Blog

buah untuk asam lambung

Buah untuk Asam Lambung: Pisang Hingga Kelapa

Gejala asam lambung bisa muncul kapan saja, terutama saat mengonsumsi makanan yang bisa memicu asam lambung. Konsumsi buah untuk asam lambung adalah salah satu cara untuk mencegah gejala asam lambung.

Penderita asam lambung perlu memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi, terutama buah-buahan, untuk mencegah asam lambung kambuh. Berikut beberapa buah untuk asam lambung yang aman untuk dikonsumsi.

1. Pisang

Mengonsumsi pisang dipercaya bisa menetralisir asam lambung dan meringankan gejala maag, karena tingkat keasamannya yang rendah, yaitu kadar pH sekitar 4,5-5,2. Pisang juga memiliki tekstur halus dan mudah lumat yang bisa membantu memulihkan fungsi lambung. Pisang yang ditelan dan masuk ke dalam kerongkongan bisa membentuk lapisan pelindung bagi kerongkongan, sehingga bisa mencegah risiko terjadinya iritasi akibat naiknya asam lambung. Selain itu, kandungan serat pisang yang tinggi juga bisa membantu mencegah timbulnya masalah pencernaan pada penderita asam lambung.

2. Apel

Buah yang baik untuk penderita asam lambung berikutnya adalah apel. Apel kaya akan serat, kalsium, magnesium, dan kalsium. Semua zat gizi tersebut bisa membantu mengurangi gejala asam lambung yang muncul. Meski demikian, Anda perlu memilih jenis apel yang tepat untuk asam lambung. Sebaiknya konsumsi apel berwarna merah dengan kondisi yang matang, karena lebih aman untuk mencegah gejala maag kambuh. Hindari apel berwarna hijau yang memiliki rasa agak asam, sehingga bisa menyebabkan munculnya gejala maag.

3. Melon

Seperti halnya pisang, melon juga memiliki sifat basa yang cukup tinggi, karena mineral magnesium yang terkandung di dalamnya. Magnesium merupakan salah satu kandungan utama dari obat antasida yang digunakan untuk mengobati gejala maag. Oleh karena itu, melon disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita asam lambung, karena tidak menyebabkan peningkatan kadar asam lambung dan bisa membantu memenuhi asupan gizi tubuh harian.

4. Pepaya

Asam lambung yang tinggi bisa menyebabkan lapisan usus, lambung, serta kerongkongan menjadi rusak. Untuk mencegah hal ini, Anda disarankan untuk mengonsumsi pepaya. Pepaya merupakan salah satu buah yang aman dikonsumsi penderita asam lambung. Pepaya mengandung enzim papain yang berfungsi untuk membantu melancarkan proses pencernaan dan memudahkan penguraian protein. Dengan demikian, protein akan jauh lebih mudah dipecah menjadi bentuk terkecil berupa asam amino.

5. Kelapa

Kelapa juga merupakan salah satu buah untuk asam lambung yang disarankan. Air yang ada di dalam kelapa mengandung mineral kalium dan berbagai senyawa yang membantu menenangkan sistem pencernaan, sehingga sangat bermanfaat untuk penderita gangguan asam lambung. Selain itu, air kelapa juga bermanfaat untuk membantu menjaga suhu tubuh tetap normal dan menghambat peradangan pada lambung. Anda bisa mendapatkan manfaat kelapa dengan mengonsumsi 1 buah kelapa setiap hari selama 2 minggu berturut-turut.

6. Semangka

Kandungan air yang tinggi dalam semangka bermanfaat untuk menetralkan asam di perut dan mengurangi gejala asam lambung. Selain itu, semangka juga kaya akan vitamin A, vitamin C, antioksidan, dan asam amino yang baik untuk pencernaan dan kesehatan secara keseluruhan.

7. Pir

Selain memiliki rasa manis dan menyegarkan jika matang sempurna, pir juga aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung. Hal ini dikarenakan pir mengandung serat dan pektin yang berfungsi untuk mencegah naiknya asam lambung.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout