Blog

cek suhu ruangan

Cara Cek Suhu Ruangan Secara Manual dan Menggunakan Aplikasi

Suhu ruangan yang tepat adalah hal yang penting. Hal ini dikarenakan suhu ruangan akan memengaruhi kenyamanan dan kesehatan seseorang. Oleh karena itu, diperlukan cek suhu ruangan secara berkala. Untuk mengukur suhu ruangan, bisa dilakukan secara manual dengan thermometer ruangan atau menggunakan aplikasi di smartphone. 

Cek suhu ruangan secara manual dilakukan dengan thermometer ruangan, sedangkan cek suhu ruangan dengan aplikasi di smartpone, Anda perlu unduh aplikasi tersebut di App Store atau Google Play Store. Berikut penjelasan mengenai cara cek suhu ruangan yang perlu Anda ketahui.

Cara Cek Suhu Ruangan

Suhu ruangan merupakan kisaran suhu udara yang disukai banyak orang jika berada dalam ruangan atau kamar. Berikut dua cara cek suhu ruangan yang tepat:

1. Cek suhu ruangan secara manual

Cara cek suhu ruangan yang pertama adalah secara manual dengan menggunakan thermometer ruangan. Untuk mengetahui suhu ruangan yang paling akurat, sebaiknya pilih thermometer digital. Meski demikian, harga thermometer digital biasanya lebih mahal dibandingkan dengan thermometer lainnya. Namun, thermometer jenis ini memberikan hasil yang cepat dan akurat. Themometer digital juga akan bereaksi terhadap perubahan suhu lebih cepat dibandingkan jenis thermometer lainnya.

Beberapa jenis thermometer digital memiliki kemampuan untuk menyimpan pengukuran suhu, sehingga Anda dapat membandingkan suhu ruangan dari waktu ke waktu dan mengetahui bagaimana perubahannya.

Selain thermometer digital, ada juga thermometer yang terbuat dari kaca/gelas dan thermometer bimetal. Namun, hasil pengukurannya tidak secepat dan seakurat thermometer digital. Apa pun thermometer yang Anda gunakan, posisikan alat ini di tengah ruangan. Taruh di meja atau kursi dan jauhkan dari dinding. Hal ini dikarenakan memasang thermometer di dinding dapat memberikan hasil yang tidak akurat, karena terpengaruh suhu dinding. Pengukuran suhu ruangan umum adalah sekitar 21-24 derajat Celsius atau 70-75 derajat Fahrenheit. 

Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan mengenai cara cek suhu ruangan secara manual:

  • Thermometer digital akan menampilkan suhu ruangan pada layarnya.
  • Thermometer gelas menampilkan angka yang sejajar dengan level teratas cairan untuk hasil suhunya. 
  • Pada thermometer bimetal, lihatlah pada angka yang ditunjukkan oleh tanda panah.

2. Cek suhu ruangan dengan aplikasi

Ada banyak aplikasi pengukur suhu ruangan di App Store dan Google Play Store. Namun, ada tiga yang populer, yaitu My Thermometer, Smart Thermometer, dan iThermonitor. Pilihlah salah satu aplikasi tersebut untuk diunduh ke smartphone. Pada smartphone, terdapat sensor untuk mengukur suhu perangkat. Sensor tersebut dimanfaatkan aplikasi untuk mengukur suhu sekitar ruangan.

Selanjutnya, buka aplikasi dan pilih pembacaan suhu sekitar untuk mengetahui suhu ruangan. Tergantung pada aplikasi apa yang Anda gunakan, Anda mungkin akan mendapatkan pilihan sumber pengukuran, antara lain sensor suhu perangkat atau badan meteorologi. Biasanya, aplikasi akan menawarkan pilihan tampilan antara satuan derajat Celsius dan derajat Fahrenheit. Selain itu, aplikasi juga menyediakan fitur untuk mengkonversi pengukuran dari Celsius ke Fahrenheit dan sebaliknya.

Itulah dua cara cek suhu ruangan yang bisa Anda terapkan untuk menciptakan ruangan yang nyaman dan sehat untuk diri dan keluarga. 

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout