Blog

Untuk mencegah hal ini, berikut beberapa cara mengatasi susah tidur karena gelisah yang bisa Anda coba. 

Cara Mengatasi Susah Tidur Karena Gelisah yang Efektif

ditinjau oleh dr. Carlinda Nekawaty

Kurang tidur bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya perasaan gelisah. Perasaan gelisah membuat Anda yang awalnya mengantuk dan ingin tidur menjadi terjaga semalaman. 

Perasaan gelisah membuat otak tidak tenang dan tidur tidak nyenyak, sehingga Anda menjadi kurang tidur. Kurang tidur menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Untuk mencegah hal ini, berikut beberapa cara mengatasi susah tidur karena gelisah yang bisa Anda coba. 

Cara Mengatasi Susah Tidur Karena Gelisah

Agar tidur Anda nyenyak dan kualitas tidur terjaga, berikut lima cara mengatasi susah tidur karena gelisah yang bisa Anda lakukan:

1.  Melakukan aktivitas yang bisa menenangkan pikiran

Jika Anda merasa gelisah dan susah tidur, sebaiknya hindari kasur dan kamar tidur terlebih dahulu. Sebaliknya, lakukan berbagai aktivitas yang membantu Anda merasa lebih tenang, sehingga rasa kantuk akan datang. Misalnya, membaca buku, bermeditasi, atau melakukan peregangan sebelum tidur.

2. Membuat jadwal tidur

Membuat jadwal tidur adalah salah satu cara yang efektif untuk membantu Anda tidur lebih cepat dan sesuai jadwal, meski merasa gelisah. Memiliki jam tidur yang sama setiap hari akan membantu tubuh untuk mengenali kapan waktunya mengantuk, serta kapan waktunya untuk bangun. Namun, pastikan saat sedang membuat jadwal tidur, Anda sudah tidur cukup setiap harinya, yaitu 7-8 jam setiap malam.

3. Mengubah tata letak perabot di kamar

Dikutip dari The American Institute of Stress, mengubah tata letak perabot di kamar tidur dapat membantu Anda lebih cepat tidur. Hal ini bisa diterapkan jika Anda merasa bosan dengan suasana kamar, sehingga tidur menjadi tidak nyaman. Perubahan tata letak perabot mungkin memberikan rasa nyaman saat tidur. 

Semakin nyaman kamar tidur, Anda akan semakin cepat tidur di malam hari. Jika perlu, keluarkan perabot yang membuat kamar Anda terlihat lebih sempit dan berantakan.

4. Menjaga suhu kamar tetap nyaman

Menjaga suhu kamar tetap nyaman dapat membantu Anda lebih cepat tidur saat merasa gelisah. Suasana kamar yang gelap, dingin, dan sunyi, dapat membantu Anda tidur nyenyak. Oleh karena itu, saat tidur, sebaiknya matikan lampu yang mungkin dapat mengganggu, termasuk lampu pada jam meja, berbagai gadget, atau perabot yang memiliki lampu khusus. 

Semakin gelap dan tenang kamar Anda, semakin cepat Anda tidur. Namun, jika belum terbiasa tidur dalam kondisi gelap, Anda bisa menggunakan lampu tidur dengan cahaya yang sangat redup. Setelah terbiasa, cobalah untuk tidur tanpa lampu sama sekali.

5. Mengurangi kafein

Bagi penggemar kopi dan minuman berkafein lainnya, dianjurkan untuk mengurangi asupan kafein harian jika ingin tidur lelap di malam hari. Hal ini dikarenakan kafein termasuk salah satu stimulan yang bisa membuat Anda terjaga dan tidak bisa tidur. Bahkan, kafein juga bisa memperparah rasa cemas, sehingga bukannya cepat tidur, Anda justru akan semakin sulit tidur karena merasa gelisah. 

Oleh karena itu, hindari mengonsumsi kafein menjelang tidur. Selain kopi, hindari juga berbagai stimulan lain, seperti rokok dan alkohol, yang dapat membuat Anda kurang tidur atau insomnia.

Jika cara di atas sudah Anda lakukan, tetapi Anda masih susah tidur dan gelisah, maka disarankan untuk konsultasikan kondisi Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout