Blog

Ciri-Ciri Usus Buntu dan Cara Mengobatinya. Simak artikel tentang ciri ciri usus buntu di sini

Ciri-Ciri Usus Buntu dan Cara Mengobatinya

Usus buntu atau apendisitis adalah kondisi peradangan pada usus buntu. Usus buntu adalah organ berbentuk kantong yang tersambung ke usus besar dari sisi kanan bawah perut. Ketahui ciri-ciri usus buntu dan cara mengobati yang tepat. 

Usus buntu bisa menyerang siapa saja, namun paling sering terjadi pada orang berusia antara 10 hingga 30 tahun. Jika tidak ditangani dengan tepat, usus buntu bisa menyebabkan usus buntu pecah. Apa ciri-ciri usus buntu dan cara mengobatinya? Berikut penjelasannya.

Ciri-Ciri Usus Buntu

Ciri-ciri usus buntu pada masing-masing orang bisa berbeda-beda, tergantung usia, lokasi, dan posisi usus buntu. Meski demikian, ciri-ciri usus buntu biasanya ditandai dengan kram ringan di perut bagian atas atau daerah pusar dan kemudian pindah ke bagian kanan bawah perut.

Ciri-ciri usus buntu berbeda dengan sakit perut biasa, karena bisa terjadi tiba-tiba dan memburuk saat bergerak atau batuk. Usus buntu juga bisa semakin parah dalam beberapa jam, hingga membuat penderitanya tidur nyenyak. Selain itu, berikut ciri-ciri usus buntu lainnya yang perlu Anda ketahui:

  • Mual.
  • Muntah. 
  • Gangguan pencernaan.
  • Kehilangan selera makan.
  • Demam ringan.
  • Pembengkakan perut.

Pada kasus yang jarang terjadi, penderita usus buntu juga bisa mengalami beberapa masalah usus, seperti konstipasi, diare, serta tidak bisa kentut. Jika Anda mengalami konstipasi dan menduganya sebagai radang usus buntu, hindari mengonsumsi obat pencahar atau enema. Hal ini dikarenakan pengobatan tersebut dapat menyebabkan usus buntu pecah.

Cara Mengobati Usus Buntu

Usus buntu perlu segera ditangani dengan cara yang tepat agar tidak menimbulkan komplikasi. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi usus buntu:

1. Minum antibiotik

Jika usus buntu tergolong ringan, Anda bisa mengobatinya tanpa operasi. Pengobatan bisa dilakukan dengan menggunakan antibiotik untuk usus buntu dan obat-obatan lain untuk meredakan gejala. Obat yang bisa diberikan, antara lain amoksisilin yang dikombinasikan dengan asam klavulanat beserta sefotaksim atau fluoroquinolon. Selain itu, dokter juga akan memberikan obat seperti metronidazole atau tinidazole. 

Biasanya obat diberikan melalui infus terlebih dahulu, kemudian dilanjutkan dengan obat-obatan. Durasi pengobatan umumnya dilakukan dalam rentang waktu sekitar 8-15 hari. Bahkan, efektivitas antibiotik untuk mengobati usus buntu telah dibuktikan pada beberapa penelitian. Salah satunya, penelitian yang dipublikasikan oleh Journal of American Medical Association. Sebanyak 99,6 persen dari total 530 peserta yang mengidap radang usus buntu akut melaporkan rasa sakit yang berkurang setelah 10 hari diberi antibiotik.

2. Perawatan di rumah untuk mempercepat pemulihan

Agar pengobatan usus buntu semakin efektif, diperlukan perawatan yang tepat di rumah. Jika tidak, maka luka bekas operasi bisa menimbulkan komplikasi pasca operasi usus buntu, salah satunya perdarahan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan selama masa pemulihan tubuh dari usus buntu, antara lain:

  • Beristirahat yang cukup untuk meningkatkan sistem imun dalam menyembuhkan infeksi maupun mencegah terjadinya infeksi.
  • Menghindari aktivitas berat atau membuat Anda banyak bergerak, seperti olahraga setelah operasi usus buntu. Anda baru bisa melakukan aktivitas ini setelah 2 hingga 6 minggu setelah operasi.
  • Mengikuti pola makan yang diterapkan oleh dokter atau ahli gizi agar tidak memperberat kinerja usus.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout