Blog

Manfaat buah zuriat

Dipercaya Sebagai Terapi Kesuburan, Ini Manfaat Buah Zuriat

Meski masih terdengar asing bagi sebagian orang, namun kabarnya manfaat buah zuriat banyak dicari. Hal ini dikarenakan buah zuriat dipercaya dapat meningkatkan kesuburan, bahkan dikenal sebagai terapi kesuburan. Buah zuriat berasal dari Afrika Utara dan banyak tumbuh di Arab Saudi, Mesir, dan Yaman.

Buah zuriat memiliki rasa dan aroma yang khas, serta berbentuk seperti kelapa. Buah ini biasanya diolah dengan cara merebus daging buahnya, kemudian diminum air rebusannya. Air rebusan tersebut dipercaya bermanfaat untuk kesehatan. Sebelum mengenal manfaatnya, berikut penjelasan mengenai kandungan buah zuriat.

Kandungan Buah Zuriat

Tidak hanya dikenal sebagai terapi kesuburan, buah zuriat juga memiliki kandungan nutrisi yang menjadikannya bermanfaat untuk kesehatan. Berikut beberapa nutrisi penting dalam buah zuriat:

  1. Karbohidrat kompleks
  2. Vitamin B
  3. Serat
  4. Asam lemak esensial linoleat
  5. Mineral, seperti kalsium, kalium, magnesium, dan fosfor

Selain itu, buah zuriat juga memiliki sifat antibakteri, antidiabetes, antihipertensi, antioksidan, dan hipolipidemik, yaitu kemampuan menurunkan kadar lemak dalam darah.

Manfaat Buah Zuriat

Dengan kandungan nutrisi yang melimpah, tidak mengherankan jika buah zuriat memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari buah zuriat:

  1. Mencegah Diabetes dan Komplikasinya

Kandungan dalam buah zuriat bermanfaat untuk menstabilkan kadar gula darah, sehingga dapat mencegah diabetes. Selain itu buah zuriat juga dapat mencegah komplikasi yang disebabkan oleh diabetes, seperti nefropati diabetik, yaitu penyakit ginjal yang disebabkan oleh kontrol gula darah yang kurang baik pada diabetes tipe 1 dan 2.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah

Rutin mengonsumsi buah zuriat dapat menurunkan kadar lemak dalam darah, sehingga mencegah risiko penyakit jantung. Bagi penderita hiperlipidemia, yaitu orang yang memiliki kadar kolesterol jahat dan trigliserida tinggi, khasiat ini sangat bermanfaat. Manfaatnya yang bisa menurunkan lemak juga baik untuk penderita penyakit jantung dan pembuluh darah, seperti aterosklerosis dan penyakit jantung koroner.

  1. Menjaga Kesuburan

Meski efektivitas buah zuriat dalam meningkatkan kesuburan dan memperbesar peluang kehamilan belum terbukti, namun kandungan antioksidannya sangat bermanfaat. Penelitian menemukan bahwa kandungan antioksidan yang tinggi dalam buah zuriat dapat mencegah bahaya stres oksidatif. Stres oksidatif terjadi ketika radikal bebas di dalam tubuh menumpuk, sehingga mengakibatkan kerusakan sel. Hal ini berdampak pada penurunan tingkat kesuburan pada pria dan perempuan. Dengan mengonsumsi buah zuriat, maka dapat mempercepat regenerasi sel-sel tubuh di dalam sistem reproduksi, mengurangi stres oksidatif dalam tubuh, meningkatkan kesehatan reproduksi, sehingga memperbesar peluang kehamilan.

Cara Mengonsumsi Buah Zuriat Secara Efektif

Untuk mendapatkan manfaat buah zuriat secara efektif, Anda bisa mengonsumsi air rebusannya. Caranya, potong buah zuriat menjadi dua bagian secara hati-hati, ambil daging buahnya yang berwarna putih, potong menjadi beberapa bagian, rebus dengan 3 gelas air, kemudian minum air rebusan tersebut. Anda juga bisa merebusnya, namun jangan terlalu lama agar kandungan nutrisinya tidak hilang.

Untuk meningkatkan peluang kehamilan, Anda perlu memiliki gaya hidup sehat, seperti pola makan sehat, olahraga teratur, hindari merokok dan minuman keras. Selain itu, Anda juga disarankan untuk berhubungan seks secara rutin setidaknya 3-4 kali dalam seminggu, terutama pada saat masa subur perempuan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout