Blog

apa itu psikolog

Apa Itu Psikolog? Ketahui Jenis-Jenisnya dalam Menangani Pasien

Psikolog menjadi profesi yang sampai dengan saat ini sangat diperlukan. Pertanyaan apa itu psikolog perlu diketahui secara tepat. Orang yang menjalani profesi dengan mempelajari ilmu-ilmu psikologi disebut sebagai Psikolog.

Kondisi Yang Dapat Dikonsultasikan Bersama Psikolog

Psikolog memberikan layanan konsultasi seputar permasalahan yang terkait dengan psikis. Beberapa kondisi psikologi yang dapat dikonsultasikan antara lain:

1. Psikosomatis.

2. PTSD atau Post Traumatic Stress Disorder.

3. Depresi.

4. Gangguan Bipolar.

5. Gangguan makan (bulimia atau anoreksia).

6. Gangguan Kepribadian Ambang.

7. Skizofrenia.

8. Fobia.

9. Masalah Rumah Tangga.

10. Masalah Ekonomi.

11. Masalah Pekerjaan.

12. Konsultasi Pasangan Sebelum Menikah.

Jenis-Jenis Penanganan Pasien Oleh Psikolog

Dari permasalahan yang dialami oleh pasien, biasanya untuk melakukan konsultasi akan disesuaikan dengan jenis-jenis penanganannya. Berikut ini adalah apa itu psikolog berdasarkan jenis-jenis penanganannya:

1. Psikolog Klinis

Apa itu psikolog klinis adalah pasien yang mengalami masalah terkait kesehatan mental, maka Psikolog Klinis yang akan menangani. Bagi pasien yang mengalami tekanan psikologis biasanya akan dirujuk ke klinik kesehatan mental, rumah sakit, atau tempat praktek psikolog berada. 

2. Psikolog Pendidikan

Pasien yang mengalami kesulitan belajar dapat berkonsultasi dengan Psikolog. Selain itu, apa itu psikolog pendidikan adalah Psikolog yang menangani jika Anda kesulitan dalam membuat keputusan hendak melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya. Seorang Psikolog Pendidikan akan mengamati dan mempelajari kemampuan pasiennya sehingga akan diketahui bakat yang dimiliki.

3. Psikolog Sosial

Seorang Psikolog Sosial dapat memberikan konsultasi bagi Anda yang mengalami masalah hubungan interpersonal. Jenis layanan psikologi ini juga untuk memberikan solusi terhadap perilaku suatu kelompok masyarakat. Sehingga hubungan antara individu satu dengan lainnya dapat lebih baik. 

4. Psikolog Industri Dan Organisasi (PIO)

Masalah yang terjadi di tempat kerja tidak dapat dihindari. Jika Anda memiliki masalah di tempat kerja seperti industri atau organisasi, maka dapat melakukan konsultasi dengan Psikolog PIO ini. Tidak hanya untuk meningkatkan performa karyawan, perusahaan yang ingin meningkatkan efisiensi kerja juga dapat berkonsultasi dengan seorang Psikolog PIO.

Manfaat Berkonsultasi Dengan Psikolog

Jika mengalami suatu kondisi atau permasalahan, hendaknya tidak dipendam sendiri. Datang ke Psikolog bukan berarti sakit jiwa, tetapi untuk memulihkan kondisi psikis agar dapat menjalani kehidupan sehari-hari dengan perasaan tenang dan baik. Berikut ini adalah manfaat yang akan diperoleh dengan berkonsultasi ke Psikolog:

1. Pendekatan yang dilakukan oleh Psikolog terhadap pasien akan memberikan ketenangan. 

2. Psikolog dengan ilmu yang dimiliki dapat mendiagnosis gejala psikis yang dialami oleh pasien berdasarkan analisis data konsultasi yang diperoleh.

3. Terhindari dari self-diagnosis yang dapat memicu kondisi yang lebih buruk jika sampai salah melakukan diagnosis.

Sesi konsultasi sebagai bentuk psikoterapi dan konseling adalah cara apa itu psikolog lakukan dalam menangani pasien. Namun, Psikolog tidak memberikan resep obat apalagi obat karena ranah tersebut dilakukan oleh Psikiater. Psikolog lebih bertindak dalam hal konseling pasien untuk menghindari terjadinya self-diagnosis.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout