Blog

Agar bisa ditangani secepatnya, orang tua perlu mengenali beberapa gejala tipes pada anak berikut.

Gejala Tipes pada Anak dan Penanganannya

Tipes atau demam tifoid adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Penyakit ini sering dialami anak-anak dan gejalanya bisa muncul tiba-tiba atau bertahap dalam beberapa minggu. Ketahui lebih lanjut mengenai gejala tipes pada anak.

Tipes ditularkan melalui makanan dan minuman yang pengolahannya tidak higienis atau kurang matang. Anak-anak berisiko tinggi terkena penyakit ini, karena sistem kekebalan tubuhnya belum kuat. Agar bisa ditangani secepatnya, orang tua perlu mengenali beberapa gejala tipes pada anak berikut.

Gejala Tipes pada Anak

Gejala tipes biasanya muncul 2-3 minggu setelah terinfeksi bakteri Salmonella typhi. Gejalanya bisa bertahan hingga 4 minggu, mulai dari ringan hingga berat. Berikut beberapa gejala tipes pada anak yang perlu diwaspadai:

  • Sakit kepala.
  • Sakit perut.
  • Demam berkepanjangan hingga lebih dari 3 hari.
  • Lemas.
  • Muntah terus-menerus.
  • Tidak nafsu makan.
  • Gangguan pencernaan, misalnya susah BAB atau diare.

Jika ditangani secepatnya, gejala tipes pada anak bisa hilang dalam 3-4 minggu. Namun, jika tidak ditangani dengan tepat, bisa menimbulkan komplikasi, terutama jika gejalanya tidak sembuh lebih dari 2 minggu. Komplikasi yang terjadi akibat tipes pada anak, yaitu:

  • Bronkitis.
  • Perdarahan di saluran cerna.
  • Syok.
  • Perforasi usus.
  • Sepsis.
  • Penurunan kesadaran.
  • Meningitis.

Komplikasi di atas bisa fatal dan berisiko mengancam nyawa anak. Oleh karena itu, segera hubungi dokter jika ia mengalami gejala tipes.

Penanganan Tipes pada Anak

Jika anak didiagnosis tipes, berikut penanganan yang diberikan oleh dokter:

1. Obat-obatan

Suntikan antibiotik atau obat berbentuk kapsul, tablet, atau sirop, akan diberikan dokter untuk mengobati infeksi bakteri yang menyebabkan tipes pada anak. Antibiotik akan diberikan selama 1-2 minggu, namun jika gejalanya parah, antibiotik bisa diberikan lebih dari 4 minggu. Selain itu, antibiotik tetap harus digunakan, meski gejala tipes membaik. Hal ini bertujuan agar bakteri benar-benar hilang sepenuhnya.

2. Terapi cairan

Gejala tipes, misalnya mual, muntah, demam, dan diare, membuat anak rentan dehidrasi. Oleh karena itu, dokter akan memberikan asupan cairan melalui infus untuk mengganti cairan tubuh yang hilang.

Penanganan medis di atas juga perlu disertai dengan upaya untuk mempercepat penyembuhan tipes pada anak. Berikut beberapa upaya yang bisa dilakukan:

1. Memberikan makanan tinggi nutrisi kepada anak

Ketika tipes, nafsu makan anak akan berkurang. Oleh karena itu, penting untuk memberikan makanan dan minuman bergizi selama pemulihan agar kebutuhan nutrisi dan energinya tercukupi. Berikan anak makanan dengan tekstur lembut dan kaya gizi, misalnya sup ayam, telur matang, bubur, kentang rebus, dan buah.

2. Pastikan anak cukup istirahat

Ketika anak terkena tipes, pastikan ia beristirahat total setidaknya seminggu setelah gejala tipes lainnya membaik. Istirahat yang cukup bertujuan untuk memulihkan energi dan mempercepat proses penyembuhannya.

Tipes bisa datang kapan saja, meski gejalanya sudah hilang. Bahkan, penyakit ini bisa kambuh jika penanganannya tidak tepat. Jika anak mengalami gejala-gejala tipes di atas, segera bawa ke dokter untuk diperiksa secara lengkap dan menyeluruh, sehingga diketahui penyebabnya dan diberikan penanganan yang tepat, sehingga terhindar dari komplikasi yang serius.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout