Blog

cara mengatasi gerd

Cara Mengatasi GERD Secara Alami 

GERD (Gastroesophageal reflux disease) terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan akibat katup antara kerongkongan dan lambung melemah atau mengalami gangguan. Bagaimana cara mengatasi GERD secara alami?

GERD ditandai dengan beberapa gejala, seperti sulit menelan, sakit dada atau nyeri ulu hati, mual dan muntah, kurang nafsu makan, dan mulut terasa asam atau pahit. Berikut beberapa cara mengatasi GERD secara alami yang perlu Anda ketahui.

Cara Mengatasi GERD Secara Alami

Gejala GERD yang termasuk ringan sebenarnya bisa ditangani sendiri di rumah, salah satunya dengan cara alami. Berikut beberapa bahan alami untuk mengobati GERD yang bisa Anda coba:

1. Jahe

Sifat antiradang dalam jahe secara alami berfungsi untuk mengatasi nyeri ulu hati. Selain itu, jahe juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan lainnya, seperti mual dan perut kembung. Untuk mendapatkan manfaat jahe, Anda bisa mengonsumsi jahe dalam bentuk minuman hangat. Anda juga bisa mengonsumsi minuman jahe yang tersedia di pasaran.

2. Akar manis

Cara mengatasi GERD secara alami lainnya adalah akar manis atau licorice. Akar manis dipercaya bisa meredakan gejala heartburn atau nyeri ulu hati akibat GERD. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan dan antiradang dalam akar manis yang bisa mengurangi peradangan, pembengkakan, serta luka di lambung dan kerongkongan akibat peningkatan asam lambung.

3. Akar marshmallow

Berbagai kandungan zat dalam akar marshmallow berfungsi untuk meredakan batuk, mengatasi infeksi bakteri, serta menyembuhkan luka pada lambung dan kerongkongan. Akar marshmallow juga diketahui bisa melindungi dinding lambung dan mencegah luka saat terjadi asam lambung. Selain itu, daun dan akar marshmallow juga dapat digunakan untuk mengobati diare, peradangan lapisan lambung, nyeri dan pembengkakan di saluran pernapasan, serta konstipasi.

4. Teh chamomile

Obat herbal yang satu ini bisa menjadi cara alami dan efektif untuk meredakan gejala GERD. Hal ini dikarenakan teh chamomile sejak lama digunakan sebagai obat pereda nyeri perut dan ulu hati, mual dan muntah, serta secara tradisional digunakan untuk mengatasi susah tidur.

Selain bahan-bahan alami di atas, Anda juga bisa mengonsumsi beberapa jenis makanan yang bisa mengurangi gejala asam lambung, antara lain:

  • Buah-buahan yang tidak asam, seperti apel, pir, melon, dan pisang
  • Sayuran hijau, seperti buncis, brokoli, asparagus, kembang kol, mentimun, dan kentang
  • Oatmeal dan roti gandum
  • Daging tanpa lemak, seperti ikan, ayam, dan makanan laut rendah lemak

Mengonsumsi makanan yang baik untuk asam lambung juga perlu dilengkapi dengan menjalani pola hidup sehat, seperti:

  • Hentikan kebiasaan merokok
  • Hindari mengonsumsi makanan dan minuman yang bisa memicu asam lambung, seperti alkohol, makanan pedas, kopi, dan cokelat
  • Memiliki waktu tidur yang cukup, yaitu selama 7-9 jam setiap malam
  • Tidur dengan posisi kepala dan dada lebih tinggi
  • Hindari memakai celana atau baju yang terlalu ketat, karena bisa menekan lambung

Bahan-bahan alami di atas memang diketahui efektif untuk mengatasi gejala asam lambung, namun hingga saat ini belum ada penelitian yang bisa memastikan manfaat dan efektivitas ramuan herbal untuk mengatasi GERD. Selain itu, penderita GERD juga disarankan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter, terutama jika asam lambung yang diderita sudah cukup lama dan tidak kunjung sembuh.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout