Blog

gejala usus buntu pada wanita

Kenali Gejala Usus Buntu pada Wanita Dewasa

Usus buntu bisa terjadi pada siapa saja, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa. Namun, gejala usus buntu yang ditimbulkan pada orang dewasa, terutama wanita, bisa berbeda dengan anak-anak dan remaja. Apa gejala usus buntu pada wanita dewasa?

Ketika usus buntu tersumbat, hal ini bisa memicu bakteri di dalamnya berkembang biak dan membuat usus buntu meradang. Kondisi ini disebut sebagai penyakit usus buntu. Apa gejala usus buntu pada wanita dewasa yang sering muncul? Berikut beberapa di antaranya.

Gejala Usus Buntu pada Wanita Dewasa 

Gejala usus buntu pada wanita yang paling khas biasanya diawali dengan munculnya rasa nyeri secara tiba-tiba di sekitar pusar. Rasa nyeri tersebut bisa hilang seketika, kemudian muncul lagi dalam beberapa menit. Selain itu, ada beberapa gejala usus buntu pada wanita lainnya yang perlu diwaspadai berikut:

1. Nyeri perut bagian kanan bawah

Gejala khas usus buntu ini bisa muncul dalam waktu beberapa jam setelah Anda mengalami nyeri perut di sekitar pusar. Nyeri perut biasanya akan semakin parah saat Anda bergerak, batuk, bersin, menekan perut, atau menarik napas dalam-dalam. Jika usus buntu terjadi pada wanita yang usus buntunya terletak di belakang usus besar, gejala yang ditimbulkan bisa berupa nyeri di bagian punggung bawah atau nyeri panggul.

2. Mual dan muntah

Gejala usus buntu pada wanita dewasa lainnya adalah mual dan muntah. Gejala ini biasanya muncul setelah nyeri perut bagian kanan bawah. Timbulnya gejala ini menandakan adanya sumbatan atau obstruksi usus akibat peradangan di usus buntu. Selain itu, mual dan muntah juga bisa membuat wanita menjadi kurang nafsu makan atau tidak mau makan sama sekali, sehingga menyebabkan terjadinya dehidrasi.

3. Sembelit atau diare

Beberapa orang yang mengalami usus buntu juga sering kali mengalami sembelit atau diare. Hal ini dikarenakan ketika seseorang mengalami usus buntu, usus besar akan kehilangan kemampuan untuk menyerap kembali cairan dalam sisa makanan, sehingga tinja menjadi cair.

4. Demam

Demam juga merupakan salah satu gejala usus buntu pada wanita dewasa lainnya. Kondisi ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh sedang berusaha melawan infeksi bakteri di dalam usus buntu. Meski demikian, terkadang gejala demam dan nyeri akibat usus buntu pada wanita bisa mirip gejala infeksi saluran kemih.

Cara Mengobati Usus Buntu

Pengobatan usus buntu biasanya dilakukan dengan menggunakan antibiotik dan diikuti dengan pembedahan (apendiktomi) untuk mengangkat usus buntu. Pengobatan usus buntu juga bisa dilakukan melalui:

  • Penggunaan obat pereda rasa sakit.
  • Pemberian cairan Intravena.
  • Drainase jarum atau operasi untuk mengeringkan abses sebelum menjalani operasi jika abses belum pecah.
  • Diet cairan.

Selain itu, ada beberapa hal yang juga perlu dilakukan oleh pengidap usus buntu, antara lain:

  • Perbanyak minum cairan.
  • Jalan-jalan santai setiap hari.
  • Perbanyak waktu istirahat.
  • Menjaga area sayatan bedah tetap bersih dan kering.
  • Hindari aktivitas berat dan mengangkat benda berat sampai dokter mengatakan hal itu aman untuk dilakukan.
  • Dalam beberapa kasus, dokter juga mungkin akan mendorong pengidap usus buntu untuk menyesuaikan pola makan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout