Blog

Bagian Kulit yang Berperan untuk Menyimpan Lemak Adalah? Ini Jawabannya

Bagian Kulit yang Berperan untuk Menyimpan Lemak Adalah? – Kulit memiliki fungsi melindungi bagian tubuh. Ketebalan kulit pada bagian tubuh tertentu juga beragam dan tidak selalu sama. Salah satu pertanyaan yang kerap muncul terkait hal ini yaitu nama bagian kulit yang berfungsi sebagai penyimpan lemak.

Bagian kulit yang berperan untuk menyimpan lemak adalah lapisan kulit hipodermis atau jaringan di bawah kulit. Lapisan hipodermis terletak di bawah lapisan dermis.

Lapisan hipodermis memiliki jaringan adiposa yang berfungsi sebagai tempat cadangan lemak. Fungsi tersebut yaitu untuk membantu proses stabilisasi suhu pada tubuh manusia. Apalagi, manusia memiliki ketebalan lemak atau adiposa yang berbeda-beda.

Apa itu Lapisan Hipodermis?

Lapisan hipodermis juga disebut dengan lapisan subkutan atau subkutisme. Bisa dibilang, lapisan ini merupakan lapisan kulit terakhir atau terdalam. Pada lapisan ini, terdapat jaringan lemak yang memiliki fungsi sebagai penghubung antar jaringan dan elastin (sejenis protein yang membantu jaringan kulit agar bisa kembali ke bentuk aslinya setelah terjadinya peregangan).

Fungsi lain lapisan lemak dalam hipodermis yaitu untuk melindungi tubuh dari panas dan dingin, sebagai cadangan energi, dan sebagai bantalan yang melindungi organ tulang, otot, dan organ dalam tubuh manusia. Selain mengandung lemak, lapisan kulit hipodermis juga banyak dipenuhi pembuluh darah.

Fungsi Lapisan Hipodermis

Di poin sebelumnya mungkin kamu sudah membaca sedikit penjelasan mengenai lapisan hipodermis. Untuk lebih memahami mengenai lapisan ini, berikut beberapa penjelasan lebih dalam mengenai fungsi lapisan hipodermis itu sendiri.

Lapisan hipodermis memiliki fungsi untuk menjaga dan menyesuaikan suhu tubuh. Ketebalan dan kedalaman jaringan lemak ini juga bervariasi, sehingga tidak semua bagian memiliki kontur yang sama. Untuk bagian yang paling tebal adalah bokong.

Jaringan hipodermis terdapat di bawah kulit, sehingga hipodermis berfungsi sebagai bantalan atau peredam benturan pada organ internal tubuh manusia. Di sisi lain, lapisan ini juga yang berperan dalam membentuk kontur tubuh seseorang.

Sesuai dengan umur dan usianya, kinerja lipocyte pada jaringan bagian bawah kulit juga akan menurun. Bagian tubuh yang sebelumnya mengandung banyak lemak, dan apabila lemak ini berkurang, maka elastisitas kulit orang tersebut juga mengalami penurunan. Hal ini tentu berpengaruh pada kondisi hipodermik orang tersebut, sehingga kulit akan tampak kusam, kendur, dan semakin menurun kontur idealnya akan semakin menurun.

Hipodermis juga merupakan wadah bagi fibroblas, yaitu zat yang berperan untuk memproduksi kolagen. Serat yang ditemukan di kolagen kemudian akan dialiri ke dermis untuk memperkuat jaringan kulit.

Nah, itulah sedikit pembahasan mengenai bagian kulit yang berperan untuk menyimpan lemak atau lapisan hipodermis. Semoga bermanfaat.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout