Blog

cara menghitung berat badan ideal

Cara Menghitung Berat Badan Ideal yang Tepat

Memiliki berat badan ideal menjadi dambaan semua orang. Tidak heran, jika banyak cara dilakukan untuk mewujudkannya. Namun, sebelum Anda menurunkan atau menambah berat badan, ketahui cara menghitung berat badan ideal yang tepat.

Memiliki berat badan ideal penting untuk menjaga kesehatan Anda secara keseluruhan. Berat badan berlebih atau berat badan yang kurang bisa meningkatkan risiko penyakit serius. Berikut cara menghitung berat badan ideal yang perlu Anda ketahui: 

Cara Menghitung Berat Badan Ideal

Salah satu cara untuk menghitung berat badan ideal adalah membandingkannya dengan tinggi badan Anda. Cara paling mudah adalah dengan menggunakan rumus berat badan ideal yang ditemukan oleh seorang dokter bedah Prancis, Pierre Paul Broca. Berikut penjelasannya:

Berat badan normal (kg) = tinggi badan (cm) – 100

Misalnya, jika Anda memiliki tinggi badan 160 cm, berat badan ideal Anda, yaitu 60 kg. Namun, rumus tersebut tidak mempertimbangkan perbedaan jenis kelamin dan hanya bisa diterapkan kepada orang dengan tinggi badan kurang dari 165 cm. 

Berat badan ideal pria berbeda dengan wanita. Hal ini dikarenakan pria memiliki lebih banyak massa otot dibandingkan wanita, sedangkan wanita lebih banyak memiliki komposisi lemak dalam tubuh, sehingga membuat wanita lebih cepat gemuk. Oleh karena itu, rumus Broca untuk menghitung berat badan ideal pria dan wanita berbeda. Berikut rumus yang digunakan:

  • Pria: Berat badan ideal (kilogram) = [tinggi badan (sentimeter) – 100] – [(tinggi badan (sentimeter) – 100) x 10 persen].
  • Wanita: Berat badan ideal (kilogram) = [tinggi badan (sentimeter) – 100] – [(tinggi badan (sentimeter) – 100) x 15 persen].

Misalnya untuk pria, jika Anda memiliki tinggi badan 170 sentimeter, cara menghitungnya adalah (170-100)-[(170-100)x10 persen], 71-7=63. Jadi, berat badan ideal Anda adalah 63 kilogram.

Sedangkan untuk wanita, jika Anda memiliki tinggi badan 158 sentimeter cara menghitungnya adalah (158-100)-[(158-100)x15 persen], 58-8=49,3. Jadi, berat badan ideal Anda adalah 49,3 kilogram.

Tips Mendapatkan Berat Badan Ideal

Selain menghitung berat badan ideal, Anda juga perlu menjaga berat badan ideal. Salah satu caranya adalah melakukan diet. Namun, Anda perlu memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan diet. Diet tidak hanya soal menurunkan berat badan atau membatasi asupan makanan. Anda juga perlu melakukan beberapa cara berikut:

1. Mengatur porsi makan

Aturlah porsi makan Anda sesuai kebutuhan. Kurangi sedikit jika Anda perlu menurunkan berat badan dan tambah jika Anda perlu menambah berat badan. Jika perlu, tambahkan camilan sehat untuk menambah energi harian.

2. Makan sayur dan buah

Mengonsumsi sayur dan buah penting untuk diet. Kedua jenis makanan tersebut kaya akan serat yang membuat Anda kenyang lebih lama, melancarkan pencernaan, mengontrol gula darah dan kolesterol, serta melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

3. Olahraga

Rutin berolahraga membantu Anda mendapatkan berat badan ideal. Olahraga bisa membakar kalori bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, sedangkan Anda yang ingin menambah berat badan, olahraga bisa membangun massa otot. Pastikan Anda berolahraga setidaknya 30 menit dalam sehari.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout