Blog

apa itu insecure

Mengenal Apa Itu Insecure dan Cara Mengatasinya

Terkadang di dalam kehidupan kita akan mengalami yang namanya insecure, baik itu untuk yang masih berada di bangku sekolah maupun bekerja. Setiap orang akan mempunyai rasa insecure pada dirinya masing-masing. Lalu, apa itu insecure dan bagaimana cara kita untuk bisa menghadapinya. 

Pada artikel kali ini kita akan membahas apa itu insecure ?. Jadi Anda saat ini sedang mengalami insecure, maka artikel kali ini akan sangat cocok untuk Anda baca. 

Pengertian Insecure 

Insecure merupakan sebuah tindakan yang berasal dari emosi jika kita menilai pada diri kita sebagai seorang inferior dari orang yang lainnya. Bisa juga berarti rasa tidak aman yang bisa saja terjadi kepada setiap orang rasakan di dalam kehidupannya. 

Rasa insecure sendiri dapat terjadi bila Anda sedang merasa malu, kekurangan, bersalah maupun rasa tidak mampu ketika melakukan sesuatu. Saat perasaan aman ini tidak dapat dikendalikan, maka hal tersebut dapat memicu perasaan tidak percaya diri didalam diri kita. 

Cara Mengatasi Rasa Insecure dalam Diri 

Masalah yang dapat timbul dari rasa insecure yang berlarut – larut dapat merugikan untuk diri Anda. Oleh sebab itu ada beberapa cara agar tidak insecure yang berkepanjangan. 

1. Jangan Membandingkan diri Anda dengan Orang Lain

Membandingkan diri kita dengan orang lain memang tidak akan selamanya berujung ke hal-hal yang negatif tetapi pada umumnya akan banyak sekali energi terbuang karena melakukan hal tersebut. Secara tidak langsung dengan membandingkan diri kita dengan orang lain akan lebih bersifat toxic terutama dengan seseorang yang ada di media sosial. 

Inilah salah satu penyebab insecure dan justru membuat energi kita terbuang sia-sia. Anda bisa mencoba untuk mulai fokus dengan proses maupun tujuan dari hidup. Jangan hanya sibuk membandingkannya dengan orang lain karena itu tidak akan pernah ada akhirnya.

2. Syukuri dengan yang Sudah Dimiliki

Bersyukur dengan segala sesuatu yang sudah dimiliki merupakan salah satu cara agar kata kata insecure tidak selalu menghantui. Jika Anda bersyukur akan ada banyak sekali beban pikiran yang perlahan bisa berkurang dan hilang. Namun, bersyukur saja memang tidak akan pernah cukup, Anda juga harus selalu berusaha dan juga berdoa. 

Setiap orang akan memiliki permasalahan dan rasa cemasnya masing-masing tidak harus Anda memungkiri atau menghindari, hanya dengan menerima secara lapang dada dan berhenti membandingkan dengan orang lain. Bila Anda merasa insecure, cobalah memberikan energi tersebut masuk ke dalam diri Anda lebih dahulu. 

Lalu, Anda bisa mencoba untuk ingat berbagai kelebihan yang dimiliki. Nikmat hidup Anda hingga saat ini dan nantinya segala kemudahan bisa di dapatkan, rasa insecure juga akan menghilang dari pikiran Anda. 

3. Fokus untuk Lebih Mencintai Diri Sendiri

Sebenarnya mencintai diri sendiri jauh lebih mudah untuk dilakukan karena dengan begitu Anda akan tahu kekuatan dan juga kelemahan yang ada di dalam diri dan membuat Anda lebih mengerti apa itu insecure. Hal tersebut akan membuat Anda lebih paham dengan karakteristik yang dimiliki, tujuannya akan lebih memudahkan langkah Anda untuk tahu dan mengembangkan apa yang bisa menjadi passion.

Share this post


Best Seller Products

has been added to your cart.
Checkout