Blog

Penyebab dan Cara Mengobati Bisul Agar Cepat Kempes

Cara Mengobati Bisul Agar Cepat Kempes – Kulit bisa mengalami bermacam gangguan. Kalau di wajah misalnya, gangguan paling sering muncul adalah jerawat. Ada yang mirip dengan jerawat tapi bisa tumbuh di berbagai tempat, yaitu bisul.

Bisul atau dalam bahasa medis furunkel merupakan benjolan pada kulit yang berwarna merah. Benjolan ini berisi nanah dan rasanya nyeri jika disentuh. Walaupun bisa muncul di berbagai tempat, bisul paling banyak tumbuh di leher, wajah, ketiak, bahu, paha, hingga bokong. Area-area ini paling mudah berkeringat dan mengalami gesekan.

Jangan panik jika kamu mengalami bisul. Ada beberapa cara mengobati bisul agar cepat kempes dan tidak lagi terasa sakit. Sebelum itu, pelajari dulu penyebab-penyebab munculnya bisul seperti di bawah ini.

Penyebab Bisul

Umumnya, bisul dapat tumbuh karena ada infeksi dari bakteri bernama Staphylococcus aureus pada area folikel rambut. Walaupun ada juga kemungkinan bakteri tersebut ditemukan bahkan pada kulit dan juga dalam lapisan hidung, tapi tidak menimbulkan gangguan kesehatan.

Yang perlu digarisbawahi di sini adalah infeksi. Bisul baru akan muncul ketika bakteri masuk ke folikel rambut, lalu menimbulkan infeksi. Bakteri ini bisa bergerak masuk jika sebelumnya ada area kulit yang terbuka, seperti gigitan serangga dan luka goresan di kulit.

Cara Mengobati Bisul Agar Cepat Kempes

Bisul memang membuat tidak nyaman karena menimbulkan rasa nyeri. Apalagi, kalau tumbuh di area kulit terbuka, maka akan mengganggu penampilan. Tapi, jangan panik. Ada cara mengobati bisul agar cepat kempes secara alami yang bisa kamu coba.

1. Tidak memencet bisul

Sama seperti jerawat, benjolan pada kulit biasanya memancing jari terus menyentuhnya. Hati-hati, jangan sampai memencet bisul, ya. Cara mengobati bisul agar cepat kempes yang pertama adalah dengan tidak memencetnya.

Mungkin kamu berpikir, kalau bisul dipencet, maka akan cepat mengecil. Sayangnya, cara ini termasuk cara yang memaksa. Memaksa bisul pecah hanya akan menimbulkan masalah lain. Sangat mungkin selanjutnya bisul ini membekas terus di kulitmu.

Ingin membeli obat untuk menjaga kesehatan kulit? Kamu bisa membelinya di Official Store Pyfa Health. Yuk, cek produknya sekarang dan dapatkan diskon menarik setiap pembelian melalui Shopee. Klik banner di bawah ini, ya!

Official Store Pyfahealth

2. Mengompres bisul dengan handuk hangat

Tenang, dengan tidak memencet bisul bukan berarti tidak ada cara yang bisa dilakukan untuk bisul ini. Mengompresnya dengan handuk hangat termasuk cara mengobati bisul agar cepat kempes. Tapi tetap, jangan sambil memencet-mencet, ya.

Kamu hanya perlu membasahi handuk dengan air hangat yang sudah disiapkan sebelumnya. Tempelkan handuk hangat tersebut di atas bisul dan biarkan selama 20 menit. Lakukan 3 sampai 4 kali dalam sehari, kompres hangat ini akan membuat nanah terkumpul di permukaan bisul, sehingga cepat kempes.

Baca Juga: 7 Cara Mengobati Sariawan di Lidah dengan Mudah.

3. Oleskan tea tree oil

Tea tree oil adalah salah satu minyak organik yang kaya manfaatnya untuk kulit. Minyak ini dikenal baik melawan jerawat dan menyembuhkan luka. Termasuk juga gangguan kulit seperti bisul, dapat diobati dengan tea tree oil.

Tea tree oil mengandung antiseptik dan antibakteri yang ampuh mengatasi bisul. Cara menggunakannya yaitu dengan mencampurkan tea tree oil dengan minyak zaitun.

Selanjutnya, oleskan campuran minyak ini ke permukaan bisul menggunakan kapas. Kapas penting sebagai media pengantar, karena jika kamu mengoleskannya langsung, kamu akan merasakan sensasi terbakar di kulit.

4. Oleskan minyak neem

Minyak alami lain yang memiliki manfaat mengobati bisul adalah minyak neem. Minyak neem atau minyak mimba adalah sejenis minyak nabati yang diperoleh dari biji dan buah mimba, yaitu pohon cemara yang berasal dari sekitaran India, namun sudah diperkenalkan juga ke daerah tropis.

Minyak neem mengandung antiseptik, antibakteri, dan juga antijamur. Oleh karena itu, khasiatnya mirip dengan tea tree oil. Cara menggunakannya juga serupa, gunakan kapas lebih baik daripada memupuhkannya langsung ke bisul.

Baca Juga: Kenali Gejala dan 5 Cara Mengobati Cacar Air Berikut Ini.

5. Mengonsumsi air rebusan kunyit dan jahe

Cara mengobati bisul agar cepat kempes selanjutnya bisa dilakukan dari dalam tubuh. Cara alami tidak hanya datang dari perlakuan yang kamu berikan pada permukaan kulit. Kamu disarankan mengonsumsi air rebusan kunyit dan juga jahe.

Baik jahe maupun kunyit, sama-sama memiliki khasiat antibakteri serta antiradang, sehingga dapat menyembuhkan bisul. Mengonsumsi air rebusan ini dua kali dalam sehari untuk mendapatkan khasiat yang maksimal. Sebelum diminum, pastikan kamu menyaring terlebih dahulu air rebusan kunyit dan jahe tersebut.

Nah, itulah beberapa cara mengobati bisul agar cepat kempes secara alami yang bisa kamu coba. Jaga terus kesehatan kulit kamu agar tidak terkena bisul, ya!

Rekomendasi Obat untuk Menjaga Kesehatan Kulit

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout