Blog

lokasi vaksin booster di bekasi

Ini Daftar Lokasi Vaksin Booster di Bekasi

Warga Bekasi yang ingin vaksin booster, kini bisa mendapatkan vaksin booster di beberapa lokasi vaksin booster di Bekasi. Pemerintah Kota Bekasi melalui Dinas Kesehatan telah memulai vaksinasi booster untuk masyarakat umum di atas usia 18 tahun.

Untuk memudahkan masyarakat dalam mendapatkan vaksin booster, pemerintah telah menetapkan beberapa lokasi vaksin booster di Bekasi, salah satunya Sentra Vaksin di Gate 10 Stadion Patriot Candrabahaga. Apa saja syarat vaksin booster? Berikut penjelasannya:

Syarat Vaksin Booster di Bekasi

Ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi untuk mendapatkan vaksin booster di Bekasi, yaitu:

  • Calon penerima vaksin harus dalam kondisi sehat.
  • Sudah melakukan vaksinasi dosis kedua enam bulan yang lalu.
  • Sudah memiliki tiket vaksin ketiga yang bisa dicek melalui aplikasi PeduliLindungi.
  • Membawa fotokopi KTP dan KK.

Lokasi Vaksin Booster di Bekasi

Layanan vaksinasi booster di Bekasi dilakukan pada Senin hingga Sabtu. Untuk Senin hingga Jumat, buka pukul 08.00 hingga 15.00 dan untuk Sabtu, buka dari pukul 08.00 hingga 12.00. Bagi Anda yang berlokasi di Kabupaten Bekasi, berikut daftar lokasi dan jadwal vaksin booster:

1. Puskesmas Mekarmukti 

Vaksinasi booster dilakukan setiap Selasa dan Jumat pukul 08.00 hingga 11.00 WIB dengan syarat membawa fotokopi KTP dan sudah mempunyai nomor e-ticket dari aplikasi PeduliLindungi.

2. Puskesmas Telaga Murni

Melayani vaksinasi booster setiap Senin hingga Jumat mulai pukul 07.00 hingga selesai. Syarat untuk mendapatkan vaksin booster, yaitu berusia 18 tahun ke atas dan diprioritaskan pada lansia dan pelayan publik, berdomisili di wilayah kerja Puskesmas Telaşa Murni, sudah vaksin dosis kedua minimal 6 bulan, dan menunjukkan kartu vaksin atau sertifikat dosis kedua serta fotokopi KTP atau KK.

Vaksin Booster yang Digunakan



Pemberian vaksin booster sedikit berbeda dengan pemberian vaksin kedua. Jika pada vaksin kedua, penerima vaksin wajib menerima vaksin dengan jenis yang sama dengan vaksin pertama, maka penerima vaksin booster bisa mendapatkan jenis vaksin yang berbeda dengan vaksin primernya. Meski demikan, pemberian vaksin booster yang berbeda jenis dibedakan dari jumlah dosis yang diberikan. Berikut ketentuannya:

  • Jika vaksin booster yang diberikan berjenis sama dengan vaksin primer, maka dosis yang diberikan adalah dosis penuh.
  • Jika vaksin booster yang diberikan berbeda jenis dengan vaksin primer, maka dosis yang diberikan adalah separuh dosis.

Selain itu, pemilihan jenis vaksin bisa ditentukan berdasarkan jenis vaksin primernya. Berikut ketentuannya:

  • Jika vaksin primernya adalah Sinovac, maka vaksin boosternya bisa AstraZeneca, Moderna, Pfizer, dan Zifivac.
  • Jika vaksin primernya adalah AstraZeneca, maka vaksin boosternya bisa Moderna atau Pfizer.
  • Jika vaksin primernya adalah Moderna, maka vaksin boosternya bisa AstraZeneca atau Pfizer.

Setelah berjalan lebih dari dua tahun, kini pemerintah mulai melakukan berbagai transisi perubahan ke endemi. Salah satu syarat untuk memasuki masa endemi adalah tingkat kekebalan tubuh masyarakat yang luas dan merata. Oleh karena itu, melalui pemberian vaksin booster diharapkan dapat meningkatkan kekebalan tubuh yang masif di Indonesia. Selain itu, beberapa pelonggaran aktivitas sosial telah dilakukan secara bertahap bagi yang sudah divaksin booster. Namun, untuk mewujudkan endemi bukanlah proses yang instan dan pemerintah tidak akan terburu-buru dalam menetapkan endemi di Indonesia.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout