Blog

makanan tinggi kalori

Ini 6 Makanan Tinggi Kalori yang Baik untuk Anda

Kalori pada makanan melambangkan jumlah energi yang terkandung di dalamnya. Kalori dibutuhkan oleh tubuh untuk memberikan Anda energi dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Agar tubuh mendapatkan asupan kalori yang cukup, maka Anda perlu mengonsumsi makanan tinggi kalori setiap hari.

Namun banyak yang menganggap makanan tinggi kalori perlu dihindari. Agar tidak salah kaprah, mari kita membahas satu per satu pentingnya kalori bagi tubuh. Berikut 6 makanan tinggi kalori yang direkomendasikan untuk Anda.

1. Susu 

Dengan kandungan berbagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, tidak mengherankan jika susu menjadi salah satu menu penting dalam sarapan. Susu mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral, yang berkhasiat untuk meningkatkan massa otot, meningkatkan energi dan kebugaran tubuh, dan meningkatkan sistem imun tubuh. Bahkan dalam satu studi menemukan bahwa efektivitas susu skim dalam membangun otot saat latihan ketahanan lebih tinggi dibandingkan produk yang menggunakan bahan kedelai. 

2. Nasi

Sebagai makanan pokok masyarakat Indonesia, nasi memang tidak bisa dihindari. Hal ini dikarenakan nasi adalah sumber karbohidrat yang baik dan mengandung vitamin B6, kalsium, magnesium, dan zat besi. Jika Anda kurang bertenaga atau memiliki kadar gula darah rendah, mengonsumsi nasi dapat membantu menambah energi dan menstabikan kadar gula darah. Bahkan, dalam satu cangkir nasi terkandung sekitar 200 kalori, yang berpengaruh pada penambahan berat badan. 

3. Daging Merah

Mengonsumsi daging merah memiliki banyak manfaat, antara lain menambah berat badan dan membangun otot. Hal ini dikarenakan daging merah mengandung creatine dan leusin, nutrisi yang berfungsi untuk meningkatkan massa otot. Penelitian menemukan bahwa 100 perempuan berusia 60-90 tahun yang mengonsumsi daging merah tanpa lemak, efektif dalam membantu mereka dalam menambah berat badan dan meningkatkan kekuatan hingga 18 persen saat menjalani pelatihan ketahanan fisik.

Lihat Juga: LDLOX Membantu mengurangi lemak darah

4. Ikan Salmon

Selain daging merah, ikan salmon merupakan sumber protein dan lemak yang penting bagi tubuh. Tidak hanya itu, kandungan ikan salmon yang paling banyak dikenal, yaitu asam lemak omega-3 memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Antara lain, mengurangi risiko kanker, melindungi kesehatan tulang hingga massa otot, menyehatkan jantung, melindungi otak dan sistem saraf, membantu mengurangi peradangan pada tubuh, dan mengontrol berat badan. Tahukah Anda, dalam satu fillet salmon 6 ons terkandung sekitar 350 kalori, 4 gram lemak omega-3, dan 34 gram protein, yang dapat membangun otot atau menambah berat badan.

5. Alpukat

Kaya akan lemak sehat, potasium, serat, kalori, vitamin, dan mineral, alpukat adalah buah yang memiliki ragam manfaat. Antara lain, mengurangi kolesterol, menjaga kebugaran tubuh, mempercepat penyerapan nutrisi, mencegah kanker, dan mengurangi berat badan. Dalam satu alpukat besar terkandung sekitar 322 kalori, 29 gram lemak, dan 17 gram serat, yang mampu memenuhi asupan kalori Anda setiap hari. 

6. Keju

Selain lezat dan bisa diolah dalam berbagai jenis makanan, keju juga menyimpan kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh. Keju mengandung beberapa nutrisi, seperti karbohidrat, lemak, protein, kalsium, magnesium, zinc, fosfor, vitamin A, vitamin D, dan vitamin B12. Berkat kandungannya yang lengkap tersebut, keju memiliki banyak manfaat, antara lain menjaga kesehatan tulang, menyehatkan saluran pencernaan, menurunkan risiko penyakit jantung, menurunkan tekanan darah, dan meredakan peradangan dalam tubuh.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout