Blog

8 Contoh Sayuran Akar yang Menyehatkan Tubuh

Contoh Sayuran Akar – Apakah kamu pernah mendengar sayuran akar? Tanaman ubi, kentang, atau wortel merupakan beberapa contoh dari sayuran akar. Dari sana, kita bisa tahu bahwa beberapa jenis sayuran yang kita konsumsi merupakan bagian dari sayuran akar.

Apa Itu Sayuran Akar?

Sayuran akar merupakan salah satu jenis sayuran yang sumber atau cadangan makanannya berasal dari akar. Contohnya seperti ubi, kentang, wortel, dan masih banyak lagi. Pada sayuran akar tersebut, banyak terkandung serat, mineral, hingga vitamin yang tentunya bermanfaat untuk tubuh.

Bahkan, untuk berbagai jenis umbi-umbian memiliki kandungan tambahan seperti antioksidan. Hal tersebut bisa melindungi tubuh agar terhindar dari paparan zat radikal bebas. Selain itu, mengonsumsi umbi-umbian juga dapat melindungi tubuh dari jenis stres bersifat oksidatif.

Contoh Sayuran Akar yang Menyehatkan Tubuh

Beberapa contoh jenis sayuran akar yang dapat menyehatkan tubuh adalah sebagai berikut.

1. Ubi

Jenis sayuran akar pertama adalah ubi. Sayuran yang satu ini sangat kaya dengan serat, vitamin C, A, dan juga mangan. Ditambah lagi, pada ubi juga memiliki sumber antioksidan. Contohnya seperti beta karoten, asam klorogenik, dan juga anthocyanin. Dengan mengonsumsi 4 gram ekstrak ubi selama 3 bulan, maka bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh serta melindungi mata dari banyak gangguan.

2. Kentang

Kentang juga sudah disebutkan sebelumnya sebagai salah satu sayuran akar. Kentang sendiri dapat diolah menjadi makanan apapun seperti perkedel, sop, goreng, hingga dapat digunakan menjadi bahan kue. Di dalam kentang juga memiliki banyak manfaat pada tubuh seperti serat.

Untuk dapat memenuhi kebutuhan vitamin, kentang juga terdapat banyak vitamin seperti Vitamin C, B6, potasium, dan juga mangan. Sekilas, kentang memiliki kandungan yang tidak jauh berbeda dengan ubi.

3. Wortel

Kita mungkin sudah tahu bahwa wortel merupakan makanan yang memiliki sumber vitamin A. Ternyata, di dalam wortel juga terdapat berbagai jenis nutrisi lainnya seperti vitamin K hingga antioksidan. Untuk jenis antioksidan beta karoten pada wortel, yaitu dapat menurunkan kadar kolesterol dengan baik. Bahkan, beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa asupan karoten juga dapat menurunkan terjadinya kanker payudara dan juga prostat.

4. Jahe

Jenis rempah-rempah yang satu ini juga sangat kaya dengan antioksidan, yakni gingerol. Dengan mengonsumsi jahe, maka dapat mengurangi rasa mual dan juga peradangan. Dari beberapa penelitian pun menunjukkan bahwa jahe dapat meredakan kram perut ketika haid.

5. Lobak

Makanan yang selalu ada dalam soto ini merupakan sayuran akar yang banyak manfaatnya. Di dalam lobak terkandung vitamin C dan juga kandungan agar terlindungi dari jamur. Pada beberapa studi juga menunjukkan bahwa lobak dapat melindungi lambung dari masalah seperti tukak lambung.

6. Bawang putih

Bawang putih termasuk ke dalam genus Allium. Di dalam bawang putih terkandung banyak nutrisi seperti mangan, vitamin B6 dan C. Pada bawang putih juga terdapat alicin sehingga dapat membantu menyehatkan jantung. Caranya sendiri adalah dengan menurunkan tekanan darah dan juga kolesterol.

7. Kunyit

Salah satu rempah-rempah ini juga termasuk sayuran akar yang menyehatkan. Kunyit juga memiliki kandungan antioksidan sehingga kamu tidak akan mudah sakit. Jenis sayuran akar ini sering digunakan pada jamu maupun masakan. Bahkan, di negara India menjadikan kunyit sebagai bumbu utama dalam beragam makanan.

8. Bawang merah

Terakhir adalah saudaranya bawang putih, yakni bawang merah. Bisa dikatakan, hampir semua makanan memakai bawang merah sebagai bumbu utama. Di dalam bawang merah terdapat probiotik yang baik pada saluran pencernaan. Di dalam bawang merah juga memiliki antioksidan agar terhindar dari zat radikal bebas.

Demikianlah delapan contoh sayuran akar yang menyehatkan tubuh. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout