Blog

gejala usus buntu

Gejala Usus Buntu dan Cara Mencegahnya

Usus buntu adalah kondisi peradangan pada usus buntu atau apendiks, yaitu organ berbentuk kantong yang tersambung ke usus besar. Salah satu gejala usus buntu adalah nyeri di perut bagian kanan bawah. Apa penyebab usus buntu?

Usus buntu bisa menyerang remaja hingga orang dewasa. Jika tidak ditangani dengan tepat, usus buntu bisa menyebabkan usus buntu pecah. Apa faktor penyebab dan gejala usus buntu? Berikut penjelasannya.

Penyebab Usus Buntu

Usus buntu bisa disebabkan oleh infeksi di rongga usus buntu. Akibatnya, bakteri berkembang dengan cepat, sehingga membuat usus buntu meradang, bengkak, dan bernanah. Ada sejumlah faktor yang bisa menyebabkan terjadinya radang usus buntu. Berikut beberapa di antaranya:

  • Penyumbatan rongga usus buntu akibat pertumbuhan parasit di pencernaan, misalnya infeksi cacing kremi atau ascariasis.
  • Hambatan di pintu rongga usus buntu akibat penumpukan feses atau tinja.
  • Penebalan atau pembengkakan jaringan dinding usus buntu, karena infeksi di saluran pencernaan atau bagian tubuh lainnya.
  • Cedera di perut.
  • Kondisi medis tertentu, seperti tumor pada perut atau inflammatory bowel disease.

Selain itu, ada mitos yang menyatakan bahwa makanan tertentu, seperti biji cabai, dapat menyebabkan usus buntu. Namun, hingga saat ini penelitian belum bisa membuktikan hal tersebut.

Gejala Usus Buntu

Usus buntu umumnya ditandai dengan munculnya nyeri di perut yang disebut kolik abdomen. Nyeri tersebut bisa dimulai dari pusar, kemudian bergerak ke bagian kanan bawah perut. Lokasi munculnya nyeri bisa berbeda-beda, tergantung pada usia pasien dan posisi usus buntu itu sendiri. 

Nyeri yang muncul akibat usus buntu bisa bertambah parah dalam waktu beberapa jam, terutama saat menarik napas dalam, batuk, bergerak, atau bersin. Selain itu, nyeri juga bisa muncul secara mendadak, bahkan saat penderita sedang tidur. Nyeri perut juga bisa disertai beberapa gejala lain, di antaranya:

  • Mual dan muntah.
  • Demam dan menggigil.
  • Perut kembung.
  • Tidak bisa buang gas atau kentut.
  • Hilang nafsu makan.
  • Diare.
  • Sembelit (konstipasi).

Pada kasus yang jarang terjadi, pengidap apendisitis juga bisa mengalami beberapa masalah usus, seperti sembelit dan diare.

Kapan Harus ke Dokter?

Jika Anda merasakan nyeri parah di perut bagian kanan bawah atau gejala usus buntu lain seperti yang telah disebutkan di atas, segera periksakan diri ke dokter. Selain itu, jangan makan, minum, atau menggunakan obat pereda nyeri, obat pencahar, atau kompres hangat untuk meredakan gejala nyeri, tanpa anjuran dari dokter.

Pada ibu hamil, radang usus buntu bisa menimbulkan gejala nyeri di perut sebelah kanan, karena posisi usus buntu akan lebih tinggi saat hamil. Namun, ibu hamil yang mengalami sakit perut, mual atau muntah, juga tidak berarti mengalami usus buntu. Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan untuk rutin melakukan pemeriksaan kehamilan, terutama jika mengalami gejala di atas.

Anda perlu waspada jika nyeri perut secara perlahan semakin parah dan menyebar ke seluruh area perut. Kondisi ini bisa menjadi tanda bahwa usus buntu telah pecah, sehingga berisiko tinggi menyebabkan infeksi rongga perut (peritonitis). Pada perempuan, gejala usus buntu juga bisa mirip dengan nyeri menstruasi (dismenore) atau kehamilan ektopik. 

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout