Berapa Kalori Satu Buah Apel yang Efektif untuk Diet? Ini Penjelasannya

berapa kalori sebuah apel untuk diet?

Berapa Kalori Satu Buah Apel yang Efektif untuk Diet? Ini Penjelasannya

Apel adalah buah yang sering dimasukkan ke dalam menu diet sehat. Kandungan serat apel yang tinggi efektif mencegah rasa lapar dan mengenyangkan lebih lama. Selain itu, apel rendah kalori yang cocok dikonsumsi oleh orang yang sedang menurunkan berat badan. Berapa kalori apel dan efektifkah untuk diet?

Mengontrol asupan kalori adalah kunci agar program penurunan berat badan berhasil. Oleh karena itu, Anda dianjurkan mengonsumsi buah yang rendah kalori dan tinggi serat, seperti apel. Lalu, berapa kalori satu buah apel yang efektif untuk diet? Berikut informasi selengkapnya.

Ketahui Kalori Satu Buah Apel yang Efektif untuk Diet

Dikutip dari Healthline, ada 52 kalori dalam satu apel dengan berat 100 gram. Selain itu, berikut beragam nutrisi pada apel yang bisa menjaga kesehatan secara keseluruhan:

  • Serat.
  • Karbohidrat.
  • Protein.
  • Lemak.
  • Vitamin C.

Apel juga kaya akan air yang efektif mengenyangkan lebih lama dan membantu mengurangi asupan kalori.

Beragam Manfaat Apel untuk Diet

Setelah mengetahui berapa kalori satu buah apel yang efektif untuk diet, berikut beragam manfaat apel untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui:

1. Mencegah obesitas

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kandungan air dan serat yang tinggi pada apel efektif mengenyangkan lebih lama. Mengonsumsi apel berlebihan bahkan tidak memicu kenaikan berat badan. Oleh karena itu, Anda dianjurkan mengonsumsi apel secara rutin untuk mencegah berat badan berlebih atau obesitas.

2. Melancarkan pencernaan

Mengonsumsi apel secara rutin dapat melancarkan pencernaan. Kandungan pektin, yaitu serat yang bersifat prebiotik, pada apel bisa mengenyangkan lebih lama dan mengurangi keinginan makan berlebih, sehingga mendukung penurunan berat badan secara optimal.

3. Menjaga kepadatan tulang

Apel juga mengandung antioksidan dan bersifat antiinflamasi yang efektif meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang. Konsumsi apel secara rutin agar penyerapan kalsium di tubuh semakin optimal.

4. Menjaga kesehatan jantung

Penurunan risiko penyakit jantung kerap dikaitkan dengan apel. Hal ini bukan tanpa alasan, kandungan serat larut pada apel berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol di darah. Apel juga tinggi polifenol yang bersifat antioksidan. Salah satu polifenol pada apel yang disebut flavonoid epicatechin, efektif mengurangi tekanan darah dan mengurangi lemak jahat yang menghambat aliran darah. Oleh karena itu, konsumsi apel secara rutin untuk mencegah risiko penyakit jantung.

5. Menurunkan risiko diabetes

Apel ternyata berkhasiat mengurangi risiko diabetes. Penelitian yang diterbitkan dalam Advances in Nutrition menemukan bahwa konsumsi apel setiap hari efektif mengurangi risiko diabetes tipe 2 hingga 28 persen. Kandungan polifenol pada apel berfungsi untuk mencegah kerusakan jaringan sel beta di organ pankreas yang berfungsi memproduksi insulin di tubuh.

Apel juga bersifat anti-kanker yang bisa mencegah kanker tertentu. Hal ini dibuktikan melalui penelitian yang menghubungkan konsumsi apel dan pencegahan kanker paru-paru pada orang dewasa. Selain itu, mengonsumsi satu apel per hari efektif menurunkan risiko kanker tenggorokan, mulut, payudara, dan usus besar. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pola makan sehat untuk diet yang sesuai dengan kondisi Anda, konsultasikan ke dokter.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout