Blog

mefenamic acid obat apa

Asam Mefenamat Obat Apa? Ketahui Manfaat, Dosis, dan Aturan Pakainya

Asam mefenamat adalah salah satu obat yang digunakan untuk mengurangi nyeri haid, sakit gigi, cedera, sakit kepala, atau radang sendi. Obat ini tersedia dalam bentuk kapsul, tablet, dan cairan suspensi.

Cara kerja asam mefenamat dalam mengurangi rasa nyeri adalah dengan menghambat pembentukan prostaglandin yang memicu gejala radang saat tubuh mengalami cedera atau luka. Jika produksi prostaglandin dihambat, gejala radang seperti nyeri, bengkak, dan kemerahan bisa mereda. Asam mefenamat obat apa? Simak penjelasan berikut.

Aturan Sebelum Mengonsumsi Asam Mefenamat

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi asam mefenamat:

  • Beri tahu dokter mengenai riwayat alergi yang Anda miliki. Asam mefenamat tidak boleh dikonsumsi oleh pasien yang alergi terhadap obat ini.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang atau pernah menderita penyakit jantung, stroke, diabetes, hipertensi, liver, edema, polip hidung, kelainan darah, dehidrasi, anemia, gangguan pembekuan darah, lupus, dan anemia.
  • Beri tahu dokter jika Anda menderita tukak lambung (sakit maag), perdarahan di saluran pencernaan, kolitis ulseratif, asma yang kambuh setelah konsumsi aspirin atau OAINS lain, gagal ginjal, gagal jantung, atau baru saja menjalani operasi bypass jantung. Asam mefenamat tidak dianjurkan untuk pasien dengan kondisi tersebut.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil, menyusui, atau sedang merencanakan kehamilan.
  • Hindari paparan sinar matahari yang terlalu lama setelah mengonsumsi asam mefenamat atau gunakan tabir surya jika beraktivitas di luar ruangan, karena obat ini bisa menyebabkan kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat lain, termasuk suplemen dan produk herbal, untuk mengantisipasi adanya interaksi obat.
  • Jangan langsung berkendara, mengoperasikan alat berat, atau melakukan aktivitas yang membutuhkan kewaspadaan setelah mengonsumsi asam mefenamat, karena obat ini dapat menyebabkan pusing dan kantuk. 
  • Segera ke dokter jika Anda mengalami reaksi alergi atau overdosis setelah mengonsumsi asam mefenamat.

Dosis dan Aturan Pakai Asam Mefenamat

Asam mefenamat digunakan untuk meredakan nyeri sakit gigi, nyeri haid, atau berbagai kondisi radang sendi, seperti osteoarthritis dan rheumatoid arthritis. Dosis yang dianjurkan untuk orang dewasa dan anak usia di atas 14 tahun adalah 500 mg, 3 kali sehari. Untuk lansia, dosis yang diberikan bisa lebih rendah dan durasi pengobatan pun lebih singkat. Hal ini bertujuan untuk menurunkan risiko terjadinya efek samping.

Cara Mengonsumsi Asam Mefenamat yang Tepat

Sebelum mengonsumsi asam mefenamat, ikuti anjuran dokter dan baca informasi yang tertera pada label kemasan. Perlu diingat, asam mefenamat tidak boleh digunakan lebih dari 7 hari, kecuali atas anjuran dokter. Asam mefenamat perlu dikonsumsi bersama dengan makanan atau setelah makan untuk mencegah risiko terjadinya sakit maag. Telan tablet secara utuh dengan segelas air putih.

Asam mefenamat akan lebih efektif dalam mengatasi nyeri jika digunakan saat gejala nyeri muncul. Untuk mengatasi nyeri haid, asam mefenamat bisa dikonsumsi selama 2-3 hari sejak hari pertama haid. Oleh karena itu, jangan menunda pengobatan agar keluhan bisa segera teratasi.

Simpan obat asam mefenamat dalam wadah tertutup di ruangan dengan suhu yang sejuk. Jangan menyimpannya di tempat yang lembap atau terkena paparan sinar matahari secara langsung. Jauhkan obat ini dari jangkauan anak-anak.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout