Blog

6 Buah untuk Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Buah untuk Meningkatkan Imun – Beberapa orang lebih memilih mengonsumsi suplemen makanan untuk menambah sistem imun di dalam tubuh. Padahal, menggunakan suplemen makanan merupakan sebuah obat yang bisa saja memberikan efek samping jangka panjang. Maka dari itu, cara paling ampuh untuk menambah sistem imun tubuh adalah melalui makanan bergizi.

Jenis Buah untuk Meningkatkan Imun

Buah-buahan merupakan salah satu jenis makanan yang sangat baik untuk tubuh. Tidak hanya terkandung dalam vitamin saja, di dalam buah juga memiliki zat agar daya tahan tubuh kita bisa meningkat. Beberapa contoh buah yang bisa meningkatkan sistem imun adalah sebagai berikut.

1. Jeruk

Beberapa orang banyak yang mengincar sumber vitamin C ketika terserang penyakit seperti flu. Hal itu dikarenakan, vitamin C memang bisa membantu pembentukan sistem imun tubuh. Salah satu sumber vitamin C yang paling populer adalah buah jeruk.

Hampir semua keluarga jeruk memiliki kandungan vitamin C yang cukup banyak. Sebut saja jeruk bali, lemon, hingga jeruk nipis. Karena vitamin C tidak bisa diproduksi oleh tubuh, maka kita harus mengonsumsi sumber vitamin C melalui makanan seperti jeruk tadi.

2. Pepaya

Pepaya merupakan jenis buah lainnya yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Di dalam buah yang cenderung manis ini, terkandung vitamin C yang cukup banyak. Hal itu membuktikan bahwa makanan yang mengandung vitamin C tidak selalu identik dengan rasa asam atau kecut.

Tidak hanya vitamin C saja, di dalam pepaya juga terkandung nutrisi lainnya seperti kalium, folat, dan juga magnesium. Hal itu bisa memberikan manfaat yang besar untuk kesehatan secara utuh.

3. Kiwi

Bisa dikatakan, buah kiwi cukup jarang dibahas oleh banyak orang. Meskipun begitu, buah kiwi terbukti mampu meningkatkan sistem imun di dalam tubuh kita. Di dalam kiwi terdapat banyak nutrisi seperti kalium, folat, vitamin K, dan juga vitamin C.

Untuk satu buah kiwi yang berukuran sedang, memiliki vitamin C sebanyak 71 mg. Jumlah tersebut cukup memenuhi kebutuhan vitamin C sebanyak 79 persen pada orang dewasa. Kiwi juga sangat bermanfaat untuk menjaga tubuh dapat berfungsi dengan baik.

4. Stroberi

Selain jeruk, stroberi adalah jenis buah yang populer di masyarakat. Buah yang satu ini juga kaya dengan vitamin C dan juga antioksidan. Dengan adanya vitamin C, maka buah stroberi memiliki khasiat untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Untuk jenis antioksidan yang terdapat pada stroberi adalah antosianin. Hal itulah yang memberikan warna merah cerah pada stroberi. Beberapa penelitian juga mengungkapkan bahwa antosianin bisa mengurangi terjadinya penyakit jantung. Hal itu terjadi dengan cara mengurangi kadar kolesterol jahat serta meningkatkan kadar kolesterol baik.

5. Jambu biji

Di dalam jambu biji juga terdapat kandungan vitamin C. Artinya, buah yang satu ini juga dapat meningkatkan sistem imun tubuh. Untuk satu buah jambu biji, terkandung vitamin C sebanyak 126 mg. Jumlah tersebut bisa dibilang mampu memenuhi kebutuhan sebanyak 140 persen pada orang dewasa.

Selain kandungan vitamin C, di dalam jambu biji memiliki nutrisi lainnya seperti antioksidan likopen. Nutrisi tersebut bisa mencegah atau bahkan memperlambat tumbuhnya sel kanker. Mengonsumsi jambu biji juga bisa menurunkan tekanan darah tinggi melalui berbagai studi.

6. Blueberry

Blueberry merupakan buah yang masih satu keluarga dengan stroberi. Buah blueberry tidak hanya rendah kalori, tetapi juga memiliki nutrisi yang cukup banyak seperti antioksidan.

Dengan adanya antioksidan tersebut, tubuh akan terbebas dari radikal bebas yang bisa merusak DNA sel. Bahkan, mengonsumsi blueberry juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak terpengaruh dengan adanya radikal bebas.

Demikian berbagai jenis buah untuk meningkatkan sistem imun tubuh. Semoga artikel ini bisa memberikan manfaat.

Rekomendasi Suplemen dan Vitamin untuk Meningkatkan Sistem Imun

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout