Blog

apa itu impulsif

Apa Itu Impulsif dan Berbahayakah?

Apa itu impulsif? masih banyak orang yang belum menyadari akan perilaku tak terkontrol ini sebagai sebuah penyakit psikis yang bisa merugikan beberapa pihak lain. Sikap impulsif terjadi karena adanya dorongan di luar keinginan yang tertata.

Contoh, Anda sedang dalam keadaan normal santai di sebuah taman, kemudian melihat stand atau toko pakaian yang sedang diskon besar. Saat masuk, Anda hanya menuju salah satu barang saja kemudian tak lama menjadi muncul keinginan memborong barang tak pokok tadi padahal sedang mencoba untuk berhemat. Intinya, belanja membabi buta tanpa sadar melihat keadaan keuangan.  

Mengapa Bisa Terjadi Sikap Impulsif? 

Sampai saat ini, belum diketahui secara pasti penyebab apa itu impulsif tetapi ada penyebab pastinya seperti penyakit psikis ADHD, Bipolar, Kleptomania, BPD (borderline personality disorder) dan Parkinson. Semua penyakit psikis tersebut akan memicu sikap impulsif secara otomatis. Apabila ada penyebab terdahulu maka pasien impulsif bisa diobati dengan obat kimia dan terapi psikis.  

Contoh Sikap Impulsif

Contoh sikap impulsif yang telah dahulu ada sakit bawaan, menarik rambut seseorang yang tengah duduk tanpa sebab, menampar pipi orang yang tidak ada hubungan komunikasi sebelumnya. Mungkin bagi anak yang masih kecil hampir sama sikapnya dengan orang dewasa impulsif tetapi beda nalar, karena anak masih kecil belum sempurna perkembangan sel otaknya sehingga saat membutuhkan sesuatu langsung mengambil tanpa berpikir panjang, untuk nalar orang dewasa diikuti karena kehendak tiba-tiba yang dorongannya sel otaknya sempurna tapi karena tekanan psikis membuat orang menjadi sikap di luar kendali. 

Apakah Sikap Impulsif Bisa Dikontrol dan Diobati? 

Sikap impulsif terjadi begitu saja dari dalam dorongan hati tanpa memikirkan efek lanjutan yang kemudian menjadi kerugian bagi diri sendiri dan orang lain. Ketika seseorang mulai merasa tertarik dengan sebuah barang kemudian nyandu dan tak bisa mengerem maka sikap impulsifnya sedang aktif. Sebenarnya tidak membahayakan sikap ini, bukan sebuah penyakit psikis serius tapi bisa membuat kebiasaan buruk dikemudian hari. Sikap ini butuh terapi laten bagi mereka yang mudah terpengaruh dengan perubahan keadaan. 

Terkadang sikap impulsif yang sedikit agresif bisa merusak barang milik orang lain ketika marah, mengambil paksa kepunyaan orang lain dan tiba – tiba menjadi sangat bersemangat tanpa perencanaan tertentu tanpa memikirkan resiko atau efek yang nantinya muncul. 

Langkah Tepat Apa Yang Dilakukan Agar Sikap Impulsif Bisa Reda? 

Dengan bantuan psikiater yang membimbing pasien untuk bisa mengendalikan sikap impulsif tersebut dengan mengalihkan keinginan diri dari hal yang berlebihan tersebut. Obat kimia hanya bersifat menenangkan sel saraf saja ketika obat kimia tersebut habis maka pasien tanpa terapi rutin pengendalian diri impulsif akan kembali lagi menjadi pribadi impulsif.

Apa itu impulsif, yakni perilaku seseorang yang tidak memperhitungkan resiko selanjutnya dan terjadi seketika. Impulsif bukan sikap yang dihilangkan total tapi dikurangi agar tidak merugikan jangka panjang. 

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout