Blog

cara mengobati sakit gigi

Cara Mengobati Sakit Gigi Secara Alami Tanpa Obat

Rasa nyeri yang ditimbulkan dari sakit gigi memang bisa sangat mengganggu kenyamanan dalam beraktivitas sehari-hari. Untuk mengatasinya, tidak melulu harus menggunakan obat-obatan, karena ada juga cara mengobati sakit gigi secara alami.

Ada beberapa hal yang menyebabkan sakit gigi dan rasa sakit yang ditimbulkan tidak hanya pada bagian gigi, tapi juga bisa terasa hingga ke gusi dan mulut. Ada beberapa cara alami untuk mengobati sakit gigi, mulai dari rempah-rempah hingga bumbu masakan. Berikut beberapa di antaranya:

1. Berkumur dengan air garam


Cara pertama mengatasi sakit gigi dengan mudah adalah berkumur dengan menggunakan air garam. Caranya, cukup campurkan satu gelas air dengan setengah sendok teh garam, kemudian gunakan untuk berkumur selama kurang lebih 30 detik, lalu buang. Air garam berfungsi sebagai desinfektan alami dan dapat meredakan peradangan pada gigi dan gusi yang nyeri.

2. Minyak cengkeh

Beberapa penelitian menemukan manfaat cengkeh untuk meredakan sakit gigi. Hal ini dikarenakan adanya kandungan eugenol yang berperan sebagai antibakteri, antiradang, dan pereda nyeri, sehingga berkhasiat untuk mengobati sakit gigi. Caranya, campurkan setetes minyak cengkeh dengan satu sendok minyak zaitun, lalu aplikasikan ke bagian gigi yang sakit dengan menggunakan bola kapas (cotton ball), kemudian gigit agar tetap menempel di gigi yang sakit. Anda bisa membeli minyak cengkeh di toko makanan sehat atau apotek.

3. Kompres dengan menggunakan es

Sambil menunggu efek obat sakit gigi yang mulai bekerja menghilangkan rasa sakit gigi, Anda juga bisa melakukan kompres dengan menggunakan es untuk membantu mengurangi pembengkakan pada gusi dan gigi yang bengkak. Caranya, lapisi batu es dengan handuk atau kain, kemudian tempelkan ke bagian pipi Anda yang dekat dengan gigi yang sakit selama 20 menit, dan ulangi setiap beberapa jam.

4. Kunyah bawang putih

Cara mengobati sakit gigi berikutnya adalah dengan menggunakan bawang putih. Hal ini dikarenakan bawang putih memiliki efek antibakteri yang dapat membantu melawan kuman di gigi dan mulut, serta mengurangi peradangan yang menyebabkan sakit gigi. Caranya, sediakan satu siung bawang putih, kemudian kupas terlebih dahulu, lalu potong atau belah dua. Setelah itu, tempatkan di bagian gigi yang sakit atau kunyah bawang putih tersebut.

Selain beberapa bahan alami di atas, cara mengobati sakit gigi lainnya, antara lain dengan meletakkan kantung teh celup hangat ke bagian gigi yang sakit, minyak kelapa, teh hijau, minyak atau teh oregano, kayu manis, daun jambu biji, daun ubi jalar, kulit mangga, dan daun bunga matahari. Meski demikian, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan efektivitas bahan-bahan alami tersebut untuk mengobati sakit gigi.

Selain mengobati, Anda juga bisa mencegah terjadinya sakit gigi dengan membersihkan gigi secara rutin agar tidak ada bakteri yang menumpuk dan membuat gigi bertambah sakit, serta menggunakan benang gigi (dental floss) untuk membersihkan makanan yang tersisa di sela gigi.

Dengan melakukan cara mengobati sakit gigi secara alami di atas, maka dapat mengurangi ketidaknyamanan Anda dalam beraktivitas. Sebelum mengonsumsi bahan-bahan alami atau obat apapun, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu. Jika sakit gigi tidak kunjung hilang, bahkan bertambah parah, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter gigi.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout