Beragam Obat Pengencer Darah Alami: Ginkgo Biloba Hingga Kayu Manis

obat pengencer darah alami

Beragam Obat Pengencer Darah Alami: Ginkgo Biloba Hingga Kayu Manis

Penggumpalan darah adalah respon alami tubuh ketika seseorang terluka atau cedera. Respon tersebut dilakukan untuk mencegah perdarahan. Namun, penggumpalan darah yang tidak terkendali justru berbahaya untuk kesehatan. Untuk mengatasinya, ada beragam obat pengencer darah alami yang bisa digunakan.

Penggumpalan darah yang tidak terkendali akan menghambat aliran darah ke organ penting, sehingga tubuh tidak berfungsi dengan optimal. Kondisi ini akan berbahaya, terutama pada pengidap irama jantung atau kelainan jantung bawaan. Untuk mencegah komplikasi yang membahayakan nyawa, pengidap kondisi tersebut dianjurkan untuk mengonsumsi obat pengencer darah berikut.

Daftar Obat Pengencer Darah Alami

Berikut beragam bahan alami yang berkhasiat untuk mengencerkan darah:

1. Ginkgo biloba

Bahan alami yang berasal dari Jepang, Korea, dan Tiongkok ini umum digunakan untuk mengobati beragam penyakit. Selain itu, ginkgo biloba bersifat antiplatelet, sehingga dapat melancarkan peredarah darah dan menghambat pembekuan darah.

2. Kunyit

Kunyit dikenal sebagai bumbu untuk meningkatkan rasa makanan. Namun, kunyit ternyata juga berkhasiat mengobati beragam penyakit, sehingga sering digunakan sebagai pengobatan tradisional. Dikutip dari studi berjudul Anticoagulant activities of curcumin and its derivative, kandungan kurkumin pada kunyit bersifat antikoagulan, yaitu senyawa yang berfungsi untuk mencegah faktor pembekuan darah, sehingga efektif mencegah penggumpalan darah tidak terkendali.

3. Bawang putih

Tidak hanya meningkatkan rasa makanan, bawang putih ternyata bersifat antibiotik dan antimikroba, sehingga berkhasiat untuk mengencerkan darah. Penelitian pada 2018 yang dikutip dari Food Science and Biotechnology menemukan bahwa bubuk bawang putih menghasilkan aktivitas antitrombotik pada tikus. Antitrombotik adalah zat yang menghambat penggumpalan darah.

4. Cabai rawit

Obat pengencer darah berikutnya adalah cabai rawit. Kadar salisilat pada cabai rawit memberikan efek pengencer darah yang ampuh. Cabai rawit juga bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah dan mengurangi tekanan darah. Meski demikian, tidak semua orang bisa mengonsumsi cabai rawit, karena tidak tahan pedas atau mengidap GERD yang harus dibatasi konsumsinya.

5. Makanan tinggi vitamin E

Untuk menghambat penggumpalan darah dan mengencerkan darah secara alami, konsumsi makanan tinggi vitamin E, misalnya alpukat, kacang kedelai, tomat, bayam, kiwi, dan kacang almond.

6. Kayu manis

Kandungan kumarin, yaitu senyawa yang bersifat antikoagulan yang ampuh, pada kayu manis juga efektif untuk mengencerkan darah. Selain itu, kayu manis dapat mengobati peradangan akibat radang sendi dan mengurangi tekanan darah pada pengidap hipertensi.

Sebelum menggunakan obat pengencer darah alami di atas, konsultasikan ke dokter jika Anda menggunakan obat pengencer darah dari dokter. Hal ini bertujuan untuk mencegah risiko perdarahan memburuk jika keduanya digunakan dalam waktu yang sama. Selain itu, agar hasil pengobatan optimal, Anda dianjurkan untuk menerapkan pola hidup sehat, misalnya rutin beraktivitas fisik, tidak merokok, dan menjaga berat badan ideal.

Namun, Anda dianjurkan untuk tidak menggunakan obat pengencer darah alami tanpa anjuran dokter. Oleh karena itu, jika Anda mengalami penggumpalan darah, konsultasikan ke dokter sebelum menggunakan obat pengencer darah apa pun. Dengan begitu, dokter akan memberikan pengobatan atau makanan yang sesuai dengan kondisi Anda dan terhindar dari komplikasi yang berbahaya.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout