Blog

Cara Mengelola Stres yang Efektif

Cara Mengelola Stres yang Efektif

Stres merupakan kondisi yang wajar dialami manusia. Berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari, bisa memicu terjadinya stres. Meski demikian, stres bisa diatasi dengan melakukan cara mengelola stres.

Anda mungkin tidak bisa menghindari berbagai permasalahan dan tantangan hidup sehari-hari yang bisa memicu stres, namun Anda bisa melakukan berbagai cara mengelola stres berikut untuk mengurangi gejalanya.

Cara Mengelola Stres

Kunci utama dalam mengelola stres adalah bagaimana Anda bersedia untuk menerima masalah sebagai bagian dari hidup. Anda juga perlu menerima bahwa ada hal-hal yang tidak bisa diubah dan berada di luar kendali.

Oleh karena itu, ketika menghadapi berbagai permasalahan dan memicu stres, Anda bisa melakukan beberapa cara mengelola stres berikut:

1. Mengonsumsi makanan sehat

Ketika stres, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Cara ini bisa membantu membuat Anda merasa lebih baik.

Untuk mengurangi stres, pastikan makanan Anda terdiri dari sayur-sayuran, biji-bijian, serta protein tanpa lemak untuk memberi energi. Anda juga dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi untuk otak, seperti vitamin dan mineral, serta minum air yang cukup. Selain makanan, Anda juga bisa memenuhi asupan nutrisi melalui suplemen.

2. Olahraga

Cara mengelola stres lainnya adalah berolahraga secara teratur. Olahraga dapat menenangkan tubuh dan pikiran Anda. Selain itu, olahraga juga bisa meningkatkan mood. Namun, Anda perlu rutin melakukannya agar bisa mendapatkan manfaatnya.

The American Heart Association (AHA) merekomendasikan untuk melakukan setidaknya 150 menit olahraga intensitas sedang, seperti jalan cepat setiap minggu, atau olahraga yang lebih berat, seperti renang, jogging, atau lainnya, 75 menit setiap minggu. Bahkan, hanya keluar rumah dan mencari udara segar, serta melakukan beberapa latihan fisik ringan, seperti berjalan ke toko, sudah membantu mengurangi stres.

3. Beristirahat sejenak

Memberi waktu pikiran untuk beristirahat juga bisa menjadi salah satu cara yang efektif mengelola stres. Saat beristirahat, lakukan berbagai hal yang dapat menenangkan pikiran Anda, seperti mendengarkan musik favorit, menghabiskan waktu di alam, menghirup udara yang bersih dan segar, meditasi, yoga, atau tidur yang cukup.

4. Hindari merokok dan minum alkohol

Menghindari merokok dan minum minuman beralkohol juga dapat membantu Anda mengelola stres. Meskipun, kedua hal tersebut mungkin bisa melepaskan ketegangan untuk sementara, namun sering kali memperburuk masalah.

5. Bicarakan masalahmu

Jika ada permasalahan yang menggangu pikiran Anda, sebaiknya berbagi atau berbicara dengan orang lain untuk membantu mengurangi stres. Bicarakanlah masalah Anda dengan orang yang bisa dipercaya, seperti sahabat, keluarga, dokter, terapis, anggota keluarga, atau pembimbing rohani.

Selain itu, Anda juga bisa berbicara dengan diri sendiri atau yang dikenal dengan self-talk. Namun, agar cara ini bisa membantu mengurangi stres, pastikan Anda hanya mengatakan hal-hal yang positif.

6. Bermain dengan hewan peliharaan

Membelai, memeluk, atau bermain dengan hewan dapat meningkatkan kadar serotonin dan dopamin pada otak. Kedua zat tersebut bermanfaat untuk menenangkan pikiran dan otot, sehingga Anda menjadi lebih rileks. Memelihara hewan juga bermanfaat untuk meringankan rasa kesepian, sehingga suasana hati menjadi lebih baik, risiko depresi berkurang, serta tekanan darah pun menurun.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout