Blog

manfaat kopi

Ini 5 Manfaat Kopi untuk Kesehatan

Seiring dengan bermunculannya banyak coffee shop di kota-kota besar, kopi kini menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat. Selain rasanya yang khas dan bisa membuat Anda terjaga, ternyata manfaat kopi juga berperan penting dalam kehidupan manusia. 

Bahkan, para peneliti menemukan bahwa kopi memiliki manfaat yang selama ini belum diketahui, yaitu meningkatkan imun tubuh. Jika Anda minum satu cangkir kopi atau lebih setiap hari, Anda dapat mengurangi risiko infeksi Covid-19 hingga 10 persen. Luar biasa, bukan? Yuk, simak beragam manfaat kopi untuk kesehatan dan kecantikan berikut.

1. Mencegah Diabetes

Menurut penelitian, kandungan polifenol asam klorogenat (CGA) dalam kopi dapat mengendalikan glukosa pada liver atau hati, mempercepat pengangkutan glukosa, dan mengaktifkan enzim yang berfungsi mengatur kolesterol, asam lemak, dan karbohidrat. Hal ini diperkuat dengan penelitian lain yang menemukan bahwa minum 3-4 cangkir kopi dalam sehari mampu menurunkan risiko diabetes tipe 2 sekitar 25% dibandingkan dengan yang tidak minum kopi atau lebih rendah dari jumlah tersebut. 

2. Menurunkan Risiko Kanker Prostat

Kanker prostat adalah penyakit yang disebabkan karena berkembangnya sel kanker di dalam prostat dengan gejala gangguan buang air kecil. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja, namun sebagian besar terjadi pada pria yang berusia di atas 65 tahun. Namun, suatu penelitian menemukan bahwa rutin minum kopi ternyata dapat mengurangi risiko terjadinya kanker prostat pada pria. Pada pria yang rutin minum kopi, risiko terkena kanker prostat lebih rendah hingga 9 persen dibandingkan dengan pria yang tidak minum kopi. 

3. Mencegah Alzheimer dan Demensia

Jika selama ini kopi dikenal sebagai minuman yang mampu membuat Anda terjaga. Kini, ada alasan lain yang menjadikan kopi sebagai minuman yang menyehatkan, yaitu membantu mengurangi risiko penyakit degeneratif, seperti Alzheimer dan Parkinson. Hal ini dibuktikan melalui studi yang menemukan bahwa konsumsi kopi hingga lima cangkir per hari dapat mencegah perkembangan kondisi yang mengarah pada demensia. Menurut studi tersebut, fenilindan, salah satu kandungan dalam kopi, dapat dikembangkan lebih lanjut untuk digunakan sebagai pengobatan penyakit degeneratif.

4. Menurunkan Risiko Stroke dan Penyakit Hati

Penelitian dari Cleveland Clinic’s Wellness Institute menemukan bahwa minum kopi dapat menurunkan risiko terkena penyakit stroke. Kandungan asam chlorogenic, lignan, magnesium, dan zat antioksidan dalam kopi berpadu untuk menurunkan risiko stroke. Namun, sebaiknya hindari tambahan gula dalam kopi Anda. Zat gula dapat meningkatkan glukosa darah dan insulin yang memicu intoleransi glukosa, resistensi insulin, dan peradangan, sehingga meningkatkan risiko stroke dan demensia. Untuk mendapatkan khasiat kopi secara optimal, pilih kopi tanpa gula di pagi hari

5. Mencegah Depresi

Tahukah Anda, mengapa kopi sering diminum oleh orang-orang yang stress karena pekerjaan? Hasil penelitian dari para ilmuwan di Harvard School of Public Health mungkin bisa menjawab pertanyaan Anda. Penelitian tersebut menemukan bahwa orang yang minum empat cangkir kopi per hari memiliki risiko terkena depresi 20% lebih rendah dibandingkan orang yang tidak minum kopi sama sekali. 

Banyak sekali bukan manfaat kopi untuk kesehatan? Namun, sebaiknya jangan minum kopi secara berlebihan. Konsumsi kopi secukupnya setiap hari untuk menjaga kesehatan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout