Ini Cara Daftar Vaksin Moderna Tanpa Antri

cara daftar vaksin moderna

Ini Cara Daftar Vaksin Moderna Tanpa Antri

Sebagai langkah untuk mempercepat program vaksinasi dan membentuk herd immunity di Indonesia, pemerintah mendatangkan vaksin Moderna. Vaksin ini awalnya ditujukan hanya untuk para tenaga kesehatan sebagai suntikan ketiga. Namun, kini masyarakat umum juga bisa mendapatkan vaksin tersebut. Cara daftar vaksin Moderna untuk masyarakat umum bisa melalui Pedulilindungi.

Vaksin Moderna dikembangkan oleh Moderna Inc dan National Institute of Allergy and Infectious Diseases (NIAID) di Amerika Serikat. Moderna termasuk vaksin mRNA, yang membuat sistem kekebalan tubuh memproduksi spike protein secara manual. Sebelum mengetahui cara daftar vaksin Moderna, mari mengenalnya lebih dalam.

 

Sekilas Vaksin Moderna

Moderna merupakan vaksin dengan tingkat efikasi tertinggi, yaitu 94,1 persen. Bahkan, beberapa penelitian menemukan bahwa vaksin Moderna cukup efektif untuk melawan varian Alfa, Beta, hingga Kappa.

Dengan tingkat efikasi yang tinggi, vaksin Moderna pada awalnya hanya digunakan sebagai booster ketiga untuk tenaga kesehatan. Namun, kini masyarakat umum yang belum mengikuti program vaksinasi COVID-19 juga dapat menggunakannya.

Berdasarkan Surat Edaran HK.02.01/I/1919/2021, Kementerian Kesehatan menjelaskan bahwa booster ketiga vaksinasi untuk tenaga kesehatan dapat menggunakan Moderna. Sedangkan, pemberian vaksin Moderna untuk masyarakat umum dianjurkan sebanyak 2 dosis dengan jarak pemberian 4 minggu.

Syarat Penerima Vaksin Moderna

Moderna merupakan vaksin yang memiliki tingkat efikasi yang tinggi. Hal ini menyebabkan efek samping vaksin Moderna lebih berat dibandingkan vaksin lainnya. Berikut syarat penerima vaksin Moderna yang perlu Anda ketahui:

  1. Orang dewasa yang berusia di atas 18 tahun.
  2. Masyarakat umum yang belum mendapatkan vaksinasi COVID-19 sebelumnya.
  3. Masyarakat yang memiliki masalah kesehatan, seperti komorbid jantung, diabetes, paru-paru, serta HIV. Dengan catatan telah berkonsultasi dengan dokter yang ada di lokasi vaksin.

Cara Daftar Vaksin Moderna

Sebelum mendaftar vaksin Moderna, Anda perlu memiliki akun di aplikasi atau situs web Pedulilindungi. Dengan akun tersebut, Anda juga bisa mendaftarkan anggota keluarga atau kerabat lainnya yang tidak memiliki perangkat. Berikut caranya:

Situs Web

● Buka situs web Pedulilindungi di pedulilindungi.id di ponsel atau laptop, lalu login.

● Kemudian, pada halaman awal akan muncul menu ‘Pendaftaran Vaksinasi’.

● Klik menu ‘Pendaftaran Vaksinasi’, lalu isi formulir pengajuan vaksinasi COVID-19.

● Masukkan data pribadi sesuai KTP, berupa nama lengkap, NIK, tanggal lahir, dan jenis kelamin.

● Setelah diisi, klik ‘Selanjutnya’ dan akan muncul halaman konfirmasi yang berisi seluruh data pendaftar.

● Cek kembali data pribadi Anda. Jika Anda yakin data telah diisi dengan benar, klik ‘Selanjutnya’, muncul konfirmasi ulang, dan klik ‘Ya, Lanjutkan’.

● Masukkan kode verifikasi, dan Anda telah berhasil melakukan pendaftaran vaksin Moderna.

Aplikasi

● Buka aplikasi Pedulilindungi, lalu login.

● Klik menu ‘Pendaftaran Vaksin’

● Cek validasi NIK dengan memasukkan NIK dan nama lengkap, lalu klik ‘Periksa’.

● Jika NIK terdaftar, klik ‘Selanjutnya’.

● Lengkapi formulir pendaftaran berupa nomor ponsel dan alamat domisili, lalu klik ‘Selanjutnya’.

● Kemudian, muncul halaman konfirmasi berupa data pendaftar, klik ‘Selanjutnya’. Lalu, tampil halaman konfirmasi, klik ‘Ya, Lanjutkan’.

● Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor ponsel atau email. Pendaftaran vaksinasi selesai.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout