Blog

Berikut beberapa cara menghilangkan bau badan yang mudah untuk Anda lakukan

Cara Menghilangkan Bau Badan yang Mudah dan Efektif

Munculnya bau badan disebabkan oleh adanya bakteri di kulit yang berkembang biak. Selain itu, bau badan juga disebabkan oleh perubahan hormon androgen di dalam tubuh. Bagaimana cara menghilangkan bau badan?

Munculnya bau badan bisa menurunkan rasa percaya diri seseorang. Namun, ada cara untuk mengatasinya. Mulai dari memperhatikan pola makan hingga menggunakan bahan-bahan alami, berikut beberapa cara menghilangkan bau badan yang mudah dan efektif.

Berikut beberapa cara menghilangkan bau badan yang mudah untuk Anda lakukan:

1. Memperhatikan asupan makanan

Beberapa jenis makanan dapat menyebabkan produksi keringat lebih banyak dan bau badan, contohnya makanan pedas, berlemak, dan yang mengandung bahan berbau tajam, seperti bawang. Dengan membatasi asupan jenis makanan tersebut, bau badan bisa berkurang.

2. Menggunakan pakaian yang bersih dan bisa menyerap keringat

Pastikan Anda mengenakan pakaian yang bersih dan sesuai aktivitas yang akan dilakukan. Untuk mengurangi keringat berlebih, kenakan pakaian berbahan katun yang dapat menyerap keringat. Pakaian berbahan ini tidak membuat tubuh merasa gerah.

3. Menggunakan deodoran

Bau badan umumnya dikaitkan dengan bau ketiak, karena merupakan area yang banyak mengeluarkan keringat. Anda dapat menggunakan deodoran, antiperspiran, atau produk yang mengandung kombinasi dari keduanya.

Deodoran umumnya mengandung alkohol yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau badan. Sedangkan, antiperspiran mengandung senyawa aluminium klorida dan asam salisilat yang bisa mengurangi produksi keringat berlebih. Selain itu, Anda dianjurkan untuk mencukur bulu ketiak secara teratur. Dengan rutin melakukan keduanya, Anda bisa terhindar dari bau ketiak.

4. Lakukan teknik relaksasi

Melakukan relaksasi secara rutin, seperti yoga dan meditasi, juga bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau badan. Teknik relaksasi tersebut diketahui bisa membantu mengontrol stres yang merangsang produksi keringat berlebih pemicu bau badan.

Cara Menghilangkan Bau Badan Secara Alami

Anda juga bisa mencoba beberapa bahan alami untuk menghilangkan bau badan, yaitu:

1. Cuka sari apel

Cuka sari apel dipercaya bisa membunuh bakteri penyebab bau badan. Caranya, campurkan cuka sari apel dengan air dan oleskan ke area tubuh yang rentan menimbulkan bau badan. Namun, Anda tetap harus berhati-hati dalam menggunakan cuka sari apel, karena bisa menyebabkan iritasi pada kulit.

2. Baking soda

Selain digunakan untuk bahan tambahan makanan, baking soda juga bisa digunakan untuk menetralkan zat asam, termasuk asam pada tubuh. Caranya, cukup campurkan seperempat sendok teh baking soda dengan sedikit air hangat, lalu oleskan di area ketiak. Diamkan hingga kering, kemudian bersihkan dengan air. Meski demikian, baking soda mungkin tidak cocok digunakan oleh orang yang memiliki kulit sensitif.

3. Tea tree oil

Tea tree oil memiliki sifat antibakteri, sehingga dipercaya bisa mengurangi bakteri penyebab bau badan di kulit. Caranya, oleskan minyak ini pada ketiak sebagai deodoran alami.

4. Daun sirih

Sifat antibakteri dalam daun sirih dipercaya bisa menjadi penghilang bau badan alami. Caranya, rebus daun sirih, lalu basuhkan pada kulit saat mandi.

Meski demikian, masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terkait efektivitas berbagai bahan alami tersebut untuk menghilangkan bau badan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout