Daftar Obat Asam Urat Alami

Daftar Obat Asam Urat Alami

Daftar Obat Asam Urat Alami

ditinjau oleh dr. Carlinda Nekawaty

Asam urat atau gout arthritis adalah radang sendi yang disebabkan oleh penumpukan kristal asam urat akibat kadar asam urat yang tinggi di tubuh. Jika tidak ditangani dengan tepat, asam urat bisa menimbulkan komplikasi berupa diabetes dan penyakit jantung. Ada beragam cara mengatasi asam urat, salah satunya obat asam urat alami.

Kadar asam urat perlu dikontrol dengan baik untuk mencegah kekambuhan gejala. Selain obat-obatan secara medis, obat asam urat alami bisa menjadi cara untuk membantu mengurangi kadar asam urat yang tinggi. Berikut rekomendasinya.

Rekomendasi Obat Asam Urat Alami

Obat asam urat alami banyak dipilih, karena dipercaya berisiko rendah dan dapat menjadi pendukung terapi Namun, penting untuk mengetahui efektivitas atau interaksi dengan obat medis yang mungkin muncul akibat penggunaan obat asam urat alami. Oleh karena itu, penting untuk berkonsultasi ke dokter sebelum mengonsumsi obat asam urat alami apa pun. Berikut beberapa obat asam urat alami yang direkomendasikan untuk membantu mengatasi asam urat:

1. Jahe

Zat aktif yang terkandung dalam jahe, misalnya gingerol, zingeron, dan gingerdione, bersifat antiinflamasi, yang berfungsi untuk membantu mengurangi nyeri dan peradangan akibat asam urat. Selain dikonsumsi sebagai teh jahe,  jahe bisa diolah menjadi pasta untuk diaplikasikan sebagai kompres atau obat oles pada area sendi yang nyeri.

2. Kunyit

Kandungan curcumin dalam kunyit memiliki sifat antiradang yang dapat mengurangi peradangan. Dikutip dari penelitian yang dipublikasikan oleh jurnal Arthritis Research & Therapy menemukan bahwa curcumin dapat menghambat produksi protein NF-kappa B, yaitu zat yang menghasilkan peradangan di tubuh. Dengan begitu, peradangan akibat penumpukan kristal asam urat bisa dikurangi. Namun, pada sebagian orang, penggunaan kunyit bisa menimbulkan efek samping. Oleh karena itu, konsultasikan ke dokter untuk mengetahui efektivitas kunyit sebagai obat asam urat alami sesuai kondisi Anda.

3. Cuka apel

Penelitian yang dilakukan di Jepang pada 2010 menemukan bahwa konsumsi cuka apel dapat membantu proses pembuangan asam urat dari tubuh. Dengan begitu, cuka apel bisa membantu mencegah penumpukan kristal asam urat yang menyebabkan penyakit asam urat. Untuk mendapatkan manfaatnya, konsumsi cuka apel sebanyak tiga kali sehari. Untuk menetralisir keasaman cuka apel, campurkan dengan madu, yang juga bersifat antiinflamasi.

Namun, perlu diingat, tingkat keasaman cuka apel yang tinggi dapat mengikis jaringan kerongkongan dan enamel gigi. Selain itu, cuka apel mungkin menimbulkan interaksi obat, misalnya obat diabetes. Oleh karena itu, konsultasikan ke dokter untuk mengetahui efektivitas dan keamanan cuka apel sesuai kondisi Anda.

4. Biji seledri

Obat asam urat alami berikutnya adalah biji seledri. Dikutip dari penelitian yang dipublikasikan oleh Molecular Medicine Reports, ekstrak biji seledri bersifat antiinflamasi dan antioksidan, sehingga dapat membantu mengurangi pembengkakan di sendi akibat peradangan yang disebabkan oleh asam urat. Selain itu, kandungan senyawa dalam biji seledri, seperti luteolin dan 3-n-butylphthalide (3nB) dapat mengurangi peradangan dan mengontrol produksi asam urat. Namun, hingga saat ini, penelitian terkait biji seledri sebagai obat asam urat alami masih terbatas pada hewan. Diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat biji seledri sebagai obat asam urat alami pada manusia.

5. Tanaman jelatang

Tanaman jelatang dikenal sebagai obat herbal yang dapat membantu mengatasi beragam penyakit, termasuk asam urat. Dikutip dari Arthritis Foundation, penelitian di Jerman menemukan bahwa kandungan zat antiradang yang disebut hox alpha dalam ekstrak jelatang, berfungsi untuk menghambat produksi sitokin yang memicu peradangan di sendi. Selain itu, kandungan kalsium, kalium, dan magnesium dalam jelatang, dapat membantu mengatasi asam urat secara alami.

Untuk mendapatkan manfaatnya, konsumsi ekstrak tanaman jelatang dalam bentuk teh, tablet, atau daun utuh. Konsumsi teh jelatang setidaknya satu cangkir sebanyak tiga kali sehari atau sebanyak 1.300 mg setiap hari dalam bentuk kapsul atau tablet. Selain itu, Anda bisa mengaplikasikan daun jelatang ke area sendi yang nyeri untuk membantu mengurangi peradangan.

6. Kembang sepatu

Kembang sepatu atau hibiscus adalah obat herbal yang dipercaya dapat membantu mengurangi kadar asam urat secara alami. Penelitian yang dipublikasikan di Journal of Functional Food menemukan bahwa pemberian ekstrak kembang sepatu pada tikus yang memiliki asam urat berkurang secara signifikan. Untuk mendapatkan manfaatnya, konsumsi ekstrak kembang sepatu dalam bentuk teh atau suplemen. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas kembang sepatu dalam mengatasi asam urat, terutama pada manusia.

7. Brotowali

Dikutip dari penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of Pharmacognosy and Phytochemistry, ekstrak jus batang brotowali dapat membantu mengurangi kadar asam urat yang tinggi di dalam darah. Ekstrak brotowali bekerja dengan cara menetralisir produksi asam urat di tubuh. Selain itu, penelitian yang diterbitkan di Journal Clinical and Evaluation Research menemukan bahwa brotowali dapat digunakan untuk membantu mengurangi nyeri akibat serangan asam urat setelah diuji pada tikus. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas brotowali sebagai obat asam urat alami pada manusia.

8. Meniran hijau

Meniran hijau atau lab grade Chanca Piedra juga bisa dimanfaatkan sebagai obat asam urat alami. Meniran bekerja dengan cara menekan produksi asam urat di tubuh, serta mengurangi penumpukan kristal asam urat di darah, sehingga membantu mengurangi risiko serangan asam urat.

Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat meniran hijau sebagi obat asam urat alami. Oleh karena itu, sebelum menggunakan meniran hijau untuk membantu mengurangi gejala asam urat, konsultasikan ke dokter untuk mengetahui efektivitas dan keamanannya sesuai kondisi Anda. 

9. Bunga dandelion

Ekstrak atau teh bunga dandelion juga bisa menjadi pilihan obat asam urat alami yang bisa dipertimbangkan. Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Reina Failure menemukan bahwa bunga dandelion dapat membantu mengurangi kadar asam urat yang tinggi di dalam darah, terutama pada orang dengan faktor risiko penyakit ginjal. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat bunga dandelion dalam mengatasi asam urat secara alami.

Itulah beragam obat asam urat alami yang bisa dicoba. Namun, konsultasikan ke dokter sebelum menggunakan obat alami apa pun, untuk mencegah efek samping yang berbahaya untuk kesehatan. 

Perlu diingat, obat asam urat alami tidak bisa menggantikan peran obat medis yang diresepkan oleh dokter. Penggunaan obat alami hanya bersifat terapi tambahan yang bertujuan untuk membantu mengontrol kadar asam urat yang tinggi dan membantu mengurangi risiko kekambuhan gejala.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout