Blog

kaki gatal kemerahan

7 Cara Menghilangkan Gatal pada Kulit yang Tak Kunjung Sembuh

Rasa gatal yang sering muncul di kulit memang mengganggu. Apapun aktivitasnya yang sedang dilakukan akan teralih akibat gatal di kulit tersebut. Harus garuk sana sini dan seringkali menimbulkan luka yang meninggalkan bekas di kulit yang sulit hilangnya.

Ada banyak penyebab gatal dan perlu diambil langkah yang tepat agar meredakan gejalanya sehingga tidak mengganggu lagi. Berikut ini beberapa cara menghilangkan gatal pada kulit yang tak kunjung sembuh.

Tepuk Bagian yang Gatal

Alih-alih menggaruknya lalu bisa menimbulkan luka maka bisa tepuk atau elus pada bagian kulit yang gatal tersebut. Dengan begitu maka bisa berkurang rasa gatalnya. Usahakan agar tidak menggaruknya apalagi dengan kuat hingga timbul luka membekas.

Kompres dengan Air Dingin atau Air Hangat

Bisa sesuaikan dengan jenis gatalnya, maka bisa coba kompres dengan air dingin ataupun coba dengan air hangat.

Jaga kebersihan

Jagalah selalu kebersihan kulit. Kulit yang kotor atau terkontaminasi sangat rawan terkena iritasi atau alergi dan mengundang serangga maupun aneka jenis kuman yang menimbulkan gatal. Rutin mandi dan sering cuci bagian tubuh yang mudah menjadi kotor, lalu lapisi dengan pakaian yang bersih.

Cari Tahu Penyebabnya

Lalu segera cari tahu penyebabnya, yakni bisa akibat gigitan serangga seperti nyamuk atau tungau yang ada pada kasur ataupun sofa yang kotor atau akibat digigit semut, ataupun bisa akibat alergi terhadap sesuatu, atau bisa jadi akibat kondisi kulit yang kering sehingga mudah terjadi iritasi. 

Penyebabnya bisa dari luar maupun dari bagian dalam tubuh, yakni seperti akibat gejala penyakit diabetes misalnya. Kemudian hindari penyebab timbulnya gatal tersebut. Jika karena nyamuk atau gigitan serangga lainnya maka segera jauhi dan bisa pakai lotion anti nyamuk guna mengatasinya.

Jika rasa gatal timbul dari dalam seperti akibat sakit diabetes maka segera minum obat bahkan jika perlu konsultasikan ke dokter mengenai dosis obatnya yang tepat hingga gejala gatal di kulit bagian kaki biasanya itu bisa hilang.

Oleskan Salep Antibiotik Pereda Gatal

Bisa segera bersihkan bagian yang gatal lalu oleskan salep antibiotik pereda gatal. Salep pereda rasa gatal ini bisa dibeli bebas, di apotik atau di toko kosmetik. Ada yang mengandung gel lidah buaya yang bisa menimbulkan rasa dingin.

Jika ingin salep yang mengandung antibiotik maka bisa minta salep racikan dari dokter atau salep antibiotik yang sudah jadi juga ada. Oleskan tipis-tipis pada bagian kulit yang terasa gatal agar mereda rasa gatalnya.

Oleskan Lotion pada Kulit yang Kering

Kulit yang kering memang mudah merasa gatal. Sehingga oleskan lotion pada bagian kulit agar selalu terjaga kelembabannya.

Cukup Minum Air Putih

Kulit yang terdehidrasi rawan terkena iritasi lalu timbul rasa gatal. Oleh karenanya sangat penting juga dari dalam untuk selalu menjaga asupan air putih.

Itulah beberapa cara yang bisa ditempuh untuk menghilangkan gatal pada kulit yang sering muncul.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout