Cara Mengatasi Asam Urat Secara Alami

Cara Mengatasi Asam Urat Tanpa Obat

Cara Mengatasi Asam Urat Secara Alami

ditinjau oleh dr. Carlinda Nekawaty

Penyakit asam urat atau gout arthritis adalah jenis radang sendi akibat kadar asam urat di darah tinggi. Kadar asam urat yang tinggi bisa membentuk kristal di sendi, sehingga menyebabkan sendi bengkak, nyeri, dan kemerahan. Agar tidak semakin parah, ada beragam cara mengatasi asam urat yang bisa dicoba.

Penanganan penyakit asam urat umumnya dilakukan dengan penggunaan obat-obatan. Namun, cara mengatasi asam urat yang alami juga dapat diterapkan sebagai pelengkap agar kadar asam urat terkontrol dan Anda bisa beraktivitas secara normal. 

Beragam Cara Alami untuk Membantu Mengatasi Asam Urat

Cara mengatasi asam urat secara alami bertujuan untuk menjaga kadar asam urat tetap normal dan membantu mengurangi risiko kekambuhan gejala. Berikut penjelasannya:

  1. Mengonsumsi makanan dengan kandungan magnesium

Mencukupi kebutuhan magnesium adalah cara untuk membantu mengatasi asam urat secara alami yang bisa dilakukan. Magnesium adalah jenis mineral yang berperan penting untuk tubuh, termasuk mengurangi kadar asam urat yang tinggi. Penelitian menemukan bahwa kebutuhan magnesium yang tercukupi dikaitkan dengan penurunan kadar asam urat. Dengan begitu, risiko kekambuhan asam urat bisa dicegah.

Untuk mencukupi kebutuhan magnesium harian, konsumsi beragam makanan kaya magnesium, misalnya pisang, alpukat, daun kale, bayam, tuna, salmon, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Selain itu, Anda bisa mengonsumsi suplemen magnesium yang diresepkan oleh dokter jika diperlukan.

2. Mengonsumsi buah ceri

Kandungan senyawa antosianin dalam buah ceri bermanfaat untuk membantu mengurangi kadar asam urat dan membantu mengurangi nyeri akibat peradangan pada sendi. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi buah ceri secara rutin untuk membantu mengurangi risiko kekambuhan asam urat. 

Selain itu, penelitian menemukan bahwa buah ceri dengan warna gelap yang memiliki rasa asam adalah jenis ceri yang direkomendasikan untuk membantu mengatasi penyakit asam urat. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda dianjurkan untuk mengonsumsi 3 buah ceri secara rutin.

3. Mengonsumsi biji seledri

Seledri selama ini dikenal sebagai penyedap alami, terutama bagian batang atau daunnya. Namun, tahukah Anda, biji seledri ternyata bisa digunakan sebagai obat asam urat alami. Kandungan senyawa lutein dan beta selinene dalam biji seledri bersifat antiradang dan berfungsi untuk membantu mengurangi kadar asam urat dan peradangan pada sendi akibat kadar asam urat yang tinggi. Untuk mendapatkan manfaatnya, campurkan biji seledri sebagai penyedap alami dalam makanan atau direbus sebagai teh herbal.

4. Mengonsumsi apel

Mengonsumsi apel juga bisa menjadi cara untuk membantu mengatasi asam urat secara alami yang bisa dicoba. Kandungan asam malat dalam apel berfungsi untuk membantu mengurangi kadar asam urat yang tinggi di dalam darah, sehingga dapat membantu mencegah kekambuhan asam urat yang menimbulkan nyeri. Untuk mendapatkan manfaatnya, konsumsi 1 apel setiap hari. Hindari mengonsumsi apel secara berlebihan, karena kandungan fruktosa dalam apel justru bisa memicu kekambuhan gejala asam urat.

5. Mengonsumsi air rebusan daun jelatang

Meski dikenal sebagai daun yang menimbulkan gatal ketika menyentuh kulit, namun daun jelatang ternyata bisa dikonsumsi sebagai obat asam urat alami. Sifat antiradang dalam daun jelatang berfungsi untuk membantu mengurangi kadar asam urat yang tinggi dalam darah, sehingga membantu mencegah kekambuhan gejala. 

Anda bisa mengonsumsi daun jelatang sebagai teh herbal. Caranya, cuci daun jelatang secukupnya hingga bersih, campurkan dengan air, lalu rebus. Setelah itu, konsumsi air rebusan daun jelatang setelah suhunya hangat. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, konsumsi teh daun jelatang setidaknya 3 kali sehari. Namun, diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas daun jelatang dalam mengatasi asam urat secara alami.

6. Mengonsumsi air rebusan daun salam

Mengonsumsi air rebusan daun salam juga bisa dilakukan untuk membantu mengatasi asam urat secara alami. Kandungan antioksidan dalam daun salam, yaitu etanol dan flavonoid, bermanfaat untuk menurunkan kadar asam urat di dalam darah. Untuk mendapatkan manfaatnya, olah daun salam menjadi air rebusan. Caranya, campurkan daun salam dengan air, rebus hingga mendidih, diamkan beberapa saat, lalu minum air rebusannya setiap hari.

7. Kopi

Kopi ternyata bisa dikonsumsi sebagai obat asam urat alami. Kandungan kafein, polifenol, dan mineral, dapat meningkatkan metabolisme purin menjadi asam urat dan memudahkan proses pembuangan asam urat melalui urin. Dengan begitu, kopi bermanfaat untuk membantu mencegah pengendapan asam urat dan kerusakan sendi dan tulang. Namun, kopi tidak dianjurkan untuk penderita asam lambung, GERD, dan maag, karena bisa menyebabkan asam lambung naik ke kerongkongan dan meningkatkan risiko kekambuhan gejala.

8. Jahe

Jahe adalah obat herbal yang umum dikonsumsi sebagai jamu dan penyedap alami. Namun, tahukah Anda, jahe juga bisa digunakan sebagai obat asam urat alami. Hal ini dikarenakan sifat antiradang dalam jahe bermanfaat untuk membantu mengurangi nyeri dan pembengkakan akibat penyakit asam urat. 

Caranya, campurkan jahe parut secukupnya ke dalam air hangat, lalu kompres bagian tubuh yang terkena asam urat dengan kain atau handuk yang sudah direndam ke air hangat selama 30 menit. Selain itu, Anda bisa mengonsumsi teh jahe setidaknya 2-3 gelas per hari untuk membantu mengurangi nyeri dan peradangan akibat asam urat.

9. Kunyit

Selain berfungsi sebagai pewarna masakan, kunyit kerap digunakan sebagai obat herbal untuk membantu mengatasi beragam penyakit, termasuk asam urat. Kandungan curcumin dalam kunyit memiliki sifat antiradang yang berfungsi untuk membantu mengatasi nyeri akibat asam urat.

10. Menghindari konsumsi seafood dan daging merah

Selain mengonsumsi obat asam urat alami di atas, Anda perlu menghindari atau membatasi makanan dengan kandungan purin yang tinggi, misalnya daging merah, jeroan, dan seafood, untuk menurunkan kadar asam urat yang tinggi. Hal ini dikarenakan purin meningkatkan risiko pembentukan kristal asam urat dan memperparah asam urat.

Selain itu, Anda dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih, yakni minum minimal 2 liter per hari untuk memungkinkan tubuh membuang asam urat berlebih, sehingga risiko kekambuhan gejala bisa dicegah. Namun, jika Anda memiliki penyakit jantung atau ginjal, konsultasikan dengan dokter Anda tentang volume air yang boleh Anda konsumsi setiap harinya. Terapkan cara-cara di atas secara konsisten agar kadar asam urat terkendali dan Anda bisa beraktivitas secara normal.

Jika ada pertanyaan terkait penanganan dan pencegahan asam urat, konsultasikan ke dokter untuk diberikan saran yang sesuai kondisi Anda. Jika Anda sudah menerapkan cara-cara mengatasi asam urat tanpa obat di atas, namun keluhan akibat penyakit asam urat tidak berkurang atau bahkan semakin parah dan mengganggu aktivitas sehari-hari, konsultasikan ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Dengan begitu, dokter bisa memberikan penanganan yang sesuai kondisi Anda, sehingga risiko komplikasi bisa dikurangi. 

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout