Blog

cara memanjangkan bulu mata

Cara Memanjangkan Bulu Mata: 3 Metode dan Perawatan yang Tepat

Memiliki bulu mata yang panjang dan sehat adalah hal yang diidamkan oleh sebagian besar perempuan. Namun, tidak semua orang dilahirkan dengan kondisi seperti itu. Ada banyak cara memanjangkan bulu mata, mulai dari perawatan dengan menggunakan bahan alami hingga prosedur kecantikan.

Untuk memiliki bulu mata yang panjang, lebat,dan memesona, berikut 4 cara memanjangkan bulu mata yang aman, efektif, dan mudah dilakukan, serta cara merawat bulu mata yang sehat dan panjang.

1. Menggunakan Bahan Alami

Selain menggunakan maskara, Anda juga bisa memanfaatkan bahan-bahan alami sebagai perawatan untuk membantu memanjangkan bulu mata. Antara lain, minyak zaitun, minyak jarak, teh hijau, lidah buaya, dan petroleum jelly. Caranya, pilih salah satu bahan alami tersebut, aplikasikan pada bulu mata sebelum tidur, bilas dan bersihkan bulu mata esok harinya, lakukan perawatan ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Namun, Anda perlu berhati-hati jika penggunaannya memiliki efek samping pada kulit. Jika hal ini terjadi, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

2. Bulu Mata Palsu

Jika Anda memilih cara memanjangkan bulu mata yang instan, penggunaan bulu mata palsu bisa menjadi pilihan. Selain mudah penggunaannya, bulu mata palsu juga tersedia dalam banyak pilihan di pasaran dan bisa disesuaikan dengan selera Anda. Namun, pastikan penggunaan bulu mata palsu aman untuk kesehatan dengan melakukan hal-hal berikut:

  • Cuci tangan sebelum menggunakan bulu mata palsu.
  • Pastikan semua alat yang digunakan untuk menempelkan bulu mata bersih.
  • Hindari menempelkan lem bulu mata palsu langsung ke kelopak mata. Tempelkan ke bulu mata palsu terlebih dahulu.
  • Berhati-hatilah saat memasang atau melepas bulu mata palsu agar tidak menggores bulu mata dan hindari menggunakan bulu mata dalam keadaan bergerak.
  • Hindari penggunaan bulu mata palsu milik orang lain agar tidak terjadi penularan bakteri pemicu infeksi mata.
  • Hindari penggunaan bulu mata palsu jika terkena infeksi mata atau kulit sekitar mata.

3. Extension Bulu Mata

Berbeda dengan bulu mata palsu, extension bulu mata terbuat dari serat sintetis atau plastik yang dipasangkan satu per satu di atas bulu mata kelopak mata dengan perekat khusus. Jika dirawat dengan benar, extension bulu mata dapat bertahan selama 2 bulan. Selain itu, pastikan extension bulu mata dipasang oleh profesional di bidangnya agar hasilnya lebih aman, cantik, dan alami. Sebaliknya, jika tidak dipasang dengan benar, extension bulu mata dapat menyebabkan infeksi, bahkan kebotakan bulu mata secara permanen.

Cara Merawat Bulu Mata yang Sehat dan Panjang

Memiliki bulu mata yang panjang dan tebal memang baik. Namun, diperlukan perawatan yang tepat agar bulu mata Anda tetap sehat. Berikut cara merawat bulu mata yang bisa Anda lakukan di rumah:

  • Pastikan bulu mata Anda bersih dengan sikat bulu mata dan sabun yang lembut setiap hari.
  • Jika ingin menghilangkan gumpalan maskara, lakukan saat maskara masih basah dan mudah disisir.
  • Penuhi asupan protein dan zat besi harian dengan menerapkan pola makan sehat.

Jika Anda memiliki keluhan seputar bulu mata yang disebabkan oleh penyakit dan disertai gejala yang mengganggu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Hal ini dikarenakan ada beberapa penyakit yang bisa menyebabkan penipisan bulu mata, seperti hipotrikosis, blefaritis, alopecia, dan kanker kulit.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout