Blog

sayuran yang tidak boleh dimakan pengidap kolesterol

Daftar Sayuran yang Tidak Boleh Dimakan oleh Pengidap Kolesterol Tinggi

Pemilihan makanan yang tepat penting agar kadar kolesterol terkontrol. Ada beragam makanan yang perlu dihindari oleh pengidap kolesterol, salah satunya sayuran. Ketahui lebih lanjut mengenai sayuran yang tidak boleh dimakan oleh pengidap kolesterol tinggi.

Kolesterol sebenarnya adalah lemak yang dibutuhkan tubuh. Namun, jika kadarnya berlebihan akan berisiko penyakit, misalnya penyakit jantung atau stroke. Agar kadar kolesterol terkendali, ada beberapa makanan yang perlu dihindari, misalnya sayuran. Berikut beberapa sayuran yang tidak boleh dimakan oleh pengidap kolesterol tinggi.

Olahan Sayuran yang Perlu Dihindari oleh Pengidap Kolesterol Tinggi

Kandungan kolesterol sebenarnya hanya ada di produk hewani, misalnya daging dan telur. Sedangkan, kandungan kolesterol tidak ditemukan di protein nabati, misalnya sayuran dan buah-buahan. Oleh karena itu, sayuran sebenarnya baik untuk dikonsumsi oleh pengidap kolesterol. Namun, proses pengolahan sayuran yang tidak sehat memicu kenaikan kadar kolesterol dalam darah. Berikut daftar sayuran yang tidak boleh dimakan oleh pengidap kolesterol tinggi:

1. Sayuran yang digoreng

Sayuran yang diolah dengan cara digoreng adalah pemicu kadar kolesterol tinggi, sehingga perlu dihindari oleh pengidap kolesterol. Beberapa sayuran yang digoreng, misalnya kol goreng, buncis goreng, kubis goreng, hingga keripik yang terbuat dari sayuran. Meski rasanya lezat dan tinggi nutrisi karena berbahan dasar sayuran, namun proses pengolahan yang tidak sehat dan tambahan tepung, membuat sayuran tinggi kolesterol dan lemak jenuh yang berisiko meningkatkan kadar kolesterol. Oleh karena itu, pilih cara mengolah sayuran yang aman dan sehat untuk pengidap kolesterol, misalnya dikukus, direbus, atau dipanggang.

2. Sayuran tinggi gula

Gula umumnya ditambahkan ke sayuran untuk meningkatkan rasa. Namun, menambahkan terlalu banyak gula ke sayuran berisiko meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Dikutip dari WebMD, gula tinggi kalori yang tidak hanya memicu diabetes dan kenaikan berat badan, namun juga meningkatkan kadar kolesterol. Asupan gula berlebihan berisiko meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) yang jika menumpuk akan menyumbat aliran darah. Oleh karena itu, agar kadar kolesterol terkendali, pastikan untuk menghindari makanan ini.

Makanan Pantangan untuk Pengidap Kolesterol Lainnya

Selain olahan sayuran di atas, ada beberapa makanan tertentu yang perlu dibatasi oleh pengidap kolesterol, yaitu:

  • Makanan tinggi garam. Jenis makanan ini berisiko meningkatkan kadar kolesterol, misalnya makanan kemasan, makanan ringan, dan daging atau ayam olahan.
  • Makanan tinggi lemak jenuh. Lemak jenuh berisiko meningkatkan kolesterol jahat (LDL), sehingga meningkatkan risiko penyakit jantung, serangan jantung, dan gagal jantung. Beberapa makanan tinggi lemak jenuh, misalnya ayam, daging merah, dan produk olahan susu, seperti mentega, keju, dan es krim.
  • Makanan cepat saji. Makanan ini tinggi kolesterol, lemak jenuh, dan lemak trans yang meningkatkan risiko penyakit jantung, sehingga perlu dibatasi asupannya, terutama untuk pengidap kolesterol tinggi. Beberapa makanan cepat saji, misalnya hamburger, pizza, sosis, kentang goreng, minuman bersoda, dan nugget.
  • Makanan tinggi gula. Jenis makanan ini memicu serangan jantung, diabetes, dan berat badan berlebih atau obesitas. Beberapa makanan tinggi gula, misalnya permen, kue, minuman bersoda, es teh manis, susu cokelat, dan es kopi susu.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout