turun. Hal ini dibuktikan melalui salah satu anggota tim penelitian yang menemukan adanya perubahan gejala setelah minum sekitar satu sendok teh madu.

Untuk mengobati asam lambung, Anda bisa minum satu sendok teh madu atau mencampurkannya dengan segelas air hangat atau teh. Anda juga bisa minum susu atau makan yogurt untuk meredakan gejala asam lambung.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Tidak semua orang bisa bebas mengonsumsi madu, terutama penderita diabetes, gula darah rendah, atau sedang mengonsumsi obat yang memengaruhi gula darah. Hal ini dikarenakan madu memengaruhi kadar gula darah. Agar penggunaannya tetap aman, sebaiknya  Anda berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

Bagi ibu hamil dan menyusui yang ingin minum madu, juga harus berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mencegah efek samping yang membahayakan. Madu juga tidak boleh diberikan kepada bayi di bawah 12 bulan, karena bisa meningkatkan risiko botulisme. 

Selain itu, jika Anda memiliki alergi madu, Anda tidak perlu mencoba pengobatan ini. Jika muncul efek samping yang membahayakan, segera hentikan penggunaan madu dan periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Penelitian tentang madu untuk asam lambung memang masih terbatas, namun banyak yang mempercayai madu adalah cara yang aman untuk mengobati asam lambung. Jika Anda ingin mencoba madu sebagai pengobatan asam lambung, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Madu dapat memengaruhi kadar gula darah, sehingga penderita diabetes harus berhati-hati dalam mengonsumsinya, jika perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.
  • Dosis madu yang disarankan adalah sekitar satu sendok teh per hari.
  • Banyak orang yang minum madu tidak mengalami efek samping, sehingga tergolong aman digunakan.

Madu bisa digunakan sebagai pengobatan alami untuk mengatasi asam lambung. Namun, jika gejala asam lambung tidak kunjung hilang atau bahkan memburuk, segera periksakan diri ke dokter. Semakin cepat gejalanya ditangani dengan tepat oleh dokter, maka semakin cepat Anda bisa sembuh.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout