Blog

cara mengobati gigi berlubang

Gigi Bermasalah? Ini Cara Mengobati Gigi Berlubang yang Ampuh

Masalah gigi berlubang bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak, dewasa, hingga lansia. Selain mengganggu aktivitas sehari-hari, masalah gigi berlubang yang tidak ditangani dengan baik dapat berbahaya untuk kesehatan. Namun, ada beberapa cara mengobati gigi berlubang yang bisa dilakukan untuk mencegah hal tersebut.

Gigi berlubang dapat menimbulkan nyeri atau sakit yang mungkin tidak tertahankan. Bahkan, dalam beberapa kasus, gigi berlubang dapat mengakibatkan komplikasi, seperti infeksi gigi, sepsis, abses gigi, dan gigi tanggal. Berikut cara mengobati gigi berlubang yang direkomendasikan:

Filling atau Tambal Gigi

Cara mengobati gigi berlubang yang pertama adalah tambal gigi atau filling. Metode ini merupakan tindakan umum yang dilakukan untuk mengatasi gigi berlubang. Caranya, dokter akan membersihkan gigi yang rusak dengan menggunakan bor khusus. Setelah itu, dokter akan menambal gigi berlubang dengan bahan khusus, misalnya emas, perak, porselen, atau komposit.

Prosedur Crown

Prosedur crown dilakukan jika pembusukan pada gigi cukup parah dan membuat gigi rapuh. Caranya, dokter akan memasang mahkota gigi palsu di atas gigi yang rusak. Setelah itu, sebagian gigi yang rusak dikikis dan disisakan sebagian kecil sebagai tumpuan mahkota gigi palsu. Crown palsu terbuat dari emas, resin, porselen, dan porselen fusi logam,

Perawatan Saluran Akar

Cara menghilangkan gigi berlubang berikutnya adalah dengan root canal atau perawatan saluran akar. Metode ini dilakukan jika pembusukan pada gigi sudah mencapai bagian dalam gigi (pulpa) atau saraf yang sudah mati. Dokter akan membuang jaringan saraf di setiap daerah yang busuk. Setelah dibersihkan, dokter akan menambal atau memberikan crown agar gigi tidak perlu dicabut.

Cabut Gigi

Metode yang satu ini dilakukan jika gigi sudah tidak bisa dipertahankan lagi. Gigi yang dicabut bisa meninggalkan ruang atau celah yang memungkinkan gigi lainnya bergeser. Untuk mengatasinya, dokter akan menyarankan untuk membuat gigi implan untuk menggantikan gigi yang dicabut.

Cara Mengobati Gigi Berlubang Secara Alami

Jika masih bermasalah atau sakit, terutama jika gangguan yang terjadi masih tahap ringan, belum diperlukan pengobatan seperti yang dijelaskan di atas. Namun, ada beberapa hal yang perlu dilakukan untuk mengurangi rasa sakit dari gigi berlubang berikut:

1. Berkumur Air Garam

Cara ini dipercaya sejak lama sebagai salah satu langkah pencegahan sakit gigi yang efektif. Hal ini dikarenakan air garam berfungsi untuk mengurangi tegangan permukaan, sehingga nyeri pada gigi atau gusi dapat berkurang. Namun, berkumur dengan air garam tidak bisa menghilangkan sumber penyakitnya. Jika sakit gigi tidak kunjung sembuh, sebaiknya periksakan diri ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

2. Kunyah Bawang Putih Mentah

Bawang putih memiliki sifat antiseptik dan antimikroba yang bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri. Bawang putih bekerja dengan cara membunuh bakteri penyebab infeksi gigi. Jika Anda mengalami nyeri akibat sakit gigi, kunyah bawang putih mentah selama beberapa menit di sisi mulut dan gigi yang terasa nyeri. Jika tidak bisa mengunyahnya, maka tempatkan irisan bawang merah mentah langsung di gigi yang terasa sakit. Namun, jika rasa sakit tidak kunjung hilang, bahkan semakin parah, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter gigi untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Berkumur Air Garam

Cara ini dipercaya sejak lama sebagai salah satu langkah pencegahan sakit gigi yang efektif. Hal ini dikarenakan air garam berfungsi untuk mengurangi tegangan permukaan, sehingga nyeri pada gigi atau gusi dapat berkurang.

Kunyah Bawang Put

Bawang putih memiliki sifat antiseptik dan antimikroba yang bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri. Bawang putih bekerja dengan cara membunuh bakteri penyebab infeksi gigi.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout