Blog

buah yang cepat menurunkan darah tinggi

Daftar Buah yang Cepat Menurunkan Darah Tinggi: Semangka Hingga Kiwi

Tekanan darah tinggi adalah penyakit yang tidak boleh diabaikan. Jika tidak ditangani dengan tepat, penyakit ini berisiko komplikasi yang serius, misalnya penyakit jantung, stroke, dan penyakit ginjal. Untuk menjaga kadar gula darah normal, penting untuk mengonsumsi makanan yang tepat, salah satunya buah yang cepat menurunkan darah tinggi.

Mengonsumsi buah-buahan yang tinggi nutrisi penting untuk meningkatkan kesehatan. Namun, buah-buahan tertentu lebih efektif mencegah tekanan darah tinggi dan menjaga tekanan darah normal. Berikut beragam buah yang cepat untuk menurunkan darah tinggi.

Rekomendasi Buah yang Cepat Menurunkan Darah Tinggi

Buah-buahan yang cepat menurunkan darah tinggi bisa dikonsumsi untuk mengurangi risiko hipertensi. Namun, perlu diingat, buah-buahan tersebut tidak menggantikan fungsi obat untuk tekanan darah tinggi dan hanya berfungsi untuk mendukung kesehatan dan menurunkan risiko tekanan darah tinggi. Berikut rekomendasi buah-buahan yang perlu dikonsumsi oleh pengidap darah tinggi:

1. Semangka

Kandungan L-citrulline pada semangka berfungsi untuk memperlebar pembuluh darah, sehingga efektif menurunkan tekanan darah. Semangka juga tinggi nutrisi yang mendukung kesehatan tubuh, misalnya vitamin A, vitamin C, magnesium, dan kalium. 

2. Pisang

Buah yang cepat menurunkan darah tinggi berikutnya adalah pisang. Kandungan kalium pada pisang bermanfaat untuk menyeimbangkan kadar natrium di tubuh, sehingga ampuh menurunkan tekanan darah. Untuk mendapatkan manfaatnya, konsumsi pisang secara utuh, dicampurkan ke sereal, atau dipanggang.

3. Anggur

Anggur juga bisa dikonsumsi untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Kandungan antioksidan yang disebut polifenol di anggur berfungsi untuk mengontrol tekanan darah dan menangkal radikal bebas di tubuh. Anggur juga rendah kalori dan tinggi serat, sehingga efektif mengurangi risiko sindrom metabolik, termasuk tekanan darah tinggi.

4. Delima

Penelitian membuktikan bahwa mengonsumsi jus delima secara rutin selama satu bulan ampuh menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik. Para peneliti menduga bahwa kandungan polifenol dan kalium di delima berkontribusi untuk mencegah tekanan darah tinggi.

5. Buah bit

Buah bit juga efektif mencegah tekanan darah tinggi. Kandungan nitrat pada buah bit berkontribusi dalam menurunkan tekanan darah. Hal ini juga dibuktikan melalui penelitian yang menemukan bahwa mengonsumsi buah bit ampuh menurunkan tekanan darah sistolik. 

6. Kiwi

Kiwi adalah buah yang cepat menurunkan darah tinggi lainnya. Kandungan nutrisi pada kiwi, misalnya folat, vitamin C, dan vitamin E, ampuh menurunkan tekanan darah. Penelitian juga menemukan bahwa pengidap tekanan darah tinggi yang mengonsumsi kiwi secara rutin berhasil menurunkan tekanan darah dengan cepat dan menjaganya tetap normal.

Itulah beragam buah yang cepat menurunkan darah tinggi. Selain itu, imbangi dengan menerapkan pola hidup sehat, misalnya rutin berolahraga, membatasi asupan garam, membatasi kafein dan alkohol, tidur yang cukup, tidak merokok, mengonsumsi obat dengan teratur, dan mengelola stres dengan tepat.

Jika cara-cara di atas tidak efektif menurunkan darah tinggi, konsultasikan ke dokter untuk diperiksa lebih lanjut, didiagnosis penyebabnya, dan diberikan penanganan yang sesuai dengan kondisi Anda. Pastikan juga Anda melakukan pemeriksaan tekanan darah secara rutin ke dokter untuk mencegah komplikasi.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout