Blog

kandungan teh

Kandungan Teh yang Menakjubkan untuk Kesehatan

Teh adalah bagian yang tidak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Mulai dari sarapan hingga pelengkap camilan sore, teh sangat populer di Indonesia. Hal ini tidak mengherankan, karena selain rasanya nikmat dan menyegarkan, kandungan teh juga bermanfaat untuk kesehatan.

Dengan kandungan nutrisi yang lengkap, teh merupakan minuman yang cocok untuk dikonsumsi saat bersosialisasi dan beraktivitas. Apa saja nutrisi yang terkandung dalam teh? Mari simak beragam kandungan nutrisi dalam teh berikut.

Kandungan Teh yang Menyehatkan

Teh sering dikonsumsi saat seseorang berada pada masa pemulihan dari penyakit atau saat seseorang mengalami demam atau radang tenggorokan. Hal ini dikarenakan beragam kandungan teh yang baik untuk kesehatan. Kandungan nutrisi tersebut, antara lain asam lemak omega-3, kafein, asam lemak omega-6, polifenol, asam amino, serta mineral, seperti fosfor, magnesium, kalium, dan mangan. 

Selain itu, daun teh juga tinggi antioksidan yang bermanfaat untuk mencegah pertumbuhan sel-sel kanker dan mencegah radikal bebas. Untuk mendapatkan khasiat teh secara optimal, konsumsi secangkir teh setiap hari.

Manfaat Teh Bagi Kesehatan

Kandungan teh memiliki beragam manfaat yang penting untuk kesehatan tubuh. Dengan mengonsumsi teh secara rutin, berikut 5 manfaat teh yang bisa Anda dapatkan:

  1. Mencegah Risiko Diabetes

 

Rutin mengonsumsi teh akan menjauhkan Anda dari risiko terkena diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 adalah kondisi saat kadar gula dalam darah melebihi batas normal, sehingga memicu komplikasi yang berbahaya pada tubuh. Jenis teh yang sangat baik untuk dikonsumsi untuk mencegah diabetes adalah teh hijau dan teh hitam tanpa pemanis. Kedua jenis teh tersebut berkhasiat untuk meningkatkan sensitivitas insulin sehingga dapat menurunkan risiko diabetes.

  1. Meningkatkan Konsentrasi

Ingin bisa konsentrasi saat bekerja atau belajar? Rutinlah mengonsumsi teh. Kandungan kafein dalam teh bermanfaat untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi pada seseorang. Kafein bekerja dengan cara mengalir melalui pembuluh darah dan merangsang kinerja sistem saraf pusat, sehingga dapat melancarkan peredaran darah ke otak.

  1. Menjaga Kesehatan Rongga Gigi dan Mulut

Kandungan antioksidan dalam teh bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Dengan mengonsumsi teh secara rutin, maka dapat menurunkan pertumbuhan bakteri di dalam rongga mulut, menurunkan risiko terkena karies gigi karena bakteri di dalam mulut telah dibunuh, serta mencegah bau mulut.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Bagi penderita tekanan darah tinggi, mengonsumsi teh secara rutin sangat dianjurkan untuk menurunkan tekanan darah. Salah satu jenis yang direkomendasikan adalah teh hitam. Teh hitam berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah diastolic dan tekanan darah sistolic. Agar hasilnya dapat lebih optimal, penderita tekanan darah tinggi juga dianjurkan untuk mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, seperti mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan menghindari makanan tinggi garam. Selain itu, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk mengontrol kondisi kesehatan Anda.

  1. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan yang tinggi dalam daun teh memiliki beragam manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Salah satunya, mencegah pertumbuhan sel-sel kanker, sehingga mencegah risiko terkena kanker. Antioksidan bekerja dengan cara melawan radikal bebas yang menyerang sel-sel dalam tubuh dan mengakibatkan kerusakan sel tubuh yang menjadi penyebab kanker. Dengan mengonsumsi teh secara rutin, maka Anda dapat mencegah risiko kanker sejak dini.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout