Blog

fungsi vitamin b kompleks

Kenali Jenis dan Fungsi Vitamin B Kompleks

Tubuh membutuhkan beragam nutrisi untuk menunjang kesehatannya. Salah satunya adalah vitamin B complex. Fungsi vitamin B kompleks, antara lain berperan dalam produksi energi, pemeliharaan fungsi organ otak, mata, pencernaan, saraf, jantung, dan pemeliharaan sel. 

Vitamin B kompleks terdapat dalam beberapa jenis makanan, seperti buah dan sayuran, telur, kacang-kacangan, gandum, daging, serta susu dan olahannya.

Vitamin B kompleks terdiri dari beberapa jenis vitamin dengan fungsinya berikut:

1. Vitamin B1

Vitamin B1 atau tiamin dapat ditemukan dalam daging, kacang-kacangan, dan gandum. Tubuh yang kekurangan tiamin dapat berisiko terkena penyakit beri-beri. Gejala kekurangan vitamin B1, yaitu kesulitan berjalan, hilangnya rasa raba pada tangan dan kaki, kelumpuhan, hingga gagal jantung. Oleh karena itu, Anda perlu memenuhi asupan vitamin B harian dengan rekomendasi wanita adalah 1,1 miligram, 1,4 miligram untuk ibu hamil, 1,5 miligram untuk ibu menyusui, dan 1,2 miligram untuk laki-laki.

2. Vitamin B2

Jenis vitamin B complex berikutnya adalah vitamin B2 atau riboflavin. Vitamin ini berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit, saluran pencernaan, dan sel darah. Selain itu, juga berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh, mengatasi nyeri otot, dan mengatasi jerawat. Riboflavin dapat ditemukan dalam sayuran hijau, daging, kacang-kacangan, dan produk olahan susu. Asupan riboflavin yang dianjurkan adalah 1,3 miligram untuk laki-laki, 1,1 miligram untuk perempuan, dan 1,4 miligram untuk ibu hamil, dan 1,6 miligram untuk ibu menyusui.

3. Vitamin B3

Vitamin B3 atau dikenal juga dengan niacin berfungsi untuk memecah makanan yang dikonsumsi menjadi energi. Niacin dapat ditemukan dalam daging, ikan, kacang-kacangan, dan produk olahan susu. Gejala tubuh kekurangan vitamin B3 adalah peradangan membran mukosa, diare, serta gangguan fisik dan mental. Asupan vitamin B3 harian yang dianjurkan adalah 14 miligram untuk perempuan dan 16 miligram untuk laki-laki.

4. Vitamin B5

Fungsi vitamin B complex lainnya adalah vitamin B5 atau asam panthothenate. Vitamin ini dibutuhkan tubuh untuk memecahkan karbohidrat dan lemak menjadi energi, serta berperan penting dalam pembentukan hormon pertumbuhan. Untuk mendapatkan manfaat vitamin B5, Anda bisa mengonsumsi gandum, kentang, hati, brokoli, alpukat, dan kembang kol. 

5. Vitamin B6 (Pyridoxine)

Jenis vitamin yang satu ini berfungsi untuk mengubah protein dan karbohidrat menjadi energi tubuh, meringankan gejala darah tinggi, membantu mengontrol kadar homosistein dalam darah, membantu produksi sel darah merah. Kekurangan vitamin B6 dapat berdampak pada respons imun, karena produksi antibodi yang terganggu.

6. Vitamin B9

Vitamin B9 merupakan fungsi vitamin B complex lainnya. Vitamin yang juga dikenal sebagai asam folat ini sangat penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. Selain itu, vitamin ini juga berperan dalam pembentukan otak dan sistem saraf bayi, sehingga sangat penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Asupan asam folat harian yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah 400 mcg, ibu hamil 600 mcg, dan ibu menyusui 500 mcg.

7. Vitamin B12

Vitamin B12 berperan untuk menjaga kesehatan sel saraf dan pembentukan sel darah. Vitamin ini dapat ditemukan dalam ikan, daging, hati, serta produk olahan susu. Asupan vitamin B12 harian dianjurkan sebanyak 2,4 mcg. Khusus untuk ibu hamil dan menyusui adalah sebanyak 2,6-2,8 mcg.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout