Blog

vitamin b complex yang bagus

Fungsi dan Daftar Produk Vitamin B Kompleks yang Bagus

Vitamin B kompleks adalah kombinasi vitamin yang memiliki fungsi penting untuk tubuh. Vitamin B kompleks bisa didapatkan melalui makanan yang mengandung vitamin B kompleks dan suplemen vitamin B kompleks yang bagus. 

Suplemen vitamin B kompleks umumnya dikonsumsi jika seseorang tidak mendapatkan vitamin B kompleks yang cukup melalui makanan. Apa fungsi vitamin B kompleks dan rekomendasi produk vitamin B kompleks yang bagus? Simak penjelasan berikut.

Fungsi Vitamin B Kompleks

Vitamin B kompleks terdiri dari 8 jenis dengan manfaatnya masing-masing berikut:

1. Vitamin B1 (Thiamin)

Vitamin ini berperan dalam membantu tubuh mengubah karbohidrat menjadi energi, serta meningkatkan kesehatan otak, otot, sistem saraf, dan penting untuk pertumbuhan, perkembangan, dan fungsi sel tubuh.

2. Vitamin B2 (Riboflavin)

Riboflavin berfungsi untuk menjaga kesehatan mata, sistem saraf, dan kulit. Selain itu, juga berfungsi untuk membantu mengubah makanan menjadi energi, serta produksi dan pertumbuhan sel darah merah.

3. Vitamin B3 (Niasin)

Niasin berfungsi untuk memecah makanan yang dikonsumsi menjadi energi. Niasin bisa ditemukan dalam ikan, daging merah, sereal, dan kacang-kacangan. Asupan vitamin B3 harian yang dianjurkan sesuai dengan AKG orang Indonesia adalah 14 miligram untuk perempuan dan 16 miligram untuk laki-laki.

4. Vitamin B5 (Asam Pantotenat)

Vitamin ini dibutuhkan tubuh untuk memecahkan karbohidrat dan lemak menjadi energi, serta berperan penting dalam pembentukan hormon seks dan hormon pada kelenjar adrenal. Vitamin B5 bisa ditemukan dalam gandum, kentang, hati, brokoli, alpukat, susu, dan kembang kol. 

5. Vitamin B6 (Piridoksin)

Vitamin B6 berfungsi untuk membantu menghasilkan insulin, melawan infeksi, dan membuat asam amino non-esensial. Sumber vitamin B6 dapat ditemukan pada kacang-kacangan, pisang, kentang, dan ikan.

6. Vitamin B9 (Asam Folat)

Vitamin yang dikenal sebagai asam folat ini penting untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh, membantu produksi sel darah merah, dan membantu sel menghasilkan dan menjaga DNA. Selain itu, vitamin ini juga berperan dalam pembentukan otak dan sistem saraf bayi, sehingga penting untuk dikonsumsi ibu hamil.

7. Vitamin B12 (Cobalamin)

Vitamin B12 berperan untuk menjaga kesehatan sel saraf dan pembentukan sel darah, serta penting untuk metabolisme protein. Vitamin ini ditemukan dalam ikan, daging, hati, serta susu dan produk olahannya.

Daftar Suplemen Vitamin B Kompleks yang Bagus

Berikut beberapa rekomendasi suplemen vitamin B kompleks yang bagus:

1. Pyfahealth Vitamin B Complex + Vitamin C

    Rp47.000,00

Pyfahealth Vitamin B Complex + Vitamin C merupakan kombinasi dua vitamin penting untuk tubuh, yaitu vitamin B kompleks dan vitamin C. Multivitamin ini bermanfaat untuk membantu memelihara kesehatan tubuh.

2. Nutrimax B Complex Vitamin B Kompleks

    Rp157.500,00

Semua jenis vitamin B dalam rasio yang seimbang bisa Anda dapatkan melalui Nutrimax B Complex. Suplemen ini dapat memenuhi asupan vitamin B complex agar tubuh dapat bekerja secara sinergis untuk kesehatan yang lebih baik. 

3. Damuvit Vitamin B Kompleks dengan Vitamin C

      Rp129.800,00

Damuvit bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan vitamin B kompleks dan vitamin C harian. Multivitamin ini juga mengandung kalsium pantotenat dan asam folat yang bermanfaat untuk menjaga daya tahan tubuh.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout