Blog

susu yang tepat untuk ibu hamil

Kenali Manfaat dan Jenis Susu yang Tepat untuk Ibu Hamil

Memilih susu yang tepat untuk ibu hamil akan membantu perkembangan janin dan menjaga kesehatan ibu hamil. Menurut hasil riset CMAJ, ibu hamil yang kurang minum kurang dari 1 gelas susu setiap harinya cenderung melahirkan bayi yang lebih kecil dibandingkan ibu hamil yang minum lebih dari 1 gelas susu setiap harinya. 

Penelitian lain juga menemukan bahwa ibu hamil yang minum banyak susu setiap harinya menurunkan risiko melahirkan anak dengan multiple sclerosis. Namun, tidak semua jenis susu baik untuk ibu hamil. Sebelum mengetahui jenis susu yang tepat untuk ibu hamil, mari simak terlebih dahulu manfaat minum susu berikut.

Manfaat Minum Susu untuk Ibu Hamil

Dengan beragam kandungan nutrisi di dalamnya, memenuhi asupan susu sangat penting untuk kesehatan ibu dan janin. Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan untuk minum susu 3 gelas setiap hari. Berikut 3 manfaat susu yang perlu Anda ketahui:

1. Sumber kalsium

Susu merupakan salah satu sumber kalsium yang penting untuk dikonsumsi selama kehamilan. Hal ini dikarenakan kalsium berperan penting dalam pembangunan tulang janin. Oleh karena itu, ibu hamil perlu lebih banyak mengonsumsi susu agar tulangnya tetap sehat dan kuat.

2. Sarat protein

Selain kalsium, susu juga kaya akan protein. Dalam satu gelas susu rendah lemak, mengandung sekitar 8,22 gram protein. Memenuhi asupan protein bermanfaat untuk mempersiapkan rahim sebagai rumah janin sebelum dilahirkan dan payudara sebagai persiapan menyusui setelah melahirkan. Selain itu, protein juga berperan penting dalam mendukung pembentukan jaringan tubuh bayi. Kekurangan protein dapat berisiko menimbulkan gangguan kesehatan pada bayi, seperti bayi lahir dengan berat badan rendah.

3. Sumber vitamin D

Nutrisi lain yang terkandung dalam susu adalah vitamin D. Vitamin D memiliki beragam manfaat untuk ibu hamil dan janin, antara lain mencegah bayi lahir dengan berat badan rendah dan dapat menurunkan risiko bayi lahir dengan gejala rakitis. Oleh karena itu, ibu hamil perlu mengonsumsi lebih banyak susu untuk memenuhi asupan vitamin D harian.

Jenis Susu yang Tepat untuk Ibu Hamil

Setelah mengetahui beberapa manfaat susu untuk ibu hamil, berikutnya adalah mengetahui jenis susu yang dianjurkan untuk ibu hamil. Berikut penjelasannya:

1. Apakah harus susu murni?

Ibu hamil tidak harus selalu minum susu murni. Ibu hamil juga bisa memilih susu rendah lemak atau tanpa lemak, apalagi lemak jenuh dalam susu murni juga tidak baik untuk ibu hamil jika dikonsumsi berlebihan. Untuk mengurangi lemak jenuh dari susu murni, ibu hamil dapat menambahkan susu skim. Selama kehamilan, ibu dianjurkan minum sebanyak 236 ml susu tanpa lemak setiap hari atau bisa mengonsumsi sumber kalsium lain, seperti yogurt, keju, almond, dan jus jeruk yang difortifikasi.

2. Amankah mengonsumsi susu mentah?

Ibu hamil dianjurkan untuk menghindari susu mentah atau yang tidak melalui proses pasteurisasi. Selain tidak aman untuk kesehatan ibu hamil dan janin, susu yang tidak dipasteurisasi masih mengandung mikroba penyebab penyakit, sehingga dapat meningkatkan risiko keracunan dan penyakit Listeriosis. Tidak hanya berbahaya untuk ibu hamil, namun juga berbahaya untuk bayi. Oleh karena itu, USDA, CDC, dan FDA, melarang ibu hamil mengonsumsi makanan yang dibuat dari susu non-pasteurisasi.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout