Blog

cara mengobati asam lambung

Cara Mengobati Asam Lambung yang Aman Tanpa Obat

Ketika asam lambung menyerang, banyak cara untuk meredakannya. Meski banyak yang menggunakan obat seperti antasida, namun ternyata ada beberapa cara mengobati asam lambung tanpa obat yang perlu Anda ketahui.

Pengobatan asam lambung dengan menggunakan obat memang hal yang standar dilakukan banyak orang. Namun, agar tidak ketergantungan terhadap obat-obatan, sebenarnya ada cara mengobati asam lambung secara alami yang bisa dilakukan di rumah. Berikut beberapa di antaranya:

Cara Mengobati Asam Lambung

Mengobati asam lambung tanpa menggunakan obat dapat menjadi pilihan jika Anda tidak ingin mengonsumsi obat secara berlebihan. Dikutip dari WebMD, berikut beberapa cara membantu meredakan asam lambung yang mudah dan bisa dilakukan di rumah:

  • Mengonsumsi lebih banyak makanan yang kaya akan serat. Hal ini dikarenakan serat dapat membantu saluran pencernaan bekerja dengan lancar dan sehat.
  • Hindari mengonsumsi makanan pemicu refluks yang bisa membuat mulas, seperti soda, kafein, cokelat, buah dan jus jeruk, bawang, tomat, mint, serta makanan berlemak tinggi.
  • Atur porsi makan. Hindari makan dalam porsi besar sekaligus. Sebaiknya makan sebanyak lima atau enam porsi kecil sehari.
  • Makan secara perlahan dan hindari makan terburu-buru.
  • Jangan makan sebelum tidur. Hal ini dikarenakan kebiasaan makan sebelum tidur dapat menjadi pemicu naiknya asam lambung. Sebaiknya berhenti makan setidaknya dua atau tiga jam sebelum tidur, sehingga perut memiliki kesempatan untuk mengosongkannya sebelum Anda berbaring.
  • Kenakan pakaian longgar dan hindari pakaian ketat, karena dapat memberi tekanan tambahan pada perut.
  • Hindari merokok. Hal ini dikarenakan merokok dapat mengurangi efektivitas otot yang menjaga asam di lambung, sehingga dapat berisiko kambuh.
  • Tinggikan kepala dengan menumpuk beberapa bantal di bawah tempat tidur agar kepala sekitar 6 inci lebih tinggi.

Selain beberapa tips di atas, Anda juga bisa menurunkan asam lambung dengan mengunyah permen karet. Cara ini bertujuan untuk merangsang produksi air liur, yang merupakan penyangga asam. Selain itu, mengunyah permen karet juga dapat membuat seseorang lebih sering menelan, sehingga dapat mendorong asam-asam jahat tersebut keluar dari kerongkongan. Meski demikian, efektivitas mengunyah permen karet untuk meredakan asam lambung masih perlu diteliti lebih lanjut. Jika Anda ingin mencoba cara ini, sebaiknya pilih permen karet yang bebas gula. Hal ini dikarenakan permen karet banyak yang mengandung gula yang cukup tinggi, sehingga dapat merusak gigi.

Setelah mengetahui cara mengobati asam lambung, Anda juga perlu tahu penyebab terjadinya asam lambung. Berikut penjelasannya.

Penyebab Asam Lambung

Untuk mengetahui penyebab terjadinya asam lambung, dimulai dengan mengetahui prosesnya. Asam lambung terjadi ketika sejumlah kandungan asam lambung mengalir ke kerongkongan atau esofagus. Perut mengandung asam klorida, yaitu asam kuat yang berfungsi untuk membantu memecah makanan dan melindungi terhadap patogen seperti bakteri. Oleh karena itu, lapisan perut secara khusus disesuaikan untuk melindunginya dari asam kuat. Namun, esofagus tidak memiliki lapisan khusus tersebut, sehingga sensitif terhadap asam. Cincin otot yang disebut sfingter gastroesofagus berperan sebagai katup yang memungkinkan makanan masuk ke lambung dan tidak kembali ke esofagus. Ketika katup lentur, maka isi lambung dapat dimuntahkan kembali ke kerongkongan dan mulas pun terjadi.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout