Blog

cara menghilangkan bekas luka di kaki

Beragam Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki Secara Ampuh

Meski mengganggu penampilan, namun bekas luka di kaki adalah proses alami penyembuhan luka. Untuk mempercepat penyembuhannya, ketahui beragam cara menghilangkan bekas luka di kaki yang efektif.

Menghilangkan bekas luka di kaki dengan tepat penting agar tidak semakin parah dan menimbulkan jaringan parut. Berikut beragam cara menghilangkan bekas luka di kaki dengan cepat yang bisa Anda terapkan.

Cara Menghilangkan Bekas Luka di Kaki Secara Alami

Ada beragam cara menghilangkan bekas luka di kaki secara alami dan aman, yaitu:

1. Pijat

Teknik ini bermanfaat untuk mencegah jaringan parut menempel di pembuluh darah, saraf, tulang, tendon, dan otot. Agar hasilnya optimal, Anda sebaiknya berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui teknik pijat yang tepat atau menghubungi jasa pijat profesional.

2. Minyak kelapa

Cara menghilangkan bekas luka di kaki secara alami berikutnya adalah penggunaan bahan alami, misalnya minyak kelapa. Caranya, oleskan minyak kelapa di area sekitar bekas luka, pijat dengan lembut, diamkan satu jam. Lakukan cara ini sebanyak 2 hingga 4 kali per hari agar bekas luka cepat hilang.

3. Minyak esensial

Mengaplikasikan minyak esensial juga efektif menghilangkan bekas luka di kaki, salah satunya minyak atsiri. Minyak ini bermanfaat untuk mempercepat pertumbuhan sel-sel kulit di area sekitar bekas luka. Selain itu, beragam minyak esensial yang bisa membantu menghilangkan bekas luka di kaki dengan cepat adalah minyak almond, minyak lavender, minyak vitamin E, minyak geranium, dan minyak biji rosehip.

4. Exfoliating 

Exfoliating adalah metode pengelupasan kulit yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bekas luka di kaki. Metode ini dilakukan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan menyembuhkan luka secara efektif. Berikut caranya:

  • Aplikasikan pembersih eksfoliasi.
  • Setelah kulit terkelupas, keringkan area tersebut dan aplikasikan pelembap.
  • Untuk hasil optimal, terapkan eksfoliasi tiga hari sekali.

Ketahui Cara Menghilangkan Bekas Koreng di Kaki Secara Alami

Meski koreng adalah tanda penyembuhan alami, namun prosesnya bisa berminggu-minggu untuk hilang, tergantung tingkat keparahan luka. Agar koreng bisa cepat hilang, berikut beragam cara yang bisa Anda lakukan:

1. Pastikan koreng tetap bersih

Memastikan kebersihan koreng adalah cara yang tepat untuk menghilangkan koreng lebih cepat. Kotoran yang menempel di koreng berisiko infeksi, sehingga memperlambat penyembuhannya. Caranya, cuci koreng dengan sabun dan air, namun jangan menggosok koreng terlalu keras, karena berisiko iritasi dan luka kembali terbuka.

2. Pastikan area luka tetap lembap

Menjaga kelembapan di area luka juga ampuh menghilangkan koreng dengan cepat. Cara ini juga efektif mencegah luka membesar dan mengurangi gatal. Caranya, aplikasikan petroleum jelly setiap hari untuk menjaga kelembapan di area sekitar koreng.

3. Jangan mengelupas koreng

Anda sebaiknya tidak mengelupas koreng, karena justru memperlambat penyembuhan luka dan koreng sulit hilang, bahkan menimbulkan koreng baru. Mengelupas koreng juga berisiko infeksi parah di area sekitar koreng.

4. Kompres dingin dan panas

Cara selanjutnya dengan kompres dingin dan hangat. Kompres dingin bermanfaat untuk mengurangi gatal, meringankan pembengkakan, dan mengurangi peradangan. Sedangkan, kompres hangat untuk melancarkan aliran darah ke luka dan mempercepat regenerasi kulit, sehingga efektif mencegah luka kering.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout