Blog

Berikut cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang bisa Anda coba.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

ditinjau oleh dr. Carlinda Nekawaty

Bekas jerawat di wajah kerap mengganggu penampilan dan mempengaruhi kepercayaan diri. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan beberapa cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang efektif.

Menghilangkan bekas jerawat secara alami relatif lebih aman. Selain mudah dilakukan, perawatan wajah dengan bahan-bahan alami cenderung minim efek samping. Berikut cara menghilangkan bekas jerawat secara alami yang bisa Anda coba.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Berikut beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk membantu menghilangkan bekas jerawat:

1. Lidah buaya

Lidah buaya mengandung aloin, yaitu senyawa yang bisa mencerahkan area kulit yang gelap dan mengurangi pigmentasi kulit. Caranya, cukup mudah, lepaskan kulit dari daunnya dan ambil daging lidah buaya yang terlihat bening, lalu oleskan daging lidah buaya ke bekas jerawat dengan gerakan melingkar dan bilas dengan air setelah didiamkan selama 30 menit. Ulangi cara ini sebanyak 2 kali sehari. Jika tidak mau repot mengambil daging lidah buaya langsung dari tanamannya, Anda bisa membeli gel lidah buaya asli yang tersedia di pasaran. Pastikan Anda membeli produk yang sudah terdaftar di BPOM.

2. Lemon

Lemon juga dapat digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami. Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam lemon dapat membantu memudarkan noda bekas jerawat di wajah secara efektif. Anda juga bisa menggunakan jeruk purut sebagai alternatif untuk membantu menghilangkan bekas jerawat. Caranya, Anda bisa menempelkan irisan lemon segar ke bekas jerawat. Namun, jika Anda memiliki kulit sensitif, tidak dianjurkan untuk menggunakan lemon, karena rentan mengalami iritasi. 

3. Soda kue

Soda kue bisa digunakan sebagai exfoliator atau pengelupas sel kulit mati untuk membantu menghilangkan noda bekas jerawat. Caranya, campur 2 sendok makan soda kue dan 2 sendok makan air. Oleskan campuran tersebut ke area bekas jerawat dan diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air hangat. Anda dianjurkan untuk segera mengoleskan pelembap wajah setelah menggunakan soda kue agar kulit tidak kering.

4. Masker madu

Madu memiliki beberapa manfaat untuk kulit, antara lain membantu menghilangkan bekas jerawat, mengangkat sel kulit mati, mempercepat penyembuhan luka, dan mengurangi potensi pembentukan jaringan parut pada luka. 

Untuk mendapatkan manfaatnya, oleskan madu pada bekas jerawat setiap hari atau gunakan madu sebagai masker wajah. Cara menggunakan masker madu cukup mudah. Setelah mencuci wajah dengan sabun dan air, oleskan madu murni ke wajah, diamkan selama beberapa menit, dan bilas dengan air bersih.

Bahan-bahan alami di atas umumnya relatif aman digunakan pada kulit. Namun, mungkin saja dapat terjadi reaksi alergi terhadap bahan-bahan tertentu pada sebagian orang. Jika Anda mengalami alergi, segera hentikan pemakaian dan periksakan diri ke dokter. Selain itu, cara menghilangkan bekas jerawat secara alami membutuhkan proses yang tidak instan. Oleh karena itu, Anda perlu melakukannya secara konsisten dan penuh kesabaran.

Jika berbagai cara menghilangkan bekas jerawat secara alami telah dilakukan secara rutin, namun noda bekas jerawat tidak kunjung hilang, bahkan semakin parah, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan menentukan jenis perawatan yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout