Blog

“Chiki Ngebul” dan Bahaya Nitrogen Cair untuk Kesehatan

“Chiki Ngebul” dan Bahaya Nitrogen Cair untuk Kesehatan

ditinjau oleh dr. Carlinda Nekawaty

Baru-baru ini, masyarakat Indonesia dikejutkan dengan kasus “chiki ngebul” atau nitrogen cair. Penggunaan nitrogen cair pada jajanan tersebut memicu keracunan pada puluhan anak di Tasikmalaya dan Bekasi. Apa bahaya nitrogen cair untuk kesehatan?

“Chiki ngebul” adalah jajanan yang saat ini populer di kalangan anak-anak. Jajanan ini menghasilkan efek berasap atau ngebul dengan menggunakan nitrogen cair. Namun, dengan munculnya kasus keracunan “chiki ngebul” beberapa waktu lalu, Anda perlu mewaspadai bahaya nitrogen cair untuk kesehatan berikut.

Kenali Bahaya Nitrogen Cair untuk Kesehatan

Penggunaan nitrogen cair pada jajanan kekinian, seperti “chiki ngebul, bertujuan untuk menciptakan sensasi asap yang seru. Namun, jika ada sisa cairan atau tidak berevaporasi dengan optimal, senyawa ini berisiko menimbulkan efek negatif untuk kesehatan.

Kasus keracunan nitrogen cair ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia, namun juga beberapa negara, termasuk Amerika Serikat. Food and Drug Administration (FDA) melarang penjualan dan konsumsi produk makanan yang menggunakan nitrogen cair. Menurut FDA, meski tidak beracun, senyawa ini dapat merusak kulit dan organ dalam jika tidak diolah dengan tepat atau tertelan secara tidak sengaja. Penggunaan nitrogen cair juga dapat memicu kesulitan bernapas, sehingga dapat mengancam penderita asma.

Amankah Nitrogen Cair Dikonsumsi?

Nuri Andarwulan, pakar teknologi pangan dari Institut Pertanian Bogor (IPB), menegaskan penggunaan nitrogen cair tidak diperbolehkan sebagai bahan tambahan pangan. Penggunaan nitrogen cair pada jajanan “chiki ngebul” sangat berbahaya untuk kesehatan, terutama jika tertelan atau dimakan. Meski terkesan seru dan menyenangkan, karena bisa mengeluarkan asap dari hidung atau napas naga, namun, “chiki ngebul” berisiko menghirup nitrogen cair yang membahayakan nyawa.

Meski hanya sedikit menghirup atau menelan, nitrogen cair memicu kebocoran organ, terutama saluran pencernaan atas seperti lambung. Lambung bocor karena menelan nitrogen cair dipicu oleh penekanan yang sangat tinggi di organ dalam dan berubah menjadi uap. Tekanan yang tinggi juga memicu kerusakan sel-sel jaringan hidup dan pecahnya lambung di perut, sehingga memerlukan pembedahan. Bahaya nitrogen cair lainnya adalah luka bakar dingin dan radang dingin di kulit. Selain itu, menghirup asap nitrogen cair, dapat menyebabkan pusing dan mual. 

Penggunaan Nitrogen Cair pada Minuman Beralkohol

Penggunaan nitrogen cair tidak hanya pada makanan atau jajanan saja. Senyawa ini juga dipakai pada koktail dan minuman beralkohol untuk menghasilkan efek asap dan menggelembung yang unik. Minuman dengan nitrogen cair cukup populer dan mudah didapatkan di bar. Meski demikian, penggunaan nitrogen cair pada koktail dan minuman beralkohol dinilai kontroversial, karena titik didihnya mencapai -196 derajat Celsius, yaitu suhu yang berisiko membahayakan nyawa.

Itulah informasi seputar “chiki ngebul”, nitrogen cair, dan bahayanya untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Jika Anda mengalami keluhan, terutama pada lambung atau saluran pencernaan, sebaiknya periksa ke dokter untuk diketahui penyebabnya dan diberikan penanganan medis yang sesuai kondisi Anda.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout