Blog

Anda juga bisa mempercepat penyembuhan sariawan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan di rumah berikut:

Cara Menyembuhkan Sariawan Secara Alami

Sariawan sering membuat penderitanya tidak nyaman ketika makan dan minum. Untuk mengurangi nyeri pada sariawan, ada beberapa cara menyembuhkan sariawan secara alami yang bisa Anda lakukan.

Hingga saat ini, penyebab sariawan tidak diketahui secara pasti. Namun, beberapa kondisi bisa memicunya, seperti daya tahan tubuh yang lemah, infeksi virus atau jamur, dan stres. Berikut beberapa cara menyembuhkan sariawan secara alami yang bisa Anda coba.

Selain memeriksakan diri ke dokter atau menggunakan obat-obatan yang dibeli di apotek, Anda juga bisa mempercepat penyembuhan sariawan dengan menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan di rumah berikut:

1. Berkumur dengan larutan garam

Menggunakan larutan garam sebagai obat kumur efektif untuk meredakan nyeri dan peradangan, serta mempercepat penyembuhan jaringan bibir, mulut, dan gusi yang mengalami sariawan. Caranya, siapkan 1 sendok teh garam dan setengah cangkir air hangat, campurkan kedunya, gunakan sebagai obat kumur selama 15-30 menit.

2. Teh chamomile

Cara menyembuhkan sariawan berikutnya adalah menggunakan teh chamomile. Kandungan senyawa dalam teh chamomile, yaitu levomenol dan azulene, berperan sebagai antiseptik dan antiradang yang efektif meredakan nyeri dan mempercepat penyembuhan sariawan.

Caranya, seduh teh chamomile dalam air hangat, lalu kompres bagian yang mengalami sariawan dengan menggunakan kantong teh tersebut selama 5 menit. Agar hasilnya optimal, lakukan cara ini 3-4 kali sehari. 

3. Madu

Madu juga bisa digunakan sebagai obat sariawan alami, karena memiliki sifat antibakteri dan antiradang. Gunakan madu murni agar penyembuhan sariawan semakin optimal. Untuk mendapatkan manfaat madu, aplikasikan madu ke luka sariawan 3-4 kali sehari hingga sariawan benar-benar sembuh.

4. Sayuran dan buah-buahan

Untuk mempercepat proses penyembuhan sariawan, Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin B, vitamin C, zat besi, folat, dan zinc. Jenis makanan yang mengandung berbagai nutrisi tersebut adalah sayuran dan buah-buahan.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi suplemen untuk mempercepat penyembuhan sariawan. Pastikan juga Anda mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan banyak minum air putih, setidaknya 8 gelas setiap hari. Hal ini dikarenakan sariawan biasanya juga disertai dengan mulut kering dan risiko dehidrasi. 

Selain penggunaan bahan-bahan alami di atas, Anda juga bisa mengaplikasikan magnesium hidroksida cair pada area munculnya sariawan. Jenis antasida ini umumnya bisa ditemukan pada obat maag cair. 

Cara Mencegah Sariawan

Untuk mencegah munculnya sariawan, Anda perlu melakukan beberapa hal berikut: 

  • Pastikan menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dan mulut dengan cara menyikat gigi minimal 2 kali sehari dengan menggunakan sikat gigi berbulu halus.
  • Selalu bersihkan sela-sela gigi dengan menggunakan benang gigi.
  • Mengonsumsi makanan bergizi.
  • Kurangi mengonsumsi makanan yang bisa merusak gigi dan mulut, seperti makanan panas, pedas, atau asam.

Jika beragam cara menyembuhkan sariawan di atas sudah dilakukan, namun sariawan tidak kunjung sembuh atau semakin parah, sebaiknya segera periksa ke dokter untuk diketahui penyebabnya dan mendapatkan penanganan yang tepat. 

Anda juga perlu periksa ke dokter jika sariawan muncul secara berulang dan terasa sangat nyeri, serta berlangsung selama 2 minggu atau lebih.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout