Blog

cara mengobati mata merah

Cara Mengobati Mata Merah yang Aman dan Mudah

Meski terlihat tidak berbahaya, namun gejala mata merah sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Gejala sakit merah biasanya ditandai dengan mata merah, berair, kering dan disebabkan oleh iritasi, infeksi, atau alergi. Ada beberapa cara mengobati mata merah yang bisa Anda coba.

Jika gejala sakit mata merah Anda disebabkan oleh iritasi, alergi, atau infeksi virus, biasanya bisa membaik dengan sendirinya. Namun, agar tidak mengganggu kenyamanan dalam beraktivitas, ada beberapa cara mengobati mata merah secara alami yang bisa dilakukan di rumah. Berikut beberapa di antaranya:

1. Kompres kantung teh

Cara mengobati mata merah yang pertama adalah mengompres mata dengan kantung teh. Hal ini dikarenakan kandungan antioksidan dalam teh, seperti teh hitam, teh hijau, atau chamomile, dipercaya dapat mengurangi gangguan pada mata, seperti mata bengkak, kering, dan mata merah. Caranya, dinginkan kantung teh basah di dalam kulkas selama beberapa menit. Setelah dingin, kompres kantung teh tersebut pada mata yang sakit selama kurang lebih 20-30 menit. Untuk hasil yang optimal, lakukan 2-3 kali sehari.

2. Tetes air garam steril atau larutan saline

Menggunakan air garam atau larutan saline juga bisa menjadi solusi mengobati mata merah. Hal ini dikarenakan sifat antibakteri di dalam garam berfungsi untuk melawan kuman penyebab infeksi yang masuk ke dalam mata. Selain itu, air garam juga dapat digunakan untuk membersihkan mata, sedangkan larutan saline biasanya dijual secara bebas atau tersedia di apotek. Untuk menggunakan larutan saline, Anda bisa meneteskan beberapa tetes larutan saline pada mata yang sakit selama 3-4 kali sehari. Setelah itu, bersihkan mata dengan tisu dan hindari menggosok mata dengan tangan.

3. Kompres hangat

Kompres hangat adalah cara mengobati mata merah berikutnya. Cara ini dapat mengatasi iritasi mata, mata merah, dan mata kering. Selain itu, kompres hangat juga bisa merelaksasi otot mata dan meredakan nyeri pada mata. Caranya, rendam kain bersih yang lembut pada air hangat, kemudian angkat kain tersebut dan peras airnya. Setelah itu, kompres mata yang sakit dengan kain hangat selama 15-30 menit. Agar hasilnya optimal, lakukan cara ini sebanyak 2-3 kali sehari.

4. Kompres dingin

Hampir menyerupai kompres hangat, kompres dingin juga bisa dilakukan sebagai cara mengobati mata merah secara alami. Namun, bedanya, kompres dingin dapat digunakan untuk mengurangi pembengkakan dan memar pada mata. Caranya juga hampir sama dengan kompres hangat. Namun, bedanya, kompres dingin dilakukan dengan cara merendam kain di air dingin atau dimasukkan ke lemari pendingin selama beberapa menit sebelum digunakan. Setelah itu, letakkan kain tersebut pada mata atau kelopak mata yang membengkak selama 10-15 menit.

Jika beberapa cara di atas telah dilakukan dan mata merah belum juga membaik, Anda bisa menggunakan obat tetes mata, salep mata, atau bahkan obat yang diresepkan dokter. Sebelum menggunakan obat apapun, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu agar aman dan dosisnya tepat. Cara-cara alami di atas bisa mengurangi gejala yang ringan pada mata. Namun, jika gejalanya cukup berat dan tidak membaik selama 1-2 minggu, atau justru semakin parah, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter mata untuk mendapatkan obat dan penanganan yang tepat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout