Blog

Cara Menggemukkan Badan dengan Cepat dan Alami

Cara Menggemukkan Badan dengan Cepat dan Alami

Berat badan berlebih dinilai berbahaya bagi kesehatan. Namun, tahukah Anda, kekurangan berat badan ternyata juga tidak baik untuk kesehatan dan bisa memengaruhi penampilan. Lalu, bagaimana cara menggemukkan badan dengan cepat?

Berat badan yang tidak ideal, baik kelebihan atau kekurangan, bisa meningkatkan risiko kesehatan, seperti daya tahan tubuh menurun dan anemia. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk menerapkan cara menggemukkan badan dengan cepat dan alami berikut.

Beragam Cara Menggemukkan Badan dengan Cepat

Agar kesehatan tetap terjaga, berikut beragam cara menggemukkan badan dengan cepat, alami, dan sehat, yang bisa Anda terapkan:

1. Lebih sering makan

Badan yang kurus sebaiknya diantisipasi dengan memperbanyak kuantitas makan. Upaya ini penting untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh untuk menggemukkan badan. Jika Anda tidak mampu makan dengan jumlah banyak, sebaiknya makan dengan jumlah sedikit, namun berkelanjutan. Misalnya, menambah waktu makan hingga 5 atau 6 kali sehari, namun dengan jumlah yang sedikit.

2. Selektif memilih makanan

Selektif memilih makanan adalah cara menggemukkan badan yang efektif. Pilih makanan yang kaya nutrisi untuk meningkatkan berat badan, misalnya karbohidrat kompleks, protein, lemak, serta vitamin dan mineral. Karbohidrat dan lemak berfungsi untuk meningkatkan jaringan lemak dan menyediakan kebutuhan energi. Sedangkan, protein berfungsi untuk meningkatkan massa otot dan berat badan. 

Beragam sumber protein dan lemak adalah telur, daging, ikan, tahu, tempe, dan kacang-kacangan. Sedangkan, beragam sumber vitamin dan mineral adalah sayuran, buah-buahan, gandum utuh, atau roti gandum.

3. Perbanyak minum susu

Untuk menggemukkan badan dengan cepat, Anda juga disarankan untuk memenuhi asupan protein, lemak, dan kalori. Semua gizi tersebut ada di susu. Sebaiknya konsumsi susu tanpa gula atau susu penggemuk setidaknya 1-2 gelas per hari. Selain itu, susu tinggi kalsium, sehingga dapat membantu menjaga kekuatan dan kesehatan tulang dan gigi.

4. Rutin berolahraga

Cara menggemukkan badan dengan cepat dan alami lainnya adalah berolahraga. Olahraga bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan, sehingga mempercepat penggemukan badan. Olahraga juga ampuh meningkatkan nafsu makan, sehingga kebutuhan kalori dan nutrisi lain bisa tercukupi.

5. Tidur berkualitas 

Tidur berkualitas penting untuk menjaga berat badan ideal. Tidur berkualitas juga efektif untuk mengoptimalkan proses pembentukan jaringan tubuh. Anda direkomendasikan untuk tidur selama 7-9 jam setiap malam.

6. Perbanyak konsumsi lemak baik

Memperbanyak konsumsi lemak sehat atau lemak tak jenuh, misalnya omega-3 dan omega-6, juga perlu diterapkan untuk menggemukkan badan dengan cepat. Lemak sehat menyediakan kalori dan tidak memicu penumpukan lemak di pembuluh darah. Beragam jenis makanan yang tinggi lemak tak jenuh adalah telur, alpukat, kacang-kacangan, dan ikan.

Selain cara-cara tersebut, Anda perlu mengurangi junk food yang tinggi kalori dan minim nutrisi. Jika Anda telah menerapkan beragam upaya menggemukkan badan dengan cepat dan alami di atas, namun berat badan tidak bertambah, segera ke dokter untuk diperiksa kondisi kesehatan dan asupan gizi Anda. Dengan begitu, Anda dapat ditangani dengan tepat, misalnya direkomendasikan pola makan dengan gizi seimbang atau diberikan obat penambah berat badan.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout