Blog

Apa manfaat obat vitamin b kompleks? Berikut penjelasannya.

Apa Manfaat Obat Vitamin B Kompleks?

Vitamin B kompleks termasuk larut dalam air yang berperan penting dalam metabolisme tubuh. Vitamin ini penting untuk dipenuhi asupan hariannya, karena dibutuhkan untuk berbagai fungsi tubuh. Apa manfaat obat vitamin b kompleks?

Vitamin B kompleks terdiri dari vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B5 (asam pantotenat), vitamin B6 (piridoksin), vitamin B7 (biotin), dan vitamin B12 (cobalamin). Apa manfaat obat vitamin b kompleks? Berikut penjelasannya.

Apa Manfaat Obat Vitamin B Kompleks?

Berikut beberapa manfaat obat vitamin B kompleks yang perlu Anda ketahui:

1. Meningkatkan suasana hati

Dikutip dari Healthline, vitamin B bisa digunakan untuk mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati. Vitamin B kompleks umumnya diberikan dokter untuk memperbaiki suasana hati dan meningkatkan semangat penderita yang mengalami kelelahan emosional.

2. Mengurangi gejala kecemasan dan depresi

Meski bukan obat untuk gangguan kesehatan mental, namun manfaat vitamin B kompleks bisa digunakan untuk membantu mengurangi gejala kecemasan dan depresi. Vitamin B yang diberikan bersama obat untuk mengatasi gangguan kesehatan mental dapat meningkatkan respons pengobatan antidepresan. Selain itu, kekurangan vitamin B12, vitamin B6, dan folat, bisa meningkatkan risiko depresi.

3. Menunjang kesehatan otak

Dikutip dari WebMD, mencukupi kebutuhan vitamin B harian penting untuk mengoptimalkan fungsi fisiologis dan neurologis. Sejumlah penelitian juga membuktikan manfaat vitamin B6 dapat mencegah penyakit parkinson.

4. Membantu mencegah kanker kulit

Vitamin B kompleks juga bermanfaat untuk membantu mencegah kanker kulit, khususnya melanoma. Selain itu, mengonsumsi vitamin B kompleks secara rutin dapat membantu penderita kanker dalam melawan perkembangan penyakitnya.

5. Mempercepat penyembuhan luka dan sariawan

Dikutip dari Medical News Today, potensi manfaat vitamin B kompleks lainnya adalah membantu mempercepat penyembuhan luka dan sariawan. Sejumlah penelitian laboratorium membuktikan bahwa konsumsi vitamin B, terutama vitamin B12, dapat membantu proses penyembuhan luka, terutama pada hewan uji yang terkena diabetes.

6. Mencegah migrain

Beberapa penelitian menunjukkan, manfaat vitamin B kompleks dapat membantu mencegah serangan migrain kambuh. Ahli mengatakan bahwa peran vitamin B, terutama vitamin B2, vitamin B6, vitamin B9, dan vitamin B12, dapat membantu mencegah migrain. Salah satunya dengan memengaruhi disfungsi mitokondria di tingkat sel. Dengan begitu, frekuensi migrain bisa berkurang secara signifikan.

Kebutuhan vitamin B setiap orang bisa berbeda-beda, tergantung usia dan kondisi kesehatan. Untuk memenuhi asupan vitamin B harian, Anda dianjurkan untuk mendapatkannya dari beragam sumber alami vitamin B dari makanan, antara lain sayuran segar, daging ayam, telur, susu, ikan, biji-bijian, serta kacang-kacangan.

Sedangkan, suplemen vitamin B kompleks umumnya direkomendasikan dokter untuk orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu, antara lain ibu hamil dan menyusui, lansia, orang yang sedang menjalani pengobatan khusus, orang dengan gangguan genetika tertentu, serta pelaku vegetarian atau vegan. Hindari minum vitamin B kompleks tanpa anjuran dokter. Perlu diingat, konsumsi vitamin B kompleks dalam dosis berlebihan bisa berbahaya bagi tubuh, seperti memicu gangguan saraf sampai penyakit liver.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout